Love Bridge, Kepulauan Seribu. (Sumber gambar: Unsplash/Eggy Febryano)

Lebaran Enggak Mudik? Cek 6 Wisata Alternatif Sekitar Jakarta Selain Puncak

21 April 2023   |   16:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Momen Idulfitri menjadi ajang bagi masyarakat untuk mudik ke kampung halaman demi bertemu dan bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara. Namun, tidak semua bisa melakukannya karena berbagai alasan. Meski begitu, bukan berarti kita tidak bisa menikmati libur Lebaran hanya karena tidak mudik.  

Salah satu kegiatan yang bisa dinikmati untuk merayakan hari libur Lebaran adalah melancong ke berbagai tempat wisata. Bila kamu berada di Jakarta dan tahun ini tidak bisa mudik, ada baiknya untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata guna melepas penat. 

Tak hanya kawasan Puncak, Bogor yang terkenal dengan pemandangannya, wilayah di sekitar Jakarta juga menyimpan destinasi yang patut dikunjungi pada momen Lebaran tahun ini. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya. Simak yuk! 

Baca juga: Cek Jadwal Operasional KRL pada Momen Lebaran 2023


1. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu. (Sumber gambar: Unsplash/Eggy Febryano)

Kepulauan Seribu. (Sumber gambar: Unsplash/Eggy Febryano)

Selain Puncak, Bogor destinasi satu ini memang kerap menjadi tujuan masyarakat saat liburan tiba. Namun, berbeda dengan Puncak yang menawarkan hijaunya pegunungan, Kepulauan Seribu justru memberi pengalaman untuk menikmati debur ombak dan air jernih dari berbagai pantai yang masih asri.

Kepulauan Seribu masih menjadi wilayah bagian administrasi Pemerintah Provinsi DKI jakarta. Bagi yang ingin ke sana, kamu pun bisa mengaksesnya melalui Pelabuhan Muara Angke dan Pelabuhan Marina, lalu melanjutkan dengan naik kapal.

Sesuai namanya, di kawasan ini Genhype juga bisa mengunjungi deretan pulau-pulau yang eksotis. Beberapa di antaranya termasuk Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Macan, Pulau Ayer, hingga Pulau Tidung yang semuanya menawarkan keindahan yang tak tepermanai.
 

2. Sentul

Curug Putri Kencana adalah salah satu destinasi wisata di  Sentul (sumber gambar ilustrasi: pexels/pixabay)

Curug Putri Kencana adalah salah satu destinasi wisata di Sentul (Sumber gambar ilustrasi: pexels/pixabay)

Sentul menjadi kawasan yang sering dikunjungi wisatawan saat momen liburan tiba. Lokasinya pun cukup dekat dan dapat diakses dalam kurun waktu sekitar 2 jam dengan kendaraan bermotor atau transportasi umum, baik KRL atau Transjabodetabek dari Jakarta dan sekitarnya.

Tak hanya itu, kawasan yang terletak di Babakan Madang, Kabupaten Bogor ini juga dikenal dengan fasilitas ikonik seperti sirkuit balap. Namun, selain destinasi tersebut, Sentul juga menawarkan berbagai tempat wisata menarik. 

Beberapa di antaranya termasuk Goa Agung Garunggang, Sawah Segar Sentul, Jungle Land, Mandapa Kirana Resort, Curug Putri Kencana, Taman Budaya Sentul, hingga Pasar Apung Ah Pong dengan berbagai ragam kulinernya yang dapat memanjakan lidah. 
 

3. Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh  (sumber gambar Unsplash/ Aditya Pradipta)

Geopark Ciletuh (Sumber gambar: Unsplash/ Aditya Pradipta)

Terletak di Sukabumi, Jawa Barat, Geopark Ciletuh juga menawarkan berbagai pilihan wisata alam yang masih asri termasuk pantai dan air terjun. Dengan lanskapnya yang indah dan unik, tempat ini memang menawarkan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Laman Sukabumikab.go.id menuliskan, kawasan geopark ini memiliki luas sekitar 126.100 hektare area yang meliputi delapan kecamatan dan 74 desa. Kawasan wisata ini pun sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia yang harus dirawat dan dijaga pada 2018.

Adapun, beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi termasuk Pantai Cimaja, Palangpang, Pangumbang, hingga Ujung Genteng. Namun, bagai yang ingin menikmati keindahan air terjun maka bisa berkunjung ke Curug Cimarinjung, Cikaso, Luhur, Sodong dan masih banyak lagi.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga saat Hari Raya
1
2


SEBELUMNYA

Sejarah & Cara Sederhana Memperingati Hari Kartini 2023, Yuk Jadi  Kartini Masa Kini

BERIKUTNYA

6 Fitur Unggulan Ponsel Pintar iQOO Z7 Series 5G yang Dukung Aktivitas Liburan di Hari Raya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: