Nusa Penida, salah satu destinasi wisata di Bali. (Sumber gambar: Freepik/Tawatchai07)

Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga saat Hari Raya

14 April 2023   |   07:47 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Idulfitri menjadi waktu yang pas untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga tercinta. Tidak selalu dari rumah ke rumah, banyak aktivitas yang bisa dilakukan, termasuk berlibure tempat wisata pada saat hari raya. Buat yang masih bingung harus pergi kemana, kalian bisa berkunjung ke taman hiburan, pantai, hingga landmark budaya.

Ketika ke taman dan wahana hiburan, tdak ada yang bisa menandingi adrenalin yang terpacu saat kalian mendorong batas kemampuan serta mengalami sesuatu yang baru dan menarik. Untungnya, ada banyak destinasi di Indonesia yang menyediakan pengalaman keluarga yang pasti akan memompa adrenalin kalian. 

Baca juga: Libur Lebaran Mau Jalan-Jalan? Coba Cek Spot Wisata di Jalur Pantura Ini!

Genhype bisa menjajal Bali Waterbom. Taman air yang populer di Kuta, Bali ini terkenal dengan seluncuran airnya yang mendebarkan, termasuk seluncuran terpanjang di Asia dan seluncuran yang mendorong kalian ke atas dan ke bawah dinding yang nyaris vertikal.

Taman ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang menenangkan seperti kolam arus dan swim-up bar agar pengunjung dapat bersantai. Tempat ini merupakan destinasi yang tepat bagi keluarga yang mencari pengalaman seru dan penuh petualangan di Bali.

Tidak jauh dari Jakarta, kalian bisa berkunjung ke Gunung Pancar, destinasi populer untuk wisata off-road dan ATV. Gunung Pancar yang terletak di Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat ini menawarkan berbagai jalur untuk semua tingkat kemampuan, dan pengunjung dapat menyewa ATV atau membawa kendaraan sendiri.

Alternatif untuk menikmati wahana bersama keluarga yakni BSD Xtreme Park. Berlokasi di BSD City, Tangerang, destinasi ini menawarkan beragam aktivitas seperti paintball, wahana ATV off-road, panjat dinding, dan flying fox, serta skatepark, lintasan BMX, dan taman trampolin. BSD Xtreme Park merupakan destinasi yang tepat bagi keluarga yang mencari pengalaman yang mendebarkan.
 
Namun buat kalian yang ingin lebih santai, pergi saja ke pantai. Pantai cocok sebagai tempat liburan yang sempurna untuk berfoto dan menikmati dinginnya air laut dan sejuknya angin. Indonesia memiliki banyak pantai ciamik untuk kamu kunjungi bersama keluarga. Genhype bisa ke Pantai Pink yang ada di Pulau Komodo. 

Pantai unik ini adalah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna merah muda. Warnanya berasal dari organisme kecil berwarna merah yang disebut foraminifera yang hidup di terumbu karang yang mengelilingi pantai tersebut. Perairan di Pantai Pink sangat jernih, dan ada banyak kesempatan untuk snorkeling dan menyelam.

Buat Genhype yang ingin menyaksikan kumpulan pulau dengan pantai pasir putih, perairan berwarna turkis, dan beberapa tempat menyelam terbaik di dunia, yuk ke Kepulauan Derawan yang terletak di Kalimantan Timur. Atau, ke Kepulauan Raja Ampat, kumpulan pulau di Papua Barat yang terkenal dengan keanekaragaman hayati lautnya yang tak tertandingi, dengan lebih dari 1.000 spesies ikan dan 600 spesies karang. 

Kepulauan Raja Ampat juga merupakan rumah bagi berbagai spesies burung, termasuk burung Cendrawasih Wilson yang menakjubkan. Pantai-pantainya yang masih asli menambah daya tarik pulau-pulau ini secara keseluruhan.
 
Apabila orang tua ingin wisata seraya edukasi, landmark budaya bisa menjadi solusi yang tepat. Indonesia adalah negara yang kaya akan sejarah dan budaya, serta pusat-pusat warisan budaya yang menyediakan banyak hal untuk dipelajari. 

Dari museum hingga candi kuno, ada beragam destinasi yang dapat dipilih. Baik pengunjung yang menyukai sejarah atau sekadar ingin tahu tentang tradisi dan adat istiadat negara, mengunjungi landmark budaya adalah cara yang tepat untuk menghabiskan libur Lebaran.

Rekomendasi tempat landmark budaya yang bisa dikunjungi bersama keluarga saat hari raya yakni Kompleks Candi Gedung Songo. Kompleks 9 candi Hindu kuno yang terletak di lereng Gunung Ungaran di Jawa Tengah. Pengunjung dapat menjelajahi kompleks dan keindahan alam di sekitarnya sambil belajar tentang sejarah dan arti penting dari candi-candi tersebut.

Ada pula Goa Gajah. Kompleks pura Hindu-Buddha kuno di Bali ini menampilkan ukiran makhluk mitologi dan kolam pemandian suci, dan pengunjung dapat menjelajahi berbagai bangunan dan tempat pemujaan, serta taman dan sawah di sekitarnya.

Buat warga Jakarta ataupun perantau yang memilih tidak ulang kampung, bisa berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah. Taman budaya yang telah direvitalisasi ini menampilkan keragaman budaya, tradisi, dan gaya arsitektur Indonesia. Pengunjung dapat menikmati berbagai rumah adat, museum, wahana dan pertunjukan dari berbagai provinsi di Indonesia.

Baca juga: Pilihan Resor & Vila di Bogor untuk Akhir Pekan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Jurus Jitu Jaga Tubuh Tetap Fit Saat Puasa di Hari-hari Terakhir Ramadan

BERIKUTNYA

10 Pantangan saat Wawancara Kerja yang Tidak Disukai oleh HRD

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: