Raja Charles dan Camilla (Sumber gambar : The Royal Family)

6 Fakta Unik Penobatan Raja Charles III, Pakai Kereta Emas hingga Dimeriahkan Winnie the Pooh

30 April 2023   |   21:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Penobatan Raja Charles III masih satu pekan lagi dihelat. Namun, berbagai persiapannya sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu agar prosesinya dapat berjalan lancar dan khidmat. Terlebih, hal itu merupakan momentum istimewa di mana Britania akan memiliki raja baru. 

Adapun, penobatan Raja Charles akan berlangsung pada Sabtu, 6 Mei 2023. Dalam pembaiatan tersebut, Charles III akan memimpin Britania Raya sesuai aturan yang tertuang dalam sejarah monarki Inggris. Yaitu menjadi penguasa baru dan naik tahta setelah pendahulunya, Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Dilansir dari media sosial Istana Buckingham, mereka pun mengungkap sejumlah fakta unik terkait penobatan raja Inggris tersebut. Salah satunya adalah dengan mengambil jalan lebih pendek saat iring-iringan berlangsung. Tak hanya itu, raja berusia 74 tahun itu juga ingin penobatan dilakukan dengan sentuhan modern.

"Pada pagi hari Penobatan, Yang Mulia akan melakukan perjalanan dengan Diamond Jubilee State Coach dalam prosesi ke Westminster Abbey. Beliau akan berangkat dari Istana Buckingham melalui Gerbang Tengah, dan melanjutkan ke The Mall, melewati Admiralty Arch," demikian pernyataan Royal Family di akun Instagram resminya.

Baca juga: Makna 16 Simbol Unik di Undangan Penobatan Raja Charles III
 

Selain hal tersebut masih ada sederet fakta unik lain dari penobatan Raja Charles. Nah, biar enggak penasaran berikut Hypabais.id rangkum dari berbagai sumber fakta-fakta menariknya. Simak yuk!


1. Diarak dengan Kereta Emas

Dilansir dari laman medsos Royal Family, penobatan Charles dan Camilla, sang permaisuri akan dilakukan dengan menggunakan kereta Kuda Diamond hitam berlapis emas yang dirancang untuk merayakan ulang tahun ke-60 Elizabeth.Keduanya akan menempuh rute sepanjang 2 kilometer, atau sedikit lebih pendek daripada rute yang ditempuh Elizabeth saat penobatannya.

Adapun, prosesi ini akan melewati Admiralty Arch; Trafalgar Square dan patung Charles I, raja yang dipenggal kepalanya pada  1649; dan di gedung parlemen sebelum tiba untuk kebaktian pada pukul 11.00 waktu setempat. Upacara penobatan akan dipimpin oleh Justin Welby, uskup agung Canterbury. 
 

2. Dimahkotai Tiara St Edward

Saat didaulat menjadi raja, Charles akan dimahkotai dengan Mahkota St. Edward. Diketahui, mahkota itu beratnya hampir 5 pon, dan memiliki bingkai emas padat dan 444 batu permata. Adapun mahkota ini pertama kali digunakan dalam penobatan untuk Charles II pada 1661.

Tak hanya itu, mahkota ini juga berhiaskan batu ruby, kecubung, safir, garnet, topaz, dan turmalin dengan topi beludru ungu dan pita cerpelai di bagian sisinya. Mahkota tersebut sebelumnya juga sempat dipakai oleh Elizabeth pada penobatannya dan kini dimodifikasi oleh ahli untuk putranya. 

Baca juga: Charles Jadi Raja Baru Inggris, Kenapa Camilla Tidak Diberi Gelar Ratu?
1
2


SEBELUMNYA

Cek 7 Fakta Seputar Perayaan May Day atau Hari Buruh Internasional

BERIKUTNYA

Wahai Kolektor Muda, Begini Tip Mengoleksi Karya Seni yang Harus Kalian Ketahui

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: