Isle of Dogs adalah salah satu film terbaik West Anderson (Sumber gambar: IMDb)

5 Karya Terbaik Sutradara Wes Anderson yang Wajib Ditonton

04 May 2023   |   08:12 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Wes Anderson merupakan sutradara kawakan dengan segudang prestasi. Pria kelahiran 1 Mei 1969 di Houston, Texas, Amerika Serikat itu berhasil memenangkan sejumlah piala dalam berbagai penghargaan bergengsi di industri perfilman. Hampir setiap karya yang dibuatnya selalu menjadi tontonan yang disambut antusias oleh para pencinta film.

Nama Wes Anderson seolah menjadi jaminan mutu ketika membuat sebuah film. Bukan tanpa sebab, beberapa karya yang dibuatnya mampu masuk nominasi dan memenangkan banyak penghargaan bergengsi.

Baca juga: Wes Anderson Kumpulkan Bintang Hollywood di Film Terbaru Asteroid City

Dalam laman Internet Movie Database (IMDb), sang sutradara tercatat telah membawa pulang 80 piala penghargaan dan masuk dalam 203 nominasi. Meskipun belum pernah membawa pulang piala ajang Academy Awards, Anderson tercatat telah berhasil masuk nominasi sebanyak 7 kali.

Karya-karyanya diperhitungkan dalam industri perfilman dunia dan bersaing dengan film lainnya dalam salah satu penghargaan tertinggi bagi sineas di Amerika Serikat itu. Berikut film-film terbaik dari sang sutradara yang dapat menjadi pilihan untuk ditonton versi Hypeabis.id dari berbagai sumber:

1. The Royal Tenenbaums
Karya terbaik pertama yang dapat ditonton oleh para pencinta film dari Sutradara West Anderson adalah The Royal Tenenbaums. Film dengan genre drama komedi ini menyajikan cerita drama yang dapat membuat kalian terhibur.

Ada beberapa alasan yang membuat film yang rilis pada 2001 silam harus ditonton. Salah satunya adalah karya dari sang sutradara berhasil masuk dalam nominasi Piala Oscar edisi 2002. Pada saat itu, The Royal Tenenbaums membuatnya bersaing memperebutkan kategori best writing, screenplay written directly for the screen.

Karya yang dibintangi oleh Gene Hackman, Gwyneth Paltrow, Anjelica Huston, Ben Stiller, Luke Wilson, Owen Wilson, dan sebagainya itu berhasil meraup US$71,4 juta dari bioskop di seluruh dunia. Tidak hanya itu, pengguna IMDb juga memberikan rata-rata rating 7,6 dari 10 dengan sekitar 300.000 akun yang memberikan penilaian.

Sementara itu, laman Rotten Tomatoes menunjukkan 215 kritikus film memberikan rata-rata rating 7,5 dari 10 dari. Kemudian, rata-rata penonton terverifikasi di laman ini memberikan penilaian 4,2 dari 5

2. Fantastic Mr. Fox
Karya lainnya dari Anderson yang dapat menjadi pengisi hiburan kala bosan dan yang terbaik adalah Fantastic Mr. Fox. Film yang rilis pada 2009 ini merupakan film animasi bergenre komedi dan petualangan dan bercerita tentang seekor rubah sopan.

Sang rubah tidak dapat menahan diri untuk kembali ke pertaniannya dengan cara merampok dan membantu komunitasnya bertahan dari pembalasan para petani. Dalam film ini George Clooney, Meryl Streep, Bill Murray, dan sebagainya menjadi pengisi suara sejumlah karakter yang ada.

Salah satu alasan para pencinta film harus menonton film ini adalah karena karya dari sang sutradara telah memenangkan sejumlah penghargaan dan masuk dalam dua nominasi Piala Oscar.  Karya ini membuat Anderson bersaing dengan sutradara lainnya untuk memperebutkan best animated feature film of the year pada 2010.

Selain itu, Fantastic Mr. Fox juga membuat Alexander Desplat bersaing untuk membawa pulang Piala Oscar kategori best achievement in music written for motion pictures, original score dalam edisi yang sama.

Tidak hanya itu, laman Rotten Tomatoes menunjukkan 246 kritikus film memberikan rata-rata rating 7,9 dari 10. Sementara penonton memberikan rata-rata 4,1 dari 5 untuk karya yang dapat menghibur ini.

Baca juga: Asteroid City, Film Wes Anderson yang Kembali Hadirkan Bill Murray

Dalam laman IMDb, sekitar 200.000 pengguna akun IMDb memberikan rata-rata rating 7,9 dari 10 untuk Fantastic Mr. Fox. Sementara itu, laman Box Office Mojo mencatatkan pendapatan karya dari Anderson dari bioskop seluruh dunia ini mencapai US$57,5 juta.
 
1
2


SEBELUMNYA

5 Momen Menarik Selama Met Gala 2023, Dari Kecoa Hingga Penampilan Nyentrik Lil Nas X

BERIKUTNYA

Rumah Pengasingan Soekarno, Destinasi Wajib saat ke Bengkulu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: