Kenneth Branagh (Sumber gambar: Rob Youngson/Focus Features)

Kenneth Branagh Pecahkan Rekor Oscar dengan 7 Nominasi di Kategori Berbeda

08 February 2022   |   21:46 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sutradara dan penulis naskah Belfast, Kenneth Branagh, memecahkan rekor Oscar hari ini, Selasa (8/2), setelah menerima tujuh nominasi di tujuh kategori berbeda, sebuah capaian fenomenal di sepanjang karirnya.

Peran Branagh sebagai penulis, sutradara, dan produser Belfast telah membuatnya dinominasikan untuk Best Original Screenplay, Best Picture dan Best Director. Film ini juga menerima nominasi Best Original Song, Best Actor in Supporting Role (Ciarán Hinds), Best Actress in Supporting Role (Judi Dench) dan Best Sound.

Belfast (2021) merupakan film yang memiliki kisah pribadi dari Branagh, menunjukkan pandangan seorang anak tentang konflik. Ketika dia berusia 9 tahun, konflik di Irlandia Utara dimulai dan Branagh harus meninggalkan kampung halamannya. 

Film ini bercerita tentang Buddy, versi fiksi dari masa kecil Branagh yang diperankan oleh Jude Hill, saat dia mengalami kehilangan akan kota nan damai tempat dia tumbuh.
 

Branagh terkenal berkat filmnya yang di adaptasi dari drama Shakespeare, Henry V (1989) yang memberinya dua nominasi Oscar pertamanya untuk Best Director dan Best Actor. 

Dia dinominasikan beberapa tahun kemudian untuk Best Live Action Short Film untuk Swan Song (1992). Pada tahun 1996, film adaptasi Hamlet membuatnya mendapatkan nominasi untuk  Best Adapted Screenplay.

Kemudian pada tahun 2011, dia kembali ke Oscar dengan nominasi Best Supporting Actor untuk perannya dalam My Week with Marilyn.

Sebelumnya rekor pemegang nominasi Oscar terbanyak dipegang oleh George Clooney dan Walt Disney, meskipun nominasi Best Short Animated Film yang pernah diraih Disney kini sudah dihapus.


Editor: Gita
 

SEBELUMNYA

Begini Cara Tekan Angka Risiko Kanker Paru

BERIKUTNYA

Permudah Belanja Saham, Kaesang Promosikan Aplikasi Saham Rakyat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: