Ilustrasi makanan sehat (dok. Pexels)

Ini Dia 5 Makanan Peningkat Imunitas bagi si Kecil

20 July 2021   |   16:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, meningkatkan imunitas anak sangat penting pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Apalagi, sudah banyak kasus anak-anak yang terinfeksi virus itu. Cara sederhana yang bisa dilakukan orang tua agar imunitas anak meningkat yakni menyediakan makanan bergizi dan menghindari makanan olahan.

Namun demikian, memberikan makanan ini pada anak cukup sulit. Nah, berikut ini adalah sejumlah makanan yang dapat meningkatkan imunitas anak pada masa pandemi Covid-19 dan tips agar anak mau memakannya.
 
  • Telur
Telur adalah sumber nutrisi yang menjaga kesehatan jantung, otot, dan kulit. Vitamin A dan B2 (Riboflavin) dalam telur sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Penyerapan kalsium dan perkembangan tulang dipastikan oleh vitamin D yang ada di dalamnya.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi telur adalah sarapan, makan siang, dan makan malam. Untuk membuat telur lebih menarik, bunda bisa menambahkan paprika, jamur, dan sayuran lain. 

Bunda juga bisa memasaknya menggunakan mentega dan minyak samin. Gunakan cetakan berbagai bentuk untuk memasak telur agar terlihat lebih menarik bagi anak-anak.

 

Ilustrasi (Dok Alex Green/Pexels)

Ilustrasi (Dok Alex Green/Pexels)

 
  • Sayuran
Sayuran berdaun hijau yang ditanam secara lokal harus disertakan dalam piring anak. Jelas makanan ini kaya akan serat, mineral, zat besi dan seng. Bunda dapat memotong sayuran dalam berbagai bentuk dan menyajikannya kepada anak-anak. Atau, jadikan camilan seukuran gigitan dan menyajikannya dengan saus keju buatan sendiri.

Anak-anak meniru apa yang mereka lihat, jadi pastikan bunda memasukkan berbagai sayuran hijau di piring kamu juga ya.
 
  • Dadih
Produk fermentasi dari susu kerbau yang kaya akan probiotik dan vitamin B12 yang juga disebut dadih ini membantu menghentikan kolonisasi bakteri jahat di perut dan dengan demikian meningkatkan kekebalan tubuh. Alih-alih menyajikan dadih begitu saja, berikan yogurt buah atau saus yang terbuat dari sayuran. 
 
  • Kunyit
Kurkumin dalam kunyit memiliki sifat anti-inflamasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi harian kunyit bermanfaat dalam mengobati asma, alergi dan berbagai kondisi lainnya. Bunda dpat menambahkan kunyit ke dalam susu atau makanan untuk si kecil.
 
  • Buah-buahan kering, biji-bijian & kacang-kacangan
Kacang mete, almond, kismis, kenari, dan aprikot kaya akan asam lemak esensial yang meningkatkan kekebalan dan membantu perkembangan otak anak. Untuk memberikannya, bunda dapat membuat bubuk kacang dan menambahkannya ke dalam sup atau menjadi taburan di atas nasi.


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Bill Muray akan Tampil Kembali dalam Film Garapan Wes Anderson Berikutnya

BERIKUTNYA

Dahsyat, Ini 7 Manfaat Tak Terduga dari Menyantap Daging Kambing

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: