Rangkaian Upacara Penobatan Raja Charles III (Sumber gambar: Laman resmi Kerajaan royal.uk) Inggris

Rangkaian Upacara Penobatan Raja Charles III

05 May 2023   |   21:29 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Inggris tengah bersiap menyambut penobatan Raja Charles III pada Sabtu (6/5). Penobatan ini tidak hanya menjadi perhatian warga Inggris, ratusan juta orang dari penjuru dunia juga ingin menjadi saksi sebuah prosesi yang sudah berlangsung sejak 1.000 tahun yang lalu dan tak pernah berubah tersebut.

Penobatan Raja Charles II akan berlangsung di Gereja Westminster Abbey, London. Charles akan secara resmi menyandang sebagai penguasa Inggris ke-40 Sementara itu, Camilla, istri Charles, juga akan otomatis menjadi permaisuri.

Baca juga: 6 Fakta Unik Penobatan Raja Charles III, Pakai Kereta Emas hingga Dimeriahkan Winnie the Pooh

Sepanjang prosesi berlangsung, pandangan dunia akan tertuju pada Charles dan Camilla. Keduanya akan melakukan arak-arakan dan sejumlah prosesi yang sakral. Acaranya tersebut direncanakan akan dimulai pada pukul 10.20 waktu Inggris atau 16.20 WIB

Prosesi pertama akan dimulai pada pukul 10.20 atau sebelum pukul 11.00 waktu setempat, seperti dikutip dari situs gov.uk. Raja Charles III akan melakukan perjalanan dalam prosesi dari Istana Buckingham ke Westminster Abbey.

Prosesi ini juga dikenal sebagai 'The King’s Procession'. Raja Charles III akan melakukan perjalanan dengan Diamond Jubilee State Coach dan ditarik oleh enam kuda Windsor Grey. The Household Cavalry, angkatan bersenjata kerajaan, akan menyediakan pengawalan.
 

Rangkaian Upacara Penobatan Raja Charles III (Sumber gambar: Laman resmi Kerajaan royal.uk)

Rangkaian Upacara Penobatan Raja Charles III (Sumber gambar: Laman resmi Kerajaan royal.uk) Inggris


The King’s Procession akan dilakukan di sepanjang The Mall, melalui Admiralty Arch, melewati selatan patung King Charles Island di Trafalgar Square sebelum berbelok ke Whitehall.

Prosesi akan berlanjut ke Whitehall dan sepanjang sisi timur dan selatan Parliament Square, tiba di Westminster Abbey. Layanan Penobatan di Westminster Abbey akan dimulai pukul 11.00 pagi dan selesai pada pukul 13.00 siang waktu setempat.

Setelah kebaktian penobatan, Raja Charles III akan kembali ke Istana Buckingham sebagai bagian dari prosesi upacara yang lebih besar, yang dikenal sebagai ‘The Coronation Procession'. Prosesi penobatan akan berlangsung sekitar 30 menit.

Raja Charles III akan melakukan perjalanan dengan Kereta Negara Emas, ditarik oleh 8 kuda Windsor Grey. Kemudian, akan tiba di Istana Buckingham sekitar pukul 13:30 waktu setempat.

Raja Charles III juga akan menerima penghormatan dari Angkatan Bersenjata Inggris dan Persemakmuran di Taman Istana Buckingham. Kemudian, akan muncul di balkon Istana Buckingham.

Pada pukul 14:30, akan ada penerbangan lintas Coronation oleh Angkatan Bersenjata di atas The Mall dan Istana Buckingham (bergantung pada cuaca, kemudahan servis, dan komitmen operasional).
 

Profil Singkat Raja Charless III

 

Mengutip dari laman resmi Kerajaan Inggris royal.uk, Raja Charles III sebelumnya dikenal sebagai The Prince of Wales. Dia menjadi raja setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II, pada 8 September 2022.

Selain tugas resmi dan seremonialnya di Inggris Raya dan luar negeri sebagai The Prince of Wales, Charles diketahui telah lama memiliki minat yang kuat dan aktif di semua bidang kehidupan publik selama beberapa dekade.

Charles telah berperan penting dalam mendirikan lebih dari 20 badan amal selama 40 tahun. Beberapa di antaranya termasuk The Prince's Trust, The Prince's Foundation, dan Dana Amal Pangeran Wales (PWCF).

Charles juga telah bekerja erat dengan banyak organisasi, secara terbuka mendukung berbagai penyebab yang berkaitan dengan lingkungan, masyarakat pedesaan, lingkungan binaan, seni, kesehatan, dan pendidikan.

Sementara itu, Camilla Rosemary, istri Raja Charles III sekaligus permaisuri, juga memiliki kepedulian serupa. Dia juga sering terlibat secara publik pada beberapa badan amal yang didukungnya. Pasangan ini memang dikenal sama-sama menyenangi kegiatan sosial.

Baca juga: Makna 16 Simbol Unik di Undangan Penobatan Raja Charles III

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Menparekraf Sandiaga Uno Bertemu VP CJ ENM, KCON Bakal Hadir di Indonesia?

BERIKUTNYA

7 Rekomendasi Menu Point Coffee 2023 yang Wajib Dicoba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: