Gaya penataan ruang pada 2023 akan lebih mengarah pada sesuatu yang dinamis dengan sentuhan teknologi interaktif serta gaya yang playful. (Ilustrasi Unsplash/Spacejoy)

Tren Desain Interior 2023 dari Modular Multifungsi hingga Gaya Berkelanjutan

05 January 2023   |   12:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pandemi Covid-19 telah membuat perubahan tren penataan desain interior. Kini, seiring era kenormalan baru serta ancaman resesi global, para desainer interior juga memprediksi akan ada banyak perubahan dalam gaya penataan ruang agar lebih membuat nyaman penghuninya.

Beberapa ahli desainer interior menekankan, saat berbicara mengenai desain dalam jangka waktu satu tahun tidak akan terlihat banyak perbedaannya. Sebab, project desain interior berbeda dengan produksi fesyen. Oleh karena itu yang bisa menggambarkan tren adalah penggunaan warna dan furnitur.

Desainer interior Ary Juwono mengatakan, setelah tren desain interior didominasi ke arah yang efisien dengan warna-warna kalem pada 2022. Kini, di tahun kelinci air, gaya penataan ruang  akan lebih mengarah pada sesuatu yang dinamis dengan sentuhan teknologi interaktif serta gaya yang playful.

Baca juga: Tren Arsitektur & Desain Interior 2022, Gaya Berkelanjutan Jadi Idaman

"Keadaan ini menggambarkan gaya hidup masyarakat yang sudah bosan dengan tidak berkegiatan [akibat pagebluk], dan tentu saja terdorong sifat untuk recover keadaan," papar Ary Juwono saat dihubungi Hypeabis.id belum lama ini.

Setali tiga uang, desainer Rina Renville mengungkap, pada 2023 tren desain interior akan lebih banyak memiliki efek-efek surprising yang bisa menimbulkan pengalaman baru pada penghuni. Hal ini dikarenakan euforia setelah mereka 2 tahun lebih terkungkung pandemi Covid-19.

"Pada 2023 nanti akan banyak diaplikasikan  warna-warna yang bertabrakan dan mengarah ke arah futuristik. Palet yang mungkin akan digunakan adalah orange, merah, ungu metalik, dan warna-warna yang membuat pengguna lebih senang saat berada di rumah," kata Ketua Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta itu.

Nah, daripada penasaran, berikut adalah beberapa tren desain interior dan furniture yang diprediksi bakal populer di Indonesia sebagaimana diolah Hypeabis.id dari wawancara Ary Juwono dan Rina Renville.


1. Furniture modular fungsi ganda

Menurut Ary Juwono tahun ini gaya furnitur yang memiliki dua fungsi berbeda bakal semakin diminati khalayak. Salah satunya adalah rancangan sofa modular yang sudah menyatu dengan meja di bagian samping. Pasalnya, dengan modular tersebut penghuni bisa mengkomposisikan sesuai keterbatasan ruang yang ada atau penataan dengan mengutamakan selera pribadi.


2. Tren warna yang lebih dinamis

Palet warna yang dinamis dan memiliki unsur kejutan juga akan menjadi tren desain interior pada 2023. Misalnya, pengaplikasian warna yang berbeda dalam satu ruangan, dimana tiga sisi dinding berwarna senada, tapi satu dinding lainnya menggunakan wallpaper yang kontras. Hal tersebut tentunya akan membuat kejutan tersendiri bagi penghuni dan tamu.


3. Material dari alam & daur ulang

Dari segi penggunaan material, akan ada dua jenis bahan yang bakal diminati oleh khalayak. Yaitu bahan material alami seperti kayu, dan batu marmer yang semakin luas penggunaanya, serta material daur ulang dari pembongkaran bangunan lama. Selain itu, material recycle yang menyerupai material alami juga akan semakin diminati seiring kesadaran masyarakat terhadap masa depan bumi.


4. Inovasi berkelanjutan

Tren inovasi penggunaan material yang sustainable juga akan diminati masyarakat karena saat ini memang mudah didapatkan karena banyak diproduksi produsen lokal. Material tersebut juga akan lebih memberi value pada penghuni, karena memiliki cerita dibalik pembuatannya. Jadi, tidak hanya mengedepankan estetika semata.


5. Kreasi dengan benda seni

Kreasi penataan ruang yang mengedepankan spirit bermain dari segi warna dan furnitur juga akan semakin dilirik masyarakat pada 2023. Selain itu, selera penghuni juga akan ditonjolkan lewat koleksi-koleksi personal mereka, termasuk dalam kreasi penggabungan karya seni meliputi patung, lukisan, dan yang lain untuk menambah kesan estetis di dalam ruangan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Seni Pertunjukan Diperkirakan Kian Mendapat Hati di Masyarakat

BERIKUTNYA

Cek 5 Manfaat Probiotik Untuk Hidup Lebih Sehat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: