Opor menjadi salah satu kudapan yang identik dengan momen Lebaran (Sumber gambar: Freepik)

Lebaran Tiba! Intip 5 Kiat Tetap Sehat saat Merayakan Idulfitri

19 April 2023   |   11:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri merupakan momen penting bagi umat muslim untuk merayakan kemenangan. Setelah berpuasa sebulan penuh, masyarakat Indonesia umumnya akan berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Lebaran serta bersilaturahmi ke handai taulan.

Hari istimewa ini pun biasanya dihiasi dengan hidangan-hidangan khas yang menggugah selera untuk disantap. Beberapa di antaranya tentu saja opor ayam, rendang, gulai, kue kering, dan berbagai macam makanan khas Lebaran lainnya.

Namun, jika diperhatikan, menu-menu di atas memiliki kadar lemak dan kolesterol tinggi. Oleh karena itu bila dikonsumsi secara berlebihan akan dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti hipertensi hingga diabetes.

Nah, bagi kamu yang ingin momen lebarannya tetap tampil prima, jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Dihimpun dari  sumber resmi, berikut kiat-kiat menghindari penyakit saat Lebaran tiba. 

Baca juga: 6 Cara Menjaga Berat Badan Saat Lebaran, Dijamin Enggak Bikin Badan Lebar-an


1. Perhatikan Porsi Makanan

Menghindari semua godaan makanan yang ada saat Lebaran tiba memang berat, Namun, poin penting saat menikmati hidangan tersebut adalah memperhatikan dan mengatur porsi makan. Jadi, jangan sampai kamu kalap saat melihat berbagai hidangan yang tersaji di atas meja.

Adapun, salah satu cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuat perencanaan terlebih dahulu. Kamu bisa membuat perencanaan dengan keluarga mengenai kudapan apa saja yang akan disajikan saat Lebaran. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan opsi hidangan yang lebih sehat untuk dibawa saat bertemu keluarga. 
 

2. Konsumsi Sayur dan Buah

Karena menjadi momen tahunan, Lebaran kadang kala juga membuat pola makan jadi berantakan. Selain tergiur dengan berbagai godaan makanan yang ada, kita pun sering kalap untuk mencoba berbagai menu yang disajikan oleh keluarga saat bersilaturahmi ke rumah mereka.

Oleh karena itu tetap perhatikan asupan empat sehat lima sempurna ya Genhype. Salah satunya dengan mengonsumsi sayur dan buah yang cukup akan dapat mengimbangi kolesterol dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan selama momen Lebaran tiba. 
 

3. Perbanyak Minum Air Putih

Selain mengontrol pola makan, hal lain yang patut diperhatikan saat momen Lebaran tiba adalah kebutuhan cairan di dalam tubuh. Salah satunya tentu dengan memperbanyak asupan air mineral agar kalian tetap terhidrasi dan tubuh tetap fit saat menjalani aktivitas.

Pasalnya, selain mampu mengembalikan kadar elektrolit yang hilang dari tubuh melalui urin maupun keringat, dengan memperbanyak asupan air putih juga akan menggantikan bikarbonat, klorida, potassium, dan sodium kembali di dalam tubuh kamu yang berguna untuk kesehatan. 
 

4. Hindari Makan Kue Kering saat Perut Kosong

Kue kering seringkali terbuat dari bahan mentega yang mengandung lemak trans. Mengonsumsi makanan ini saat perut kosong juga akan memengaruhi kenaikan asam lambung di dalam tubuh. Dalam jangka panjang, lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. 

Tak hanya itu, kue kering yang tinggi tepung, gula, dan telur juga akan membuat perut tidak nyaman jika mengonsumsinya secara berlebihan. Oleh karena itu sebisa mungkin isi perut kalian sebelum menyantap camilan seperti kastengel, nastar atau yang lainnya ya Genhype.
 

5. Lakukan Puasa Sunah & Kelola Stres

Setelah Lebaran tiba kamu juga bisa menjalankan puasa Syawal selama enam hari yang disunahkan dalam Islam. Puasa ini bisa menjadi salah satu cara untuk tetap menjaga kesehatan selama momen-momen libur Lebaran tiba agar tidak kalap untuk menyantap berbagai kudapan hari raya.

Selain itu, ada baiknya juga untuk mengelola stres yang terbukti membuat orang ingin makan secara berlebihan. Jangan lupa juga untuk tetap jaga kesehatan karena hingga saat ini masyarakat dunia juga baru beralih dari masa transisi pandemi ke endemi Covid-19. 

Baca juga: 3 Tip Mengolah Sisa Makanan Lebaran agar Tidak Menjadi Sampah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

BERIKUTNYA

8 Barang yang Tak Boleh Ketinggalan saat Mudik ke Kampung Halaman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: