Ilustrasi wanita Indonesia (Sumber gambar: Cok Wisnu/Unsplash)

Sejarah & Cara Sederhana Memperingati Hari Kartini 2023, Yuk Jadi  Kartini Masa Kini

21 April 2023   |   12:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Hari Kartini diperingati pada 21 April setiap tahunnya. RA Kartini merupakan satu di antara pahlawan  yang dikenal dengan pejuangan besarnya dalam meneggakkan hak-hak perempuan di masa kemerdekaan. Berkat semangatnya, wanita Indonesia bisa mendapat hak yang sama dan setara dengan pria. 

Sejak 2 Mei 1964, RA Kartini telah ditetapkan sebagai Palawan Nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No 108 Tahun 1964 yang dikeluarkan Presiden Soekarno. Namun, peringatan Hari Kartini ditetapkan pada 21 April karena bertepatan dengan momen kelahirannya.


Sejarah Hari Kartini

Perayaan Hari Kartini 1951 (Sumber gambar: Arsip Nasional RI)

Perayaan Hari Kartini 1951 (Sumber gambar: Arsip Nasional RI)


Pahlawan wanita yang juga identik dengan istilah Habis Gelap, Terbitlah Terang ini memiliki sejarah panjang dalam memperjuangkan hak perempuan di Indonesia. Menjadi putri seorang bangsawan bernama RM Sosroningrat tak lantas membuatnya memiliki mental putri. Dia selalu bergerak dan aktif dalam menyuarakan kesetaraan wanita di Indonesia.

Kartini dilahirkan di Jepara, Jawa Tengah pada 21 April 1879 dari rahim seorang ibu bernama Mas Ajeng Ngasirah. Bisa dikatakan, Kartini menjadi salah satu wanita yang beruntung pada masa kecilnya. Kala itu, hanya anak dengan orang tua pejabat dan bangsawan  yang diperbolehkan menempuh pendidikan di Europesche Lagere School (ELS) yang setingkat dengan Sekolah Dasar. Pada 1885, Kartini mengasah wawasan dan kemampuan berbahasanya dengan  tekun bersekolah.

Akan tetapi, Kartini terpaksa tak melanjutkan pendidikannya karena permintaan Ayahnya untuk meneruskan adat sebagai putri bangsawan. Meski demikian, semangat belajar Kartini tak pernah surut. Rumahnya penuh dengan buku pengetahuan yang senantiasa dibacanya saat berdiam di rumah.

Rasa penasarannya mengenai kehidupan perempuan meninggi. Dia terinspirasi dengan pola pikir wanita-wanita Belanda. Dari sanalah hati Kartini tergerak untuk membuat para perempuan Indonesia maju. Untuk mewujudkan mimpinya itu, Kartini berjuang keras dalam menegakkan hak wanita yang harus setara dengan pria, misalnya dalam hal pendidikan.

Baginya, wanita harus punya bekal ilmu pendidikan yang baik. Kartini menghabiskan waktu untuk mengajari para perempuan dalam hal tulis baca, termasuk juga ilmu pengetahuan lainnya. Atas jasanya tersebut, pemerintah memberi penghargaan dan penghormatan kepada pejuangan Kartini atas segala kerja kerasnya.
 

Cara Memperingati Hari Kartini

Banyak wanita yang terinspirasi menjadi Kartini masa kini. Dengan maksud meneruskan obor perjuangan Kartini, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menggelorakan semangat Kartini. Berikut beberapa cara yang bisa jadi inspirasi dalam memperingati Hari Kartini 2023:
 

1. Donasi Buku

Karena Kartini dikenal sebagai wanita yang suka membaca buku, kamu bisa menularkan semangat yang sama dengan cara mendonasikan buku-buku pengetahuan. Buku yang didonasikan bisa berupa buku novel, buku belajar anak, atau buku-buku Ilmu lainnya.

Genhype bisa cek dulu di rak buku kalian nih, kira-kira buku mana saja yang sudah selesai dibaca. Kamu bisa memberikannya ke komunitas literasi, panti asuhan, atau sekolah-sekolah di pedesaan. Dengan mendonasikan buku, kamu turut menyemarakan semangat baca buku yang dilakukan Kartini pada masanya loh!
1
2


SEBELUMNYA

Cek Jadwal Operasional KRL pada Momen Lebaran 2023

BERIKUTNYA

Lebaran Enggak Mudik? Cek 6 Wisata Alternatif Sekitar Jakarta Selain Puncak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: