Ilustrasi kursi puff (Marat Gilyadzinov: Unsplash)

Kursi Puff, Furnitur Pelengkap dengan Fungsi Beragam

24 October 2021   |   15:48 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Meski hanya sebagai pelengkap, tetapi kehadirannya mampu membuat ruang kalian terasa berbeda. Selain itu bentuknya yang mungil menjadikannya mudah ditempatkan di mana saja. Furnitur ini adalah kursi puff atau pouf. Kursi puff adalah kursi berukuran kecil dengan dimensi rata-rata, mulai dari 40 x 40 hingga 60 x 60 sentimeter.

Untuk bentuknya, puff biasanya didesain dengan rupa bulat atau persegi kotak. Kemudian, salah satu ciri khasnya adalah kursi ini dibuat tanpa sandaran. Dengan ukuran kecilnya, kursi ini pun sering menjadi pilihan para penghuni untuk memperindah interior rumah. 
 

Pouf dan Ottoman

Kendati sering dianggap serupa, tetapi bangku pouf dan ottoman dinilai memiliki perbedaan. Pouf adalah bangku kaki empuk atau kursi rendah tanpa punggung. Kursi ini diyakini berasal dari Prancis. 

Sedangkan ottoman adalah bangku rendah berlapis kain yang dapat digunakan sebagai sandaran kaki atau terkadang tempat penyimpanan. Hal ini didasarkan pada penggunaan kursi ini pada Kekaisaran Ottoman, Turki. Namun dalam perkembangannya, baik puff maupun ottoman dinilai sama secara fungsi. 
 

Fungsi

Kursi ini bisa digunakan sebagai tempat duduk. Bila kalian memiliki ruang baca, kursi ini adalah pilihan tepat untuk menunjang aktivitas membaca. Selain itu kalian juga bisa menjadikannya sebagai kursi santai. Tak sebatas itu, pouf dapat kalian ubah menjadi meja dadakan.
 

Material

Umumnya pouf dibuat menggunakan kain rajut bertekstur, bulu sintetis halus, atau beludru, atau bahkan kulit, sehingga cocok bagi kalian yang mendambakan kenyamanan. 
 

Penataan

Menaruh satu atau dua pouf di sekitar sofa, mengelilingi meja kopi, atau di kamar tidur, dapat memunculkan ambiance mewah pada rumah kalian. Di samping itu, pouf bertekstur yang terbuat dari serat rajutan atau kain perca sangat menyenangkan untuk anak-anak.
 

Sandaran Kaki

Bila kalian tak memiliki kursi malas, pouf bisa menjadi solusinya. Untuk cara ini, kalian bisa menggunakan pouf sebagai pijakan kaki untuk kursi apa pun. Dengan ukurannya yang kecil dan ringan, membuatnya mudah dipindah tempatkan, ke berbagai ruang di dalam rumah. 
 

Meja Sisi (Side Table)

Seperti sudah disinggung sebelumnya, pouf memiliki beragam fungsi. Salah satunya bisa diubah menjadi meja sisi. Namun, kalian perlu menaruh baki di bagian atasnya agar makanan atau kopi kalian tidak tumpah. 
 

Kelemahan

Dengan berbagai kelebihannya, pouf juga tak lepas dari kekurangan. Kursi ini dianggap tidak cocok untuk menunjang aktivitas makan, kerja, dan kegiatan lain yang membutuhkan sandaran. Hal ini karena bentuknya yang cenderung pendek dan kecil. Karena itu, pouf lebih cocok untuk suasana santai.

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Serunya Jalan Nordik dengan Dua Tongkat Ski

BERIKUTNYA

Waspada ya Moms, 6 Penyakit Ini Lebih Menular pada Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: