Pohon bambu (dok. Pexels)

5 Kerajinan Bambu Ini Bisa Dibikin Sendiri untuk Mendekorasi Rumah

18 October 2021   |   14:47 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Mendekorasi ruangan sebenarnya tidak harus dengan membeli barang-barang hiasan yang mahal loh. Dengan sedikit kemauan untuk berkreasi, kalian bisa membuat barang dekorasi sendiri seperti vas bunga untuk meja atau cermin dinding untuk mempercantik suasana ruangan. Sambil mengisi waktu luang, kalian bisa kok membuat rumah lebih estetik hanya dengan kerajinan bambu yang dirangkai atau disusun sendiri.

Bahan bambu mulai dari batang kecil yang halus hingga besar seperti tabung, bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai barang hiasan yang menarik. Apalagi elemen bambu tergolong cukup netral dengan gaya rumah apapun.

Nah hiasan apa saja sih yang bisa kita buat? Berikut ini rekomendasi kerajinan bambu agar  ruangan di rumah jadi lebih cantik dan estetik.
 

1. Vas bunga.

Bunga butuh wadah untuk ditempatkan di dalam ruangan. Nah wadah bunga atas vas ini bisa kamu bikin dari bambu berbatang kecil seperti bambu China yang sudah dibersihkan dan dijemur. Cat batang-batang bambu sesuai selera, atau bisa dibiarkan begitu saja agar lebih alami. 
 

Vas bunga dari bambu

Vas bunga dari bambu


Rangkai batang bambu dalam bentuk melingkar atau kotak dan rekatkan menggunakan lem kayu. Agar tambah cantik, beri pita atau tali goni seakan mengikat vas tersebut. 
 

2. Bingkai cermin sunburst.

Bingkai cermin ini sangat mudah dibuat dan kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang dan waktu untuk mempersiapkannya. Kamu hanya perlu memotong batang bambu sekitar 5-10 cm lalu tempelkan di sekeliling cermin bundar. Dijamin cantik dan hemat kantong!
 

3. Lilin.

Bersenang-senanglah dengan lilin lilin cantik yang terbuat dari bambu panjang ini.  Membuatnya sangat mudah dan hemat waktu. Cukup potong bambu sekitar 10-20 cm. Usahakan berbeda ukuran dan buat beberapa. 

Kemudian bersihkan bagian tengah bambu, isi dengan lilin cair dan jangan lupa letakkan sumbu di tengahnya. Bukan hanya cantik, lilin bambu bisa menghemat penggunaan energi untuk penerangan. 
 

4. Lonceng angin. 

Batang bambu memiliki suara yang khas apabila diketuk. Nah, gunakan beberapa batang bambu berdiameter 2-5 cm, rangkai lah menggunakan tali dan gantung di dekat jendela. 
 

Lonceng angin bambu

Lonceng angin bambu

Lonceng dari bambu akan memberikan suara yang indah ketika berpadu satu sama saat tertembus angin. Lonceng ini sangat mudah dan murah, tanpa alat listrik pula dalam membuatnya. 
 

5. Tiang estetik

Hiasan ini cukup sederhana. Tiang bambu terlihat unik di tengah elemen modern dalam ruang. Kamu hanya perlu membeli batang bambu kering dan memotongnya sesuai kebutuhan, lalu letakkan di tempat yang kamu inginkan. Misal, buat satu wadah persegi panjang, tambahkan lampu di bawahnya, lalu tempatkan bambu secara vertilkal di dalamnya. 

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Warner Bros Rilis Visual The Rock sebagai Black Adam

BERIKUTNYA

Stray Kids Raih 100 Juta Views Tercepat Melalui Video Klip Thunderous

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: