dok. Spotify

Ini Lima Musisi Muda Berbakat Versi Spotify

15 January 2022   |   15:50 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

2021 menjadi tahun yang luar biasa bagi kancah permusikan di Indonesia dengan banyaknya karya-karya baru bermunculan yang berhasil mengambil perhatian penggemar musik lokal. Di sepanjang tahun, banyak artis Indonesia mewarnai jajaran peringkat atas chart musik di Indonesia.

Nama-nama seperti Gangga dan Nadin Amizah, yang memulai karir musik mereka kurang dari lima tahun lalu, pun berhasil menorehkan sejumlah prestasi. Mereka masuk dalam daftar artis Indonesia yang paling banyak didengarkan, dengan lagu-lagu mereka menjadi salah satu lagu yang paling banyak diputar di Spotify menurut data Spotify Wrapped 2021.

Memasuki tahun 2022, tentunya akan lebih banyak karya musisi-musisi muda ini dapat terus meraih lebih banyak pencapaian. Sebagaimana mereka berhasil mengambil hati para penggemar di tahun 2021, sangatlah memungkinkan bagi mereka untuk terus memikat kita semua di tahun ini.

Berikut Lima musisi muda berbakat yang mampu menorehkan sederet prestasi di tahun 2021, baik secara lokal maupun global.

1. GANGGA
 

Gangga (dok. Spotify)

Gangga (dok. Spotify)


Daya tarik musik GANGGA makin dirasakan melalui album perdananya, It's Never Easy. Dia sukses mencuri perhatian berkat lagu populer “Blue Jeans” yang dirilis pada 2020 dan menjadikannya salah satu artis RADAR Spotify yang paling memukau di sepanjang 2021.

“Blue Jeans” telah diputar lebih dari 90 juta kali di Spotify hingga hari ini. Pencapaiannya tersebut berhasil menempatkannya di deretan 10 artis Indonesia yang paling banyak didengarkan di Indonesia. Tak hanya itu, “Blue Jeans” juga menjadi lagu yang paling banyak diputar kedua oleh artis lokal di Indonesia dalam Spotify Wrapped 2021.

Menyusul kesuksesannya pada 2021, musik-musik GANGGA selanjutnya patut untuk dinantikan pada 2022 sebagaimana karyanya kini makin banyak didengarkan akhir-akhir ini. Kini ia memiliki lebih dari 2 juta pendengar bulanan di Spotify.

“Saya tidak pernah menyangka akan berada di titik ini dalam hidup saya. Saya memulai karir bermusik dengan mengeluarkan single secara independen dan akhirnya berkesempatan untuk merilis album debut saya tahun lalu," kata GANGGA

"Saya sangat bersyukur dapat mencapai titik ini sekarang, dan sangat berterima kasih pada Spotify karena platform ini memberikan ruang dan kesempatan untuk menjangkau lebih banyak pendengar, tak hanya di Indonesia tetapi juga secara internasional. Spotify sangat membantu musisi muda seperti saya dan saya menantikan kesempatan untuk bekerja sama lebih lanjut di tahun 2022,” lanjutnya.

2. Nadin Amizah
 

Nadin Amizah

Nadin Amizah (dok. Spotify)


Musisi muda Nadin Amizah juga menjadi fenomena dalam skena musik lokal hari ini dengan lagu-lagunya meraih perhatian penggemar-penggemar musik di Indonesia.

Album perdananya, Selamat Ulang Tahun yang dirilis tahun 2020, memperoleh sejumlah pujian dari penggemar dan kritikus musik. Kesuksesan Nadin juga tampak dari pencapaiannya di Spotify saat ia menjadi bagian dari kampanye global Spotify yaitu EQUAL, serta menjadi artis perempuan Indonesia yang paling banyak didengarkan di Spotify.

Single “Bertaut” juga menjadi lagu oleh artis Indonesia yang paling banyak didengarkan ketiga di Spotify, menurut data Spotify Wrapped 2021. Tak hanya itu, album musik terbarunya, kalah Bertaruh, juga dinominasikan sebagai Best Pop Album dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2021.

“Sepanjang tahun 2021, saya dapat terhubung dengan para penggemar dengan cara dan skala yang tidak pernah saya alami sebelumnya. Dengan lebih banyak pendengar yang menemukan karya-karya saya melalui Spotify di tahun 2021, saya dapat menjangkau lebih banyak pendengar lewat karya-karya saya," kata Nadin.

"Hal ini sungguh memberikan perasaan yang luar biasa bagi saya. Dengan segala hal menakjubkan yang terjadi di sepanjang tahun 2021, saya sangat menantikan proyek-proyek musik yang lebih seru ke depannya," sambungnya.

3. Tiara Andini

Tiara Andini merupakan runner-up pada ajang Indonesian Idol 2019. Dia makin dikenal setelah sukses mengeluarkan hit berjudul “Maafkan AKu #TerlanjutMencinta” pada tahun 2020.

Dia juga merilis album debutnya yang berjudul sama seperti namanya pada Desember 2021 dan memuat hit-hit terbarunya seperti “Merasa Indah” dan “Buktikan” yang juga menampilkan Vidi Aldiano. Berdasarkan data Spotify Wrapped 2021, Tiara Andini masuk ke dalam deretan 10 artis perempuan Indonesia yang paling banyak diputar sepanjang tahun.

Dengan dukungan para pendengar dan fanbase setianya, Mootiara, Tiara Andini sepertinya tak terhentikan untuk terus melejit dan siap untuk hal-hal seru dalam perjalanan musiknya di tahun 2022.

4. Juicy Luicy

2021 merupakan tahun yang luar biasa bagi Juicy Luicy. Mereka berhasil menarik perhatian penggemar musik melalui album perdana mereka, “Sentimental”, yang menjadi salah satu album artis Indonesia yang paling banyak diputar di Spotify Wrapped 2021.

Selain album tersebut, single mereka “Lantas” juga menjadi salah satu lagu artis Indonesia yang paling banyak diputar di Spotify. Prestasi tersebut turut mengantarkan band ini menjadi band yang paling banyak di Spotify menurut data Spotify Wrapped 2021.

Menjadi salah satu artis pendatang baru yang berhasil mendapatkan beberapa pencapaian bergengsi, Juicy Luicy tentunya menjadi salah satu artis yang tidak ingin Anda lewatkan di tahun 2022 ini.

5. Kaleb J
 

Kaleb J (dok. Spotify)

Kaleb J (dok. Spotify)


Pada tahun 2021, Kaleb J berhasil mencuri perhatian pendengar musik Indonesia melalui hit sukses-nya “It’s Only Me - Studio Version” dan “Now I Know”.

“It’s Only Me - Studio Version’ bahkan sempat menduduki peringkat teratas tangga lagu Spotify Indonesia selama beberapa minggu. Single ini juga menjadi salah satu lagu artis Indonesia yang paling banyak didengarkan di Indonesia berdasarkan data Spotify Wrapped 2021. Kedua lagu tersebut baru-baru ini juga masuk ke debut EP Kaleb J berjudul “Melancholy” yang telah diluncurkan tahun lalu.

Mengikuti peluncuran EP ini dan beberapa musiknya yang menjadi salah satu lagu yang paling banyak diputar di Spotify, Kaleb J jelas merupakan musisi pendatang baru yang tidak boleh Anda lewatkan di tahun 2022.

Dalam upaya berkelanjutan untuk mendukung artis pendatang baru, Spotify telah mengikutsertakan artis-artis Indonesia dalam program global seperti RADAR dan EQUAL, yang memberikan peluang besar bagi para musisi untuk memperkenalkan karya musik mereka kepada pendengar yang lebih luas.

Program-program ini juga sekaligus memberikan lebih banyak informasi kepada penggemar dari seluruh dunia tentang artis baru dan menjanjikan dari skena musik Indonesia.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Simak Sinopsis Serial Peacemaker yang Tayang di HBO Max

BERIKUTNYA

Eunha, SinB & Umji Akan Debut Ulang sebagai VIVIZ pada Februari 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: