Raissa Ramadhani (Sumber gambar: Sony Music Entertaiment Indonesia)

Penyanyi Raissa Ramadhani Rilis Single Kedua bertajuk Perlahan Lepaskanmu

25 April 2023   |   12:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penyanyi Raissa Ramadhani kembali menyapa penggemarnya dengan merilis single anyar berjudul Perlahan Lepaskanmu. Senada dengan debut single miliknya, Raissa kembali mengangkat tema mengenai perpisahan dalam lagu keduanya ini.

Seperti judulnya, lagu Perlahan Lepaskanmu berkisah tentang seseorang yang memutuskan berpisah dari kekasihnya karena menemukan orang yang lebih bisa menghargai dirinya. Sementara pada single pertamanya, Berpisah Lebih Indah, yang dirilis pada akhir tahun lalu, berkisah tentang seorang perempuan yang memutuskan untuk menjauh dari kekasihnya karena kehadiran orang ketiga. 

Baca juga: Voxxes Suguhkan Karya Paling Emosional dalam Single Stand the Night

Raissa mengatakan lirik dari single Perlahan Lepaskanmu menceritakan seorang perempuan yang sebenarnya masih sayang dengan kekasihnya, dan berharap laki-lakinya bisa berubah menjadi lebih baik. Namun, di sisi lain, sang perempuan juga sadar bahwa kekasihnya tidak akan bisa berubah seperti dulu lagi, hingga akhirnya dia menemukan orang yang lebih menghargai dan menganggap dirinya berarti.

"Single Perlahan Lepaskanmu ini semacam lagu curhat atau minta maaf seorang cewek karena dia sudah menemukan orang baru yang lebih menghargai dirinya," kata penyanyi berusia 22 tahun itu.

Lagu Perlahan Lepaskanmu sendiri merupakan karya gubahan Clara Riva. Raissa pun pun begitu antusias bisa bekerja sama dengan Clara karena terbuka untuk berdiskusi mengenai proses penggarapan lagu ini. 

"Dari pertama kenalan dan membahas lagu ini, Clara terbuka banget untuk membedahnya bersama-sama. Bahkan, saat rekaman, dia juga membantu mengisi suara latar. Ini membuatku jadi lebih memahami makna yang ingin disampaikan dan lebih bisa menjiwai lagunya," ungkapnya.

Baca juga: Penyanyi & Penulis Lagu Winaya Bicara tentang Kehilangan dalam Single Sudah Jalannya

Pemilihan Perlahan Lepaskanmu sebagai single kedua bukan tanpa alasan. Raissa mengaku langsung jatuh cinta dengan melodi dan liriknya yang mengingatkan dia dengan single sebelumnya berjudul Berpisah Lebih Indah. Menurutnya, kedua lagu itu secara tidak sengaja memiliki jalan cerita yang masih berkaitan satu sama lain. 

"Setelah berpisah, kita harus move on ke hubungan yang baru walaupun hati kita masih terasa sakit. Saat kita putus dari hubungan yang lumayan lama dengan satu orang, pasti rasanya aneh ketika berkenalan lagi dengan orang baru. Seperti ada perasaan bersalah, padahal hubungan sebelumnya sudah selesai. Itu yang aku rasakan," kata dia.
 

Kembali dibantu Irvan Natadiningrat atau yang akrab disapa Irvnat, pada bagian vocal director, Raissa merasakan ada sedikit perubahan dibandingkan single pertamanya. Dalam lagu ini, dia diminta sang pelatih vokal untuk bernyanyi lebih lepas dan berani.

"Beliau [Irvnat] ingin aku keluar dari zona nyaman dan bereksperimen dengan suaraku. Hasilnya bisa kalian dengar di Perlahan Lepaskanmu ini. Semoga kalian suka," ucapnya.

Baca juga: Lomba Sihir Suguhkan Musik yang Berbeda dalam Single Ribuan Memori

Meski sudah meluncurkan single pertama, diakui oleh Raissa proses rekaman single kedua ini tetap menghadirkan tantangan tersendiri bagi penyanyi kelahiran 5 Desember 2000 ini. Butuh sekitar dua bulan baginya dari saat menerima lagu ini hingga akhirnya masuk dapur rekaman.

"Tantangan yang aku rasakan mungkin saat workshop karena kami harus menemukan tempo dan key yang pas untuk suaraku. Akhirnya, dibuatlah beberapa versi untuk aku coba dan ditentukan saat rekaman," kata perempuan lulusan London School of Public Relation itu.

Setelah merilis single kedua, Raissa pun mengaku masih banyak hal yang ingin ia capai dalam karier bermusiknya mulai dari meraih puluhan juta stream untuk lagu-lagunya, tampil di festival musik besar, hingga tur konser sambil berkeliling kota bahkan negara.

“Aku memang masih terhitung baru di dunia industri musik dan masih ada segunung impian yang ingin aku wujudkan. Doakan saja semoga semua itu bisa terwujud," imbuh kekasih aktor Arbani Yasiz itu.

Baca juga: Ekspresi Kerentanan Hati Solois Keenan Tee dalam Single Scars

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Menelusuri Ruang Imajiner Perupa Rahayu Retnaningrum dalam Pameran Tension Attention

BERIKUTNYA

Sejarawan JJ Rizal Sebut Industri Buku Indonesia Bak Hutan Belantara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: