Pamungkas (Dok. Pamungkas/Instagram)

Dua Kali Berturut-turut, Pamungkas Jadi Musisi Paling Ngetop di Spotify

02 December 2021   |   13:53 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Spotify Wrapped hadir kembali hari ini. Melalui fitur tahunan tersebut, Spotify mengumumkan daftar artis, lagu, dan album teratas yang paling sering didengarkan oleh para penggunanya sepanjang tahun 2021. Tahun ini, Pamungkas dinobatkan sebagai artis lokal yang paling banyak didengarkan di Spotify di Indonesia.

Pencapaian ini menjadikan Pamungkas sebagai artis lokal pertama yang berhasil menempati posisi puncak selama dua tahun berturut-turut.

Tidak hanya itu, lagu hitsnya “To The Bone”, yang memecahkan rekor di Spotify awal tahun ini sebagai lagu lokal yang menduduki posisi nomor 1 terlama di tangga lagu Indonesia Top 50, juga menjadi lagu yang paling banyak didengarkan di Indonesia pada 2021.

Selain Pamungkas, artis lokal yang paling banyak didengarkan di Spotify tahun ini yaitu Tulus, Nadin Amizah, Rizky Febian, dan Ardhito Pramono. 
 

(Dok. Spotify)

(Dok. Spotify)

Menanggapi pencapaian ini, Pamungkas mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan para penggemarnya sampai hari ini. Menurutnya, dia tidak akan bisa berada di posisi sejauh ini tanpa dukungan para penggemarnya yang setia.

Pelantun To The Bone itu juga mengaku selama ini bermusik secara independen dan memiliki sumber daya yang terbatas untuk memperkenalkan musiknya.

“Jujur, saya masih kaget dengan pencapaian ini. Secara mengejutkan, musik saya ternyata tetap bisa ditemukan, dicintai, dan didengarkan begitu banyak orang di berbagai negara,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/12/2021).
 

Dok. Spotify

Dok. Spotify

Sementara itu, lagu paling banyak didengarkan kedua di Indonesia adalah Blue Jeans oleh GANGGA, salah satu Spotify RADAR Artist, dan disusul oleh lagu Bertaut yang dibawakan Nadin Amizah dari debut albumnya yang bertajuk Selamat Ulang Tahun.

Prestasi tiga musisi lokal dalam jajaran tiga teratas ini menjadi sinyal bahwa ketertarikan pendengar pada musik lokal meningkat. Adapun, lagu keempat yang paling banyak didengarkan di Indonesia adalah Here’s Your Perfect oleh penyanyi asal Inggris, Jamie Miller, disusul At My Worst oleh Pink Sweat$ yang menempati urutan kelima.

Adapun, jajaran lima teratas dari lagu lokal paling banyak didengarkan setelah To The Bone, Blue Jeans, dan Bertaut adalah lagu Lantas oleh Juicy Luicy dan Melukis Senja oleh Budi Doremi. Masing-masing lagu tersebut telah didengarkan lebih dari 40 juta kali hingga hari ini di Spotify.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Ini 3 Strategi Komunikasi Perusahaan pada Masa Pandemi

BERIKUTNYA

Filmmaker Merapat! Yuk Ikutan Program Etalase Kota dari Viddsee

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: