Ilustrasi Piala Academy Awards (Sumber gambar: Unsplash/ Mirko Fabian)

Bakal Ada yang Beda pada Academy Awards 2024, Intip Ketentuannya Yuk!

02 May 2023   |   11:40 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Dewan Gubernur Academy telah menyetujui sejumlah peraturan yang akan diimplementasikan dalam ajang penghargaan paling bergengsi bagi insan perfilman dunia ini, yang akan diselenggarakan pada tahun depan atau 96th Academy Awards. Ketentuan anyar itu termasuk tenggat waktu pengajuan film.

Dewan Gubernur menyetujui penetapan film feature yang harus memiliki tanggal rilis bioskop yang memenuhi syarat, yakni antara 1 Januari 2023 sampai 31 Desember 2023.

Sementara itu, film yang tayang di bioskop pada 1 Januari – 30 Juni 2023 memiliki batas waktu pengiriman 15 September 2023. Adapun, karya yang rilis dari 1 Juli sampai 31 Desember 2023 mempunyai tenggat waktu 15 November 2023.

“Beberapa kategori film lainnya juga akan memiliki dua tenggat waktu pengiriman berdasarkan tanggal kualifikasi,” demikian dalam keterangan tertulis penyelenggara.

Baca juga: Ternyata Ini Asal-Usul Academy Awards Mendapatkan Julukan Oscar

Dalam kategori Best Picture, persyaratan Inclusion Standards akan berlaku untuk Piala Oscar ke-96. Kelayakan akan mengacu kepada Representation and Inclusion Entry Form (RAISE). Kemudian, kategori layak juga jika film memenuhi persyaratan sebanyak dua dari empat Inclusion Standards.

Inclusion Standards yang digunakan mengacu terhadap standar yang telah disetujui oleh Dewan Gubernur Akademi pada 2020 silam.

Dewan Gubernur juga menetapkan aturan bahwa komite seleksi untuk kategori international film feature harus terdiri dari setidaknya 50 persen pembuat film. Kemudian, hak istimewa pemungutan suara akan diberikan kepada semua anggota Academy yang memilih untuk berpartisipasi dalam kategori live action short film.

Selain aturan tentang penghargaan, Dewan Gubernur juga menyetujui aturan tentang promosi kampanye yang menentukan cara perusahaan film dan individu yang terkait langsung dengan film dapat “menjual” karya, prestasi, dan pertunjukan kepada anggota Academy.

Batas Waktu Pengiriman
Sementara itu, Academy Awards juga menetapkan batas waktu pengiriman dan tanggal penting terkait dengan ajang yang akan diselenggarakan pada 2024 itu.

Academy menuliskan pengiriman pertama untuk kategori film pendek animasi, film feature dokumenter, film pendek dokumenter, dan film pendek live action pada 15 Agustus 2023. Kemudian, 15 September 2023 adalah jadwal pengiriman pertama untuk kategori film fitur animasi dan entri umum.

Pada Oktober terdapat dua jadwal. Pertama adalah batas akhir kategori film feature dokumenter dan film panjang internasional yang jatuh pada 2 Oktober 2023. Lalu, pada 16 Oktober merupakan batas akhir pengiriman kategori film pendek animasi, film pendek dokumenter, dan film pendek live action.

Baca juga: 10 Potret Busana Artis di Academy Museum Gala, Hailey Bieber & Selena Gomez Tampil Mengejutkan

Sementara itu, pada 1 November 2023 adalah batas akhir pengiriman untuk kategori musik (Original score) dan original song. Kemudian, tenggat waktu untuk pengiriman kategori film feature animasi dan entri umum adalah pada 15 November 2023.

Academy juga akan melakukan screening nominasi efek visual (Bake-off) pada 13 Januari 2024. Sehari setelahnya, terdapat juga screening nominasi kategori tata rias dan tata rambut dan nominasi suara (Bake-off).
 
1
2


SEBELUMNYA

Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton saat Hardiknas, Penuh Inspirasi & Motivasi!

BERIKUTNYA

Cek Sinopsis Guardians of the Galaxy vol 3, Akhir Petualangan Penjaga Galaksi?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: