Ilustrasi dekorasi rumah (Dok. Lisa Fotois/Pexels)

6 Kesalahan Dekorasi yang Bikin Rumah Tampak Berantakan

17 January 2022   |   13:24 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Seringkali banyak orang menganggap bahwa sumber utama rumah menjadi terlihat berantakan karena barang-barang atau perabotan di rumah. Padahal, cara melengkapi atau mendekorasi rumah juga sangat mempengaruhi tampilan dan kerapihan suatu ruangan.

Acapkali kesalahan dalam mendekorasi justru akan membuat tampilan rumah menjadi terlihat berantakan. Ketika ada dekorasi yang tidak tepat, hal itu justru dapat mengurangi desain dan mengganggu suasana ruangan secara keseluruhan.

Berikut adalah 6 kesalahan mendekorasi yang membuat rumah terlihat berantakan seperti dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (17/1/2022).
 

1. Menggunakan rak terbuka

Rak terbuka biasanya digunakan untuk menyimpan buku atau memajang karya seni. Jenis tempat penyimpanan ini sebaiknya digunakan dengan tidak terlalu penuh barang. Untuk mendapatkan tampilan yang lebih rapi, atur beberapa barang dengan jarak tertentu. Kalian juga harus menghindari penggunaan penyimpanan terbuka untuk barang-barang seperti elektronik, kabel, atau mainan. Barang-barang seperti ini paling baik disimpan di dalam lemari, kotak atau keranjang agar tidak terkesan berantakan.
 

2. Menggunakan terlalu banyak warna

Mendekorasi dengan terlalu banyak warna kemungkinan besar akan membuat rumah terlihat berantakan. Gunakan satu atau dua warna yang dipadukan dengan warna netral untuk memberikan tampilan rumah yang rapi dan nyaman. Misalnya, bisa memilih warna bernuansa biru di ruang tamu yang membuat kesan ruangan tampak luas dan terbuka.
 

Terlalu banyak aksen bantal pada sofa membuat rumah tampak berantakan (Dok. Terje Sollie/Pexels)

Terlalu banyak aksen bantal pada sofa membuat rumah tampak berantakan (Dok. Terje Sollie/Pexels)

3. Menambah aksen bantal terlalu banyak

Hindari tampilan rumah yang tampak berantakan dengan membatasi pemberian aksen bantal pada sofa atau tempat tidur. Ruang tamu akan terlihat menyatu dan tertata rapi bila sofa yang digunakan tidak memiliki banyak aksen bantal. Dua atau tiga bantal di setiap ujung sofa biasanya merupakan jumlah yang sempurna untuk menghias ruangan dengan warna dan pola yang indah.
 

4. Menempelkan furnitur ke dinding

Menata banyak furnitur dengan menempelkannya ke dinding juga akan membuat suatu ruangan terlihat berantakan. Solusinya, kalian bisa menarik furnitur seperti set kursi dan meja tamu agak menjauh dari dinding menuju ke tengah ruangan. Hal itu juga bisa menciptakan kesan yang sempurna sebagai area keluarga. Lapisi furnitur dengan karpet untuk menyatukan pengaturan.
 

Ilustrasi (Dok. Level Media/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Level Media/Pexels)

(Baca juga: 3 Hal Sederhana Ciptakan Energi Positif dalam Rumah)


5. Meletakkan terlalu banyak dekorasi di meja

Terlalu banyak aksen dekoratif pada permukaan meja juga akan membuat ruangan terlihat berantakan. Kalian bisa mulai memilah barang-barang yang cukup fungsional yang ingin diletakkan di meja. Jika tidak, bisa juga mengelompokkan beberapa benda kecil di meja menggunakan toples atau mangkuk. Untuk memberikan tampilan yang terarah, kalian bisa meninggikan beberapa benda kecil di atas tumpukan dua atau tiga buku.


6. Menggantung gambar secara acak

Gambar atau karya seni yang digantung di dinding secara acak juga bisa membuat tampilan rumah tampak penuh dan berantakan. Solusinya, kalian bisa mengelompokkan gambar dalam suatu susunan di dinding untuk membuat tampilan yang lebih teratur dan seimbang. Misalnya, dengan menggantung beberapa buah gambar dengan konsep yang sama atau warna yang sama agar tampak serasi.


Editor: Gita

SEBELUMNYA

Tuan Tigabelas Rilis Lagu Kolaborasi untuk Indonesia Basketball League

BERIKUTNYA

Ini Daftar Judul Game PS4 dan PS5 yang Dirilis Tahun Ini 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: