Raja Charles III. (Sumber gambar : Twitter/The Royal Family)

5 Rangkaian Prosesi Penobatan Raja Baru Inggris

07 April 2023   |   14:08 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penobatan Raja Charles III semakin dekat. Berlangsung 6 Mei 2023, pastinya ini akan menjadi hajatan meriah bagi warga Inggris yang akan mendapatkan pemimpin baru. Rangkaian prosesi kerajaan akan digelar, termasuk menyapa warga Inggris dari Istana Buckingham.

Rencananya, penobatan ayah dari Pangeran William dan Pangeran Harry itu digelar di Westminster Abbey, tempat 39 raja Inggris sebelumnya juga dinobatkan. Prosesinya pun tidak berubah selama hampir 1.000 tahun terakhir.

Baca juga: Makna 16 Simbol Unik di Undangan Penobatan Raja Charles III

Coronation didefinisikan, secara sederhana, sebagai "tindakan atau penobatan." Ini adalah upacara keagamaan simbolis ketika mahkota secara fisik diletakkan di atas kepala raja. Menurut catatan BBC, di Inggris Raya penobatan meresmikan peran raja sebagai kepala Gereja Inggris dan menandai pengalihan gelar dan kekuasaan mereka.

Jadi meskipun Raja Charles III naik tahta segera setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II, upacara ini akan menjadi momen resmi dia dinobatkan sebagai raja.

Proses sakral ini tidak hanya menunjukkan rangkaian penyematan mahkota di atas kepala sang raja baru, tapi juga kemegahan dan budaya ribuan tahun yang dimaksudkan untuk menyatukan negara dengan kerajaan. Inggris bahkan menetapkan 8 Mei 2023 sebagai hari libur nasional.

Istana Buckingham juga menyampaikan bahwa penobatan ini akan mencerminkan peran raja saat ini dan melihat ke masa depan, tapi tetap mengacu pada tradisi yang sudah berlangsung lama. 

Buat kamu yang penasaran, berikut rangkaian proses penobatan Raja Charles III yang dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber.
 
 


1. Recognition

Penobatan Raja Charles III dimulai dengan recognition atau pengakuan. Raja Charles III akan berdiri di samping Kursi Penobatan saat Uskup Agung Canterbury mempersembahkannya kepada para jemaat. Jemaat akan berteriak "Tuhan Selamatkan Raja!"

Kemudian dia akan mengambil sumpah. Raja Charles III bersumpah untuk menegakkan hukum dan Gereja Inggris. Jika kamu menyaksikannya nanti, kamu akan melihat kursi penobatan yang terbuat dari kayu pohon ek, berusia 700 tahun.


2. Anointing

Raja Charles III akan melepas jubah seremonialnya dan duduk di Kursi Penobatan. Di bawah kain emas, Uskup Agung menditik dahi, tangan, dan dada raja dengan minyak suci yang telah diberkati. Patriark Yerusalem dan Uskup Agung Anglikan di Yerusalem menahbiskan minyak di Gereja Makam Suci awal tahun ini. Adapun, pada penobatan Ratu Elizabeth II pengurapan itu tidak difilmkan.

Minyak yang digunakan Charles nanti akan bebas dari produk hewani dan disiapkan oleh Mark Hutton, seorang ahli kimia yang bekerja di cabang Lloyd's. Resep pastinya dirahasiakan, tapi ada ambergris, bunga jeruk, mawar, melati, dan kayu manis di dalamnya.

Dia mencari bahan-bahan dari seluruh Eropa untuk membuat minyak suci ini. Dulu warga Inggris percaya bahwa saat minyak suci menyentuh raja, mereka menjadi utusan Tuhan.


3. Investure

Raja Charles III akan dinobatkan dengan dua tongkat dan sebuah Orb, lambang kekuasaan kerajaan yang terbuat dari logam mulia dan permata. Dia diberikan tongkat The Sovereign's Scepre with Dove, mewakili peran spiritualnya, dan The Sovereign's Scepre with Cross, mewakili kekuatan temporal dan pemerintahannya yang baik. 

Sementara orb yang terdiri dari bola dan salib di atasnya mewakili otoritas agama dan moral. Cincin penobatan juga akan ditempatkan di jari tangan kanan Charles.


4. Enthronement

Raja Charles III akan mengenakan Mahkota St Edward dari abad ke-17. Mahkota itu beratnya hampir 5 pon, dan memiliki bingkai emas padat dan 444 batu permata. Adapun mahkota ini pertama kali digunakan dalam penobatan untuk Charles II pada 1661.

Selanjutnya, raja akan turun dari Kursi Penobatan dan muncul di atas takhta. Para keluarga kerajaan maupun tamu yang datang akan berlutut di depan Charles untuk memberi penghormatan.


5. To Buckingham Palace

Setelah dinobatkan sebagai raja baru di Westminster Abbey, Raja Charles III bersama Ratu Camilla akan dibawa kembali ke Istana Buckingham melalui sebuah arak-arakan. Di sepanjang jalan menuju istana, warga dipersilahkan untuk menyaksikan dan menyambut raja baru mereka. Hingga akhirnya penguasa monarki menyapa rakyatnya melalui balkon.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Dirayakan Hari Ini, Cek Sejarah & Makna Peringatan Jumat Agung bagi Umat Kristiani

BERIKUTNYA

Mau Jadi Akuntan Pemerintah? Yuk Cek Dulu Seluk Beluknya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: