Isle of Dogs adalah salah satu film terbaik West Anderson (Sumber gambar: IMDb)

5 Karya Terbaik Sutradara Wes Anderson yang Wajib Ditonton

04 May 2023   |   08:12 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

3. Moonrise Kingdom
Moonrise Kingdom (2012) juga karya arahan Sutradara West Anderson yang dapat ditonton oleh para pencinta film. Bergenre komedi, drama, dan keluarga, karya ini dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris ternama seperti Jared Gilman, Kara Hayward, Bruce Willis, Bill Murray, Frances McDormand, Edward Norton, dan sebagainya.

Film ini menjadi salah satu karya terbaik dari sang sutradara lantaran beberapa alasan. Salah satunya adalah Moonrise Kingdom tercatat dalam laman IMDb telah memenangkan 36 piala dan masuk dalam nominasi penghargaan sebanyak 122 kali, termasuk Piala Oscar.

Tidak hanya itu, sekitar 356.000 pemilik akun IMDb memberikan rata-rata rating 7,8 dari 10. Sementara 269 kritikus film dalam laman Rotten Tomatoes menilai rata-rata 8,30 dari 10. Adapun, penonton mengasih rata-rata 4,1 dari 5. Laman Box Office Mojo mencatat perkiraan pendapatan kotor Moonrise Kingdom sebesar US$68,3 juta dari seluruh dunia.

4. The Grand Budapest Hotel
Film lainnya dari sang sutradara yang dapat menjadi tontonan adalah The Grand Budapest Hotel yang rilis pada 2014 silam. Karya dengan rating 17+ berdurasi 1 jam 39 menit itu bercerita tentang seorang penulis yang bertemu dengan pemilik hotel kelas atas yang sudah tua.

Karya bergenre petulangan, komedi, dan kriminal ini total masuk dalam 9 nominasi Piala Oscar. 4 di antaranya berhasil membuat sejumlah pihak yang terlibat membawa pulang piala paling bergengsi di industri perfilman itu.

Film ini mengantarkan Adam Stockhausen dan Anna Pinnock sebagai pemenang kategori best achievement in production design; Alexandre Desplat memenangkan kategori best achievement in music written for motion pictures, original score; Frances Hannon dan Mark Coulier menyabet kategori best achievement in makeup and hairstyling; dan Milena Canonero pemenang kategori best achievement in costume design.

Sementara sang sutrdara masuk dalam nominasi kategori best writing, original screenplay, best achievement in directing, dan best motion picture of the year.

Laman IMDb mencatat, The Grand Budapest Hotel memiliki rata-rata rating 8,1 dari 10 dengan pemberi nilai mencapai sekitar 854.000 pemilik akun IMDb. Di laman Rotten Tomatoes, rata-rata rating dari 318 kritikus adalah 8,5 dari 10. Sementara para penonton memberikan rata-rata nilai 4,1 dari 5.

Film yang dibintangi oleh Ralph Fiennes, F. Murray Abraham, Mathieu Amalric, Willem Dafoe, Adrien Brody, Jude Law, Edward Norton, dan sebagainya ini memperoleh perkiraan pendapatan kotor US$173,1 juta dari seluruh dunia.

5. Isle of Dogs
Film terbaik dari Sutradara West Anderson lain adalah Isle of Dogs yang rilis pada 2018. Karya animasi bergenre petualangan dan komedi ini memiliki latar di Jepang dan bercerita tentang pengembaraan anak laki-laku untuk mencari anjingnya yang hilang.

Isle of Dogs mengantarkan sang sutradara bersaing dengan sutradara lainnya memperebutkan Piala Oscar untuk kategori best animated feature film pada 2019. Selain itu, karya ini juga membuat Alexandre Desplat masuk dalam nominasi best achievement in music written for motion pictures (Original score).

Film yang melibatkan Bryan Cranston, Edward Norton, Bill Murray, dan lainnya sebagai pengisi suara ini memiliki rata-rata rating 7,8 dari 10 dengan pemberi nilai sekitar 176.000 dalam laman IMDb.

Dalam laman Rotten Tomatoes, rata-rata penilaian dari 370 kritikus film untuk Isle of Dogs adalah 8 dari 10. Sementara itu, rata-rata rating dari audiens mencapai 4,1 dari 5 dalam laman ini. Tidak hanya itu, film yang memperoleh pendapatan sekitar US$64,3 juta dari seluruh dunia dalam laman Box Office Mojo.

Editor: Fajar Sidik 
1
2


SEBELUMNYA

5 Momen Menarik Selama Met Gala 2023, Dari Kecoa Hingga Penampilan Nyentrik Lil Nas X

BERIKUTNYA

Rumah Pengasingan Soekarno, Destinasi Wajib saat ke Bengkulu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: