Ilustrasi mengirimkan ucapan Idulfitri (Sumber gambar: Freepik/Jcomp)

Rekomendasi Ucapan Idulfitri yang Lebih Hangat & Personal

19 April 2023   |   06:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah sudah di depan mata. Pendatang yang tinggal di ibu kota pun mulai berbondong-bondong menjalani tradisi pulang ke kampung halaman alias mudik. Mereka ingin merayakan hari yang fitri ini dengan suka cita bersama-sama orang terkasih.

Kendati demikian, tidak sedikit pula yang memutuskan untuk tetap tinggal di tanah rantau. Selain karena ongkos yang mahal dan butuh  waktu yang lama di perjalanan, mereka memegang prinsip bahwa silaturahmi bisa dilakukan kapan saja dan dengan beragam cara. 

Seperti istilah, walaupun tangan tak mampu menjabat, silaturahmi harus tetap terjaga. Salah satu caranya yakni dengan memberikan ucapan Lebaran kepada keluarga, kerabat, teman, maupun kolega. Ucapan Lebaran akan terasa lebih lengkap, dengan mengirim foto, video, avatar, pesan suara, atau mengunggah status di WhatsApp. 

Nah, buat kamu yang masih bingung ucapan menarik untuk dikirimkan kepada orang tersayang maupun terdekat, berikut rekomendasi dari para publik figur hingga praktisi yang bisa kalian coba terapkan. Simak yuk! 

Baca juga: Bukan Minal Aaidiin wal Faaiziin, Ternyata Ini Ucapan Idulfitri yang Tepat Menurut Sahabat Nabi


1. Lebaran Adalah Rumah Untuk Pulang

“Selama masih ada rumah untuk pulang dan memulai segalanya, seperti bulan Ramadan yang selalu mampu mempertemukan momen intim untuk perjumpaan keluarga dan memulai kembali kebersamaan yang mungkin banyak terlewat. Ada haru, iya. Akan tetapi, rasa syukurnya pasti selalu terjaga. Bulan penuh maaf baik lahir dan juga batin untuk kita semua! Selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1444 H, semoga berkah serta niat kebaikan selalu mendekat pada kita di bulan yang siang dan malam harinya ini mulia ya!”

Ucapan yang dibuat musisi Kunto Aji ini terasa lebih personal. Menurutnya, kita bisa mengekspresikan segala bentuk kejadian atau momen menarik untuk dapat selalu dikenang. Jangan lupa juga untuk menuntun doa-doa baik sebagai bentuk terima kasih dan wujud syukur tentunya. “Jadikan kedekatan dan keseruan kamu sebagai kunci komunikasinya,” sarannya, dikutip Hypeabis.id dari siaran pers, Selasa (18/4/2023). 
 

2. Kata Maaf untuk Ibu

Marchella FP, Author & IP Owner 'Generasi90an' & 'Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini' memberikan inspirasi pesan ucapan Lebaran bagi ibu. “Mam, maafin aku ya. Sering jarang di rumah, sering sibuk kerja, sering gak sempat makan di rumah padahal itu masakan paling enak di dunia. Selamat Lebaran ya, semoga kita masih sempat rasain lebih banyak Lebaran bersama,” tuturnya.

Menurut Marchella, menulis pesan perlu kejujuran dari hati, tidak hanya formalitas dan duplikasi kata maaf yang rasanya jadi sama rata maknanya. Tidak selalu kata walau tangan tak sampai dan kalimat indah lainnya yang buat hati tersentuh. “Kadang sekadar menyematkan nama yang dituju, berucap jujur tanpa fitur pengirim seragam otomatis, rasanya jauh lebih bermakna,” ungkapnya.
 

3. Sisipkan Doa

“Seperti sungai yang terus mengalir, bulan suci Ramadan akan segera berakhir. Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair. Selamat Hari Raya Aidilfitri 1 Syawal 1444 H, mohon maaf lahir dan batin. Semoga berkah Ramadan, selalu mengalir untuk kita semua.”

Ucapan Lebaran dari psikolog Analisa Widyaningrum membawa ketulusan dan menyentuh hati. Dia mengatakan sebelum menuliskan rangkaian ucapan, ambil jeda seraya membayangkan sosok orang tersebut. Cobalah untuk menggambarkan apa yang kamu rasakan tentang mereka, lalu tuliskan betapa berharganya mereka, serta sampaikan maaf yang tulus dan kiriman doa harapan terbaik darimu. 
 

4. Sampaikan Maaf, Tunjukkan Apa yang Dirasa

“Pada bulan Ramadan ini, aku yakin harapan kita semua adalah menjadi pribadi yang lebih baik. Untuk kamu, semoga kita selalu bisa memaknai Lebaran bersama. Selamat Idulfitri 1444 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita semua bisa dipertemukan dengan Ramadan yang akan datang ya”.

Menurut Seniman Ayudia, hal yang paling penting dari penyampaian sebuah pesan adalah penekanan makna dan maksud dari pesan tersebut. Hal ini karena kita ingin orang yang dituju tahu atas maksud dari pesan yang disampaikan. 

“Jadi, ketika kita menyampaikan berbagai jenis pesan mulai dari pesan kasih sayang hingga ingin menyampaikan berbagai macam ekspresi lainnya, sehingga orang tersebut tahu apa yang kita rasakan dan apa yang ada di kepala kita,” tutur penulis buku Teman Tapi Menikah itu. 
 

5. Ucapan Sesuai KBBI

“Purna sudah puasa kita setelah sebulan penuh melalui Ramadan. Semoga segala amal kita diterima dan rahmatullah tercurah berlimpah kepada kita. Kini tiba saat merayakan hari kemenangan bersama kerabat dan sahabat. Selamat Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita dapat berjumpa lagi pada Ramadan berikutnya”.

Ivan Lanin, peneroka Bahasa Indonesia daring dan pencinta Bahasa Indonesia menyampaikan untuk membuat pesan yang lebih bermakna, gunakan fungsi ekspresi dan sosial bahasa. Fungsi ekspresi diterapkan dengan gaya bahasa, rangkaian kalimat, dan pilihan kata yang menyentuh rasa. 

Sementara itu, fungsi sosial diterapkan dengan sapaan atau kenangan personal yang mempererat hubungan. Kedua fungsi itu melengkapi fungsi komunikasi bahasa untuk penyampaian pesan yang efektif. 
 

6. Ucapan untuk Bapak-Bapak 

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Halo, Pak (…)! Selamat Hari Raya Idulfitri, semoga Allah menerima amal kita semua dan semoga Bapak dapat memaafkan semua kesalahan dan kekhilafan saya. Aamiin. Terakhir saya mau minta tolong, Pak. Nanti makan-makannya jangan heboh-heboh, nanti leher Bapak kekonci stang".

Menurut Konten Kreator bapak2ID, ada 3 hal yang penting saat mengirimkan pesan Lebaran. Pertama, mengirimkan pesan sebaiknya isinya hangat, terasa tulus, dan personal. Bukan pesan yang dikirimkan ke semua orang. Kedua, di bagian meminta maaf, jangan gunakan kata “jika”. Contoh “saya memohon maaf jika saya ada salah”. Menurutnya ini terdengar tidak tulus dan terlalu basa-basi. 

Terakhir, jangan terlalu panjang. “Ini bukan skripsi, Pak. Singkat tapi tetap manis ya,” jelas bapak2ID, akun Instagram dengan 1,3 juta pengikut yang banyak membuat postingan lucu dan bermanfaat tentang kehidupan dan tip sebagai ayah atau suami. 

Baca juga: Rekomendasi & Tip Memilih Baju Koko untuk Merayakan Lebaran

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tayang 26 April, Intip Trailer & Sinopsis The Good Bad Mother

BERIKUTNYA

Sinopsis Tale of the Nine Tailed 1938, Drama Terbaru Lee Dong-wook & Kim Bum

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: