Ilustrasi anak dengan postur tubuh tegak. (Dok. Leo Rivas dari Unsplash)

5 Cara untuk Perbaiki Postur Tubuh si Kecil

28 August 2021   |   15:29 WIB

Pembentukan postur tubuh bisa dimulai dari ketika anak-anak masih kecil. Hal ini bisa memengaruhi bentuk tubuh dalam jangka panjang mulai dari bentuk punggung hingga dampak kesehatan seperti nyeri sendi, kelelahan, sirkulasi darah yang tidak lancar, hingga masalah pernafasan.

Ada lima cara ini yang bisa bantu anak-anak untuk memperbaiki posturnya sejak dini, sehingga risiko dampak kesehatan dari buruknya postur tubuh bisa diminimalisir. Yuk cek!

1. Ajarkan postur tegak yang baik
Postur tubuh yang baik harus dijelaskan dengan cara yang tepat dan rinci, mulai dari penjelasan hingga praktik langsung yang bisa dicoba saat itu juga. Penjelasan cara-cara dengan menjelaskan bagaimana seharusnya menegakkan tubuh dan membantu memosisikannya bisa jadi opsi yang baik agar anak lebih paham.

2. Berikan bantal saat duduk
Anak-anak punya kecenderungan untuk duduk dengan posisi yang mirip, bahkan sama ketika berfokus pada kegiatan seperti belajar dan membuat prakarya. Pastikan Genhype mengenal terlebih dahulu kegiatan yang dilakukan, lalu benarkan postur dengan menyesuaikannya.

Misalnya, ketika si kecil sedang belajar dengan laptop maka pastikan layarnya sejajar dengan mata dan jika mereka duduk di kursi, maka berikan bantal apabila posisi duduknya membungkuk.

3. Berikan contoh yang baik
Contoh yang baik akan memengaruhi perilaku anak-anak selanjutnya, mengingat anak-anak banyak belajar dari meniru orang tuanya. Ini bisa dimulai dari postur yang baik saat duduk, berdiri, hingga berjalan yang kemudian bisa ditiru anak-anak setelahnya.

4. Olahraga
Beberapa jenis olahraga seperti bersepeda, treadmill, hingga yoga bisa menjadi pilihan untuk mengajak anak dalam menjaga postur tubuhnya. Ini disebabkan karena olahraga bisa meningkatkan kemampuan postur, meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan sekaligus mengurangi rasa sakit pada otot, kelelahan, stres, dan risiko cedera.

5. Pilih tas punggung yang sesuai
Pemakaian tas punggung merupakan salah satu faktor dari perubahan postur tubuh, di mana tas yang berat bisa menambah beban di punggung mereka. Karena itu, pemilihan tas punggung, isi di dalam, tali tas, dan cara penggunaan tas harus diperhatikan.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Simak Petualangan & Pertempuan Karakter Nusantara di Game Code Atma

BERIKUTNYA

Perhatikan, Cara Aman Pengisian Baterai Smartphone Supaya Awet

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: