Kari buatan restoran Saffron. (Sumber gambar : Saffron Northampton/Instagram)

Menengok Kari Termahal di Dunia untuk Penobatan Raja Charles III, Berlapis Daun Emas

06 May 2023   |   17:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penobatan Raja Charles III mengundang jutaan pasang mata di dunia. Perayaan besar digelar dan memunculkan euforia, bukan hanya dari keluarga kerajaan tapi juga masyarakat sekitar hingga wisatawan. Momen ini pun dimanfaatkan para pelaku bisnis. Salah satunya restoran Saffron di Castilian Street, Northampton. 

Restoran pemenang penghargaan di Northampton itu merayakan penobatan Raja Charles dengan menciptakan kari spesial dengan harga fantastis. Owner Saffron, Nas Islam, mengatakan hidangan ini berupa ayam tikka yang sebelumnya diberi makan jagung, dibumbui saus kaya rempah-rempah langka, dan di atasnya diberikan 50 gram daun emas 24 karat yang dapat dimakan. 

Baca juga: Intip 5 Aksesoris Bersejarah yang Dipakai dalam Penobatan Raja Charles III

Hidangan ini akan ditambahkan ke menu a la carte restoran. Buat yang ingin mencoba kari spesial penobatan Raja Charles ini, kalian perlu membayar £2.023 atau setara Rp37,5 juta, menjadikannya kari termahal di dunia. Naz Islam menyebut penobatan Raja Charles III akan menjadi peristiwa yang akan diingat seluruh negeri. Dia menyebut ini adalah momen bersejarah. 

“Kami ingin menandainya dengan gaya dengan membuat hidangan yang sesuai dengan acara semacam itu. Kami telah mencari bahan-bahan terbaik dari seluruh dunia untuk menghasilkan kari yang cocok untuk seorang Raja,” ungkapnya dikutip dari Northampton UK, Sabtu (6/5/2023). 
 

Dia menyampaikan, pihaknya akan menggunakan 10 gram kunyit Asia dalam hidangan, yang merupakan salah satu rempah termahal di dunia. Daun emas yang dapat dimakan akan menutupi piring untuk memberikan nuansa ekstra agung. 

Label harganya mungkin mahal, tapi hidangan ini diklaim kaya akan karakter dan rasa. Saffron pun telah mengatur pengiriman khusus ke Istana Buckingham. Pengiriman ini untuk memberikan kesempatan kepada Raja Charles memberikan segel persetujuan Kerajaan sebelum akhir pekan penobatan.

Islam menuturkan bahwa kari spesial penobatan Raja Charles ini juga tersedia untuk dipesan melalui Just Eat, Deliveroo, dan Uber Eats. Restoran pun memiliki serangkaian penawaran khusus yang tersedia selama perayaan berlangsung. 

Pelanggan yang makan di tempat dapat menikmati minuman gratis mulai Kamis, 4 Mei 2023 sampai Senin, 8 Mei 2023 waktu setempat. Pada periode yang sama, koleksi takeaway akan dibanderol setengah harga untuk semua pelanggan.

Diketahui, Saffron adalah mantan pemenang British Curry Awards dan Northamptonshire Food and Drink Awards. Restoran tersebut telah mengumpulkan puluhan ribu pound untuk amal selama 20 tahun terakhir. 

Baca juga: Resep Coronation Quiche, Hidangan Khusus Penobatan Raja Charles III

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Intip 5 Aksesoris Bersejarah yang Dipakai dalam Penobatan Raja Charles III

BERIKUTNYA

Daftar Game Mobile dengan Pendapatan Tertinggi 2022, Nomor 1 Bukan Genshin Impact

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: