Ilustrasi ruang tamu yang memakai desain Shabby Chic. (Sumber gambar : Freepik/PV PRoductiion)

5 Tip Hadirkan Shabby Chic, Interior untuk Ruang Tamu yang Cozy

26 April 2023   |   21:23 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Ruang tamu menjadi tempat yang merepresentasikan gaya dari pemilik rumah. Menjadi tempat berkumpul menyambut keluarga atau tamu yang datang, tentunya area ini harus dibuat senyaman mungkin. Tidak terkecuali pada momen silaturahmi Lebaran yang masih berlangsung. 

Oleh karena itu, penting buat kamu menata ruang tamu, yang bukan hanya nyaman tetapi juga memberikan kesan menarik bagi mereka yang berkunjung. Salah satu gaya interior yang patut dicoba yakni Shabby Chic. 

Baca juga: Ini Desain Interior yang Cocok untuk Para Perempuan

Mengutip Dekoruma, Shabby Chic menyajikan nuansa ruang yang vintage dengan kesan lembut, halus, elegan, dan feminin. Biasanya, style yang ditampilkan berupa perpaduan motif floral dan liris yang ekletis dan didominasi dengan warna putih, krem atau pastel. Sementara untuk perabot atau perlengkapan ruang dibuat lebih berornamen. 

Untuk menghadirkan interior Shabby Chic, kamu tidak perlu merogoh kantong lebih dalam. Pasalnya, furnitur yang dihadirkan merupakan barang second atau pernah dipakai namun memiliki guratan waktu yang khas. Tidak kecuali yang sudah didaur ulang.

Nah berikut ini kiat menghadirkan interior Shabby Chic untuk ruang tamu yang nyaman dan manis di momen silaturahmi. Kali ini, lebih pada lesehan yang bisa menampung banyak tamu yang datang. Jangan lupa dicatat ya, Genhype


1. Gunakan Warna Terang & Netral

Warna abu-abu terang, putih pucat, putih, dan krem menjadi latar belakang yang ideal untuk interior yang ramping namun vintage. Untuk lebih feminin, kamu bisa pasang stiker dinding berwarna putih dengan ornamen bunga mawar merah muda. Atau biarkan tembok bata tanpa plester tetapi cat seluruhnya menjadi putih.  


2. Pasang Karpet, Hadirkan Meja Kecil dan Banyak Bantal Duduk

Oleh karena tema utama adalah lesehan, jadi kamu bisa menggelar karpet untuk mengakomodir tamu yang datang. Tetap gunakan karpet berwarna netral dengan motif menarik. 

Cukup letakkan meja kayu kecil yang bisa kamu cat dengan warna netral seperti krem atau putihdi tengahnya, kemudian letakkan sejumlah floor cushion dengan warna sarung yang juga netral. 

Sebagai alernatif, kamu juga bisa menempatkan beban bag atau sofa lesehan. Tetap sediakan sofa yang dipasang menempel di dinding untuk mengakomodir tamu lansia ya. 

Taruh kain linen sebagai hiasan sofa. Jangan lupakan juga bantal sofa yang dibalut dengan warna pastel ya.


3. Furnitur Antik

Sesuai gayanya yang berkelas dan romantis, ide interior untuk Shabby Chic dilengkapi dengan furnitur antik. Sifat vintage menciptakan perasaan membumi dan semakin natural dipakai

Selain membeli di toko barang antik dan daur ulang, kamu bisa loh berkreasi dengan perabot yang sebelumnya sudah terpakai.

Baca juga: Tren Desain Interior 2023 dari Modular Multifungsi hingga Gaya Berkelanjutan

Coba  kembali bongkar gudang, terutama milik kakek nenek, siapa tahu ada harta karun yang bisa kamu kreasikan kembali menjadi furnitur menarik hanya dengan memperbaikinya dan mengecat ulang.

Sebagai contoh bingkai, cermin, tempat lilin, meja pajangan, hingga kandang burung besi yang bisa melengkapi dekorasi vintage kamu. 
 
1
2


SEBELUMNYA

Netflix Garap Spin-off Spongebob Squarepants, The Sandy Cheeks Movie Siap Tayang 2024

BERIKUTNYA

Penampilan Terakhir Henry Cavill di Teaser The Witcher Season 3 Jadi Sorotan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: