Ilustrasi seorang merayaan lebaran di ruangan terbuka (Sumber gambar: Unsplash/Ochimax Studio)

Intip 10 Kegiatan Menyambut Idulfitri agar Lebaran Kalian Lebih Berkesan

19 April 2023   |   18:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri yang ditunggu-tunggu tinggal menghitung hari nih Genhype. Setelah sebulan penuh menjalani puasa, tentu akan ada banyak kegiatan yang kalian jalani untuk merayakan Lebaran bersama keluarga atau kerabat di rumah.

Sebagian masyarakat pun sudah ada yang berangkat mudik untuk merayakan Lebaran di kampung. Sebagian lainnya juga ada sedang menyiapkan aneka menu favorit untuk menyemarakkan Idulfitri, seperti membuat kue hingga berburu baju baru Lebaran.

Baca juga: Lebaran Tiba! Intip 5 Kiat Tetap Sehat saat Merayakan Idulfitri

Nah, bagi kalian yang ingin momen Lebaran tahun ini jadi lebih berkesan, yuk simak berbagai rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan untuk menyambut momen Idulfitri tahun dalam ulasan berikut. 


1. Membersihkan Rumah

Hari raya Idulfitri selalu identik dengan kegiatan silaturahmi, baik dari keluarga, kerabat, dan teman terdekat. Maka dari itu, kemungkinan besar kamu juga akan menerima lebih banyak tamu yang berkunjung ke rumah saat Lebaran tiba Genhype.

Agar mereka nyaman saat berkunjung, kamu pun harus memastikan area rumah  bersih dan tertata rapi ya. Tak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan dekorasi khas Lebaran, seperti ketupat atau ucapan Idulfitri di beberapa titik rumah.
 

2. Mengecat Rumah 

Tradisi mengecat rumah menjelang Lebaran juga bisa dilakukan agar suasana hunian menjadi berbeda dibanding hari-hari biasa. Jadi, bukan hanya baju yang kalian kenakan yang harus baru, warna cat di rumah yang sudah kusam pun perlu diperbarui untuk menyambut Lebaran.

Selain membuat rumah menjadi terlihat lebih rapi, aktivitas ini pun bisa menjadi bonding time bersama keluarga. Kalian pun bisa saling bekerja sama dengan orang tua atau saudara untuk memberi tampilan dan nuansa yang berbeda dengan warna cat yang telah disepakati.

Baca juga: Kalian Juga Bisa Cek Loh, Ide Dekorasi Ruang Tamu & Ruang Makan yang Ciamik Untuk Sambut Lebaran


3. Membuat Kue Lebaran

Kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk menyambut momen Lebaran adalah menghias kue yang akan disuguhkan pada tamu yang berkunjung. Saat waktu luang atau libur tiba, kamu bisa bereksperimen dengan membuat berbagai kue kering di rumah. 

Memang, saat ini sudah ada banyak penjaja kue untuk Lebaran baik di loka pasar maupun supermarket. Namun, jika kue yang kamu buat disajikan pada tamu dan mereka suka, tentunya akan ada kebanggaan dan kesan tersendiri karena telah berhasil menjamu mereka dengan baik. 


4. Mengirim Hamper

Kendati tahun ini kita sudah bisa bersilaturahmi secara langsung, tapi tak ada salahnya juga loh untuk tetap mengirim hampers atau bingkisan Lebaran ke orang terdekat. Hal ini tentu juga akan memberi kesantersendiri bagi kalian.

Terlebih, saat ini ada banyak produk yang bisa dijadikan sebagai hampers lebaran. Bukan hanya makanan seperti kukis, atau kue kering semata, melainkan juga peralatan salat, piring bermotif unik, baju koko, mukena, sarung dan masih banyak lagi yang disesuaikan dengan budget di kantong.


5. Silaturahmi ke Handai Taulan

Kegiatan lebaran Idul Fitri selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah berkunjung ke rumah keluarga atau handai taulan. Kegiatan satu ini memang telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang dilakukan secara turun temurun di mana yang muda mengunjungi yang tua untuk saling bermaaf-maafan.

Selain mempererat tali silaturahmi kegiatan ini tentu juga menjadi obat kangen terhadap kerabat atau keluarga yang jarang ditemui. Pasalnya, sebagian besar masyarakat Indonesia memang banyak yang merantau dan jarang bertemu keluarga kecuali di momen Lebaran.

Baca juga: Rekomendasi Ucapan Idulfitri yang Lebih Hangat & Personal
1
2


SEBELUMNYA

Intip Tatapan Tajam Lisa BLACKPINK ke Taeyang BIGBANG dalam Teaser Down to Earth

BERIKUTNYA

Kenali Kadar dan Fungsi SPF di Tabir Surya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: