Taika Waititi dengan trofi Best Adapted Screenplay untuk film Jojo Rabbit di Academy Awards ke-92. (Sumber gambar The Academy)

Ternyata Ini Asal-Usul Academy Awards Mendapatkan Julukan Oscar

28 March 2022   |   13:54 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pada 2013, Academy Awards, upacara penghargaan paling bergengsi di industri film membuat perubahan sederhana namun sangat signifikan terhadap citra acara tersebut. Alih-alih mempertahankan judul resmi yang telah digunakan selama 84 tahun terakhir, Neil Meron, selaku produser acara menyebutnya dengan nama baru.

"Kami tidak menyebutnya Academy Awards ke-85, yang terdengar agak kuno. Kini kami menyebutnya dengan The Oscars," ujar Meron. Penghargaan terkenal ini diberikan setiap tahun oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), tetapi patung emas itu lebih dikenal dengan julukan Oscar. 

Terlepas dari status ikoniknya, ada beberapa perdebatan tentang dari mana nama itu sebenarnya berasal.

Salah satu penjelasan yang paling banyak dibagikan memiliki latar belakang jauh hingga tahun 1931. Kala itu, seorang pustakawan di Academy Awards bernama Margaret Herrick berseru bahwa siluet wajah datar dengan alis tegas yang diukir pada trofi emas tersebut mirip dengan pamannya, Oscar.
 

Herrick kemudian menjadi Direktur AMPAS dan ucapan spontannya terekam dalam All About Oscar karya Emanuel Levy: The History and Politics of the Academy Awards. Levy mengklaim sebutan ini kemudian menjadi julukan terkenal di kalangan karyawan Academy Awards.

Meski demikian, penggunaan istilah pertama yang didokumentasikan dalam kaitannya dengan Academy Awards sebenarnya berasal dari kolumnis Sidney Skolsky yang menyebut penghargaan tersebut sebagai 'Oscar' dalam artikel New York Daily News tahun 1934. 

"Itu adalah malam Academy Awards pertamaku ketika saya memberi nama patung emas itu. Saya tidak berusaha membuatnya [Oscar] jadi nama sah. Keangkuhan Academy Award itu membuatku kesal. Saya ingin membuat patung emas itu menjadi lebih manusiawi," ujarnya.
 

PERUBAHAN OSCAR DARI TAHUN KE TAHUN 


Figur yang menjadi ikon piala Oscar telah mengalami banyak perubahan sejak pertama kali muncul pada Academy Award of Merit tahun 1929. Versi awal menampilkan sosok yang berdiri di atas gulungan film dengan lima jeruji untuk mewakili lima bagian AMPAS: aktor, sutradara, produser, teknisi dan penulis. Namun sesaat sebelum upacara pertama, pematung George Stanley mendesain ulang modelnya.

Piala Oscar pertama yang diberikan terbuat dari perunggu padat berlapis emas tetapi kemudian diganti dengan logam berlapis emas. Selama Perang Dunia II dunia mengalami kekurangan pasokan logam sehingga selama tiga tahun pemenang Oscar diberi patung yang terbuat dari plester.

Sejak 1982 proses cetak trofi Oscar dilakukan oleh R.S. Owens & Company yang memberikan lapisan emas 24 karat pada figurnya. Lebih dari 3.000 piala Oscar telah dipersembahkan selama bertahun-tahun, tetapi mereka selalu memproduksi lebih banyak tiap tahunnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Contohnya seperti tahun 2000 silam, sesaat sebelum upacara dimulai, piala Oscar yang sudah disiapkan dicuri sehingga AMPAS selalu menyimpan simpanan piala cadangan untuk digunakan dalam keadaan darurat.
 

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Tengok Budaya Ramadan di Iran yang Unik dan Penuh Kehangatan

BERIKUTNYA

Ada Layanan Baru GTA Plus, Apa yang Didapat Pemain? 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: