Will Smith di film biografi King Richard (2021). (Sumber gambar: Warner Bros. Pictures)

Mundur dari AMPAS, Simak Perjalanan Karier Will Smith dengan Academy

04 April 2022   |   09:43 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Reaksi emosional aktor Will Smith yang menampar Chris Rock di panggung Academu Awards berbuntut panjang. Aktor pemenang nominasi kategori pemeran utama pria terbaik dalam ajang ke-94 Piala Oscar tersebut memutuskan mengundurkan diri dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS).

Pada malam penghargaan yang berlangsung Minggu, (27/3/2022), sang aktor meraih kategori aktor terbaik untuk peran dalam film King Richard. Smith berhasil unggul dari nominasi lainnya seperti Javier Bardem, Benedict Cumberbatch, Andrew Garfield, dan Denzel Washington.

Memiliki segudang filmografi sukses dan bergengsi, Smith memiliki sejarah panjang dengan Academy.

Dilansir dari laman Oscars.org, dia tercatat pernah masuk sebagai nominasi sebagai aktor terbaik di ajang Piala Oscar untuk sejumlah film. Film pertama yang berhasil membawa namanya ke Academy Awards adalah Ali (2001). Will Smith masuk dalam aktor terbaik dengan film tersebut pada 2002 atau Academy Awards ke-74.

Pada saat itu, sang aktor bersaing dengan Denzel Washington, Russel Crowe, Sean Penn, dan Tom Wilkinson. Adapun, Denzel Washington diumumkan sebagai pemeran pria terbaik lewat film Training Day (2001).

Smith kembali masuk dalam nominasi Piala Oscar pada ajang yang ke-79 di tahun 2007 berkat film The Pursuit of Happyness (2006). Di ajang kali ini, dia bersaing dengan Forest Whitaker, Leonardo Dicaprio, Ryan Gosling, dan Peter O’Toole. Piala Oscar kategori aktor terbaik malam itu dimenangkan oleh Forest Whitaker dengan film The Last King of Scotland (2006).

Sebagai aktor utama trilogi Men In Black (1997), Smith kembali masuk dalam nominasi aktor terbaik dalam ajang Piala Oscar setelah 15 tahun berlalu. Dia bahkan menjadi pemenang pada Academy Awards ke-94.

Kemenangannya ini diraih berkat peran Smith sebagai Richard Williams, ayah sekaligus pelatih dari para pemain tenis Venus dan Serena Williams, di film biografi King Richard (2021).

Sebelum diumumkan menjadi pemenang, sebuah insiden terjadi saat reaksi emosional sang aktor ketika mendengar lelucon dari komedian Chris Rock yang tidak mengenakkan terhadap istrinya, Jada Pinket Smith

Setelah mengajukan permohonan maaf atas perilakunya di siaran langsung, Smith memutuskan untuk mengundurkan diri dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), yang diterima oleh Academy Namun, pengunduran diri itu tidak berarti proses yang tengah dilakukan terkait aksinya berhenti.

Dampak dari penguduran diri tersebutm Smith tidak dapat menikmati manfaat yang diberikan oleh AMPAS, termasuk akses penjurian pada pemutaran film sebagai bahan pertimbangan untuk nominasi berikutnya.

Sementara terkait undangan untuk menghadiri malam penghargaan mendatang dan acara terkait masih menunggu keputusan akhir dewan pada bulan ini.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek Nih, 5 Pekerjaan dengan Prospek Masa Depan Cerah 

BERIKUTNYA

Ayah Bunda, Ini 5 Kiat Ajarkan Anak untuk Berpuasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: