Prosesi penobatan raja dan ratu Inggris (Sumber gambar: YouTube/The Royal Family)

Pangeran Charles Diangkat jadi Raja, Cek Daftar Penerus Takhta Kerajaan Inggris

06 May 2023   |   19:37 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pangeran Charles akhirnya menjalani penobatan sebagai pemegang tahta tertinggi Kerajaan Inggris. Rangkaian upacara megah pun saat ini tengah berlangsung dengan khidmat di Gereja Westminster Abbey, London, Inggris pada Sabtu, (6/5/23) waktu setempat.

Sepanjang prosesi, pandangan mata warga dunia pun tertuju pada Pangeran Charles dan Putri Camilla. The Prince of Wales itu pun akan menggantikan tahta ibunya, Ratu Elizabeth II yang wafat pada September 2022.

Sementara itu, Camilla Rosemary yang saat ini berstatus permaisuri dari Pangeran Charles akan dibaiat juga menjadi Ratu Inggris. Pada penobatannya kali ini Rosemary akan diberi gelar Queen Consort atau Ratu Camilla sesuai wasiat Ratu Elizabeth II. 

Baca juga: Intip 5 Aksesoris Bersejarah yang Dipakai dalam Penobatan Raja Charles III
 

Namun, Genhype penasaran tidak sih siapa saja penerus takhta kerajaan Inggris untuk melanggengkan monarki di Britania Raya? Dihimpun dari berbagai sumber berikut urutan penerus tahta Kerajaan Inggris yang akan duduk di singgasana kekuasaan.


1. Raja Charles III

Charles Philip Arthur George atau dikenal sebagai Pangeran Charles adalah putra pertama Ratu Elizabeth II dan mendiang Pangeran Philip. Pangeran dari Wales ini mewarisi tahta Kerajaan Inggris setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022.

Seperti ibunya, Charles juga akan menjadi bagian sejarah monarki di Inggris yang berusia ratusan tahun. Namun, dia adalah ahli waris yang memiliki waktu penantian paling lama untuk naik takhta. Saat ditabalkan menjadi raja, Charles berusia 73 tahun, atau beda tiga tahun dengan lamanya sang ibu berkuasa. 
 

2. William, Duke of Cambridge

William Arthur Philip Louis atau Pangeran William lahir pada 21 Juni 1982. Dia adalah anak sulung dari Raja Charles III dan Diana Spencer, Putri Wales. Pangeran William akan menjadi pewaris takhta kerajaan berikutnya yang menggantikan ayahnya.

Namun, saat ini  William tidak secara otomatis menjadi Pangeran Wales. Pasalnya, meskipun telah menjadi pewaris takhta, tapi penggunaan gelar yang dimulai sejak abad ke-14 itu tidak dapat diwariskan. 
 

3. George, Pangeran Cambridge

George Alexander Louis atau Pangeran George merupakan putra pertama dari Pangeran William dan Catherine Middleton. Saat ini dia menempati posisi kedua dalam urutan pewaris takhta Britania Raya menggantikan sang kakek Raja Charles III.

Pada 2011 negara-negara persemakmuran membatalkan undang-undang yang memungkinkan saudara laki-laki lebih muda untuk mengambil alih tahta saudara perempuan yang lebih tua. Oleh karena itu, anak George nantinya juga akan menjadi ahli waris tahta, terlepas apakah mereka terlahir sebagai perempuan atau laki-laki. 
 

4. Charlotte, Putri Cambridge

Charlotte Elizabeth Diana atau Putri Charlotte merupakan anak kedua dari Pangeran William dan Catherine yang menempati urutan ketiga sebagai pewaris takhta menggantikan kakeknya. Meski saat ini usia Charlotte baru delapan tahun, tapi dia menjadi bangsawan wanita paling senior dalam hal suksesi. 
 

5. Louis, Pangeran Cambridge

Louis Arthur Charles atau Pangeran Louis adalah anak ketiga dari Pangeran William dan Catherine yang akan menjadi pewaris takhta selanjutnya. Lahir pada 23 April 2018, Louis akan menjadi anggota termuda dari keluarga Cambridge dan juga memiliki kemungkinan mewarisi takhta Inggris. 

Halaman selanjutnya: Harry-Beatrice
1
2


SEBELUMNYA

7 Fakta Penobatan Ratu Victoria, Salah Satu Penabalan Termegah di Britania Raya 

BERIKUTNYA

Profil Rashif Amila Yaqin, Penyumbang Medali Emas Pertama Indonesia di SEA Games 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: