Osteoporosis (Sumber Foto: Freepik)

7 Makanan yang Bisa Menguatkan Tulang, Bisa Cegah Osteoporosis Sejak Dini

08 May 2023   |   22:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Menjaga kesehatan tulang sebaiknya dibiasakan sejak dini, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat yang bisa memperkuat massa tulang sehingga tidak mudah rapuh atau keropos. Dengan demikian kita bisa terhindar dari masalah osteoporosis di hari tua nanti.

Mengutip dari NHS, osteoporosis adalah kondisi kesehatan yang membuat tulang jadi lemah, rapuh dan mudah patah. Makanan yang baik untuk kesehatan tulang haruslah mengandung kalsium dan vitamin D. Kalsium penting untuk membantuk kepadatan dan kekuatan tulang.

Baca juga: Asal Usul Hari Tawa Sedunia & Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sedangkan, vitamin D untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Merangkum dari Healthline, berikut sejumlah makanan penguat tulang yang bisa dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis.


1. Susu

Susu sapi mengandung kalsium, vitamin D, fosfor, dan riboflavin. Satu cangkir susu sapi yakni sekitar 237 ml mengandung 276-352 mg kalsium atau 30 persen lebih dari jumlah kebutuhan kalsium harian orang dewasa.

Di samping itu juga ada sekitar 115-130 IU vitamin D yakni 15–22 persen dari jumlah kebutuhan vitamin D harian orang dewasa. Selain susu sapi, susu kambing juga bisa menjadi sumber kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. 


2. Ikan salmon

Ikan salmon juga mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk kekuatan tulang. Diketahui 3 ons ikan salmon kalengan dengan tulang sekitar 85 gram bisa mencukupi kebutuhan kalsium harian hingga 21 persen untuk orang dewasa.

Sementara, satu potong ikan salmon seberat 3,5 ons atau 100 gram bisa mengandung 526 IU vitamin D danbisa  mencukupi kebutuhan vitamin D harian orang dewasa hingga 200 persen. Di samping itu, salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung, otak, dan kulit.


3. Ikan sarden

Ikan sarden juga merupakan salah satu  makanan yang baik untuk tulang karena kaya akan kalsium dan vitamin D. Dalam satu kaleng atau 3,75 ons (92 gram) ikan sarden, bisa mencukupi kebutuhan kalsium harian orang dewasa hingga 35 persen. Adapun dalam setiap kaleng ikan sarden sekitar 3,8 ons bisa mengandung 177 IU vitamin D.


4. Kacang Almond

Kacang almond juga mengandung kalsium, sekitar 22 butir kacang almond bisa menghasilkan 8 persen kebutuhan kalsium harian. Selain itu, almond juga kaya akan magnesium, mangan, dan vitamin E yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, lemak tubuh, serta faktor risiko penyakit metabolik.

 

1
2


SEBELUMNYA

Kenapa Warna Sage Green Bisa Ngetren? Begini Penjelasan Desainer

BERIKUTNYA

Band Rock Sum 41 Umumkan Bubar Setelah 27 Tahun Meramaikan Industri Musik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: