Tiket adalah salah satu barang yang tidak boleh tertinggal saat mudik (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Torsten Dettlaff)

8 Barang yang Tak Boleh Ketinggalan saat Mudik ke Kampung Halaman

19 April 2023   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Mudik atau pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran Idulfitri menjadi ritual tahunan yang kerap dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya umat Muslim. Sebelum mudik, berbagai persiapan dilakukan agar perjalanan menjadi nyaman dan aman.

Persiapan mudik menjadi salah satu kegiatan yang terkadang cukup memakan energi. Bukan tanpa sebab, perjalanan pulang ke kampung halaman melibatkan seluruh keluarga, dalam waktu yang tidak sebentar, dan tidak jarang harus menempuh perjalanan jauh.

Kondisi tersebut membuat persiapan yang dilakukan tidak dapat sembarangan, terlebih jika kalian memiliki anak kecil dan bayi. Sejumlah individu kerap melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan ke kampung halaman tiba.

Di antara berbagai barang yang hendak dibawa dalam mudik, ada sejumlah barang yang tidak boleh tertinggal. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut barang-barang tersebut dalam versi Hypeabis.id.

Baca juga: Biar Enggak Waswas, Lakukan 10 Tip Ini Sebelum Meninggalkan Rumah Saat Mudik
 

1. Dompet dan Isinya

(Sumber gambar: Unsplash/Jonathan Duran)

(Sumber gambar: Unsplash/Jonathan Duran)

Barang pertama yang tidak boleh ketinggalan ketika akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman adalah dompet beserta isinya, seperti kartu anjungan tunai mandiri (ATM), kartu tanda penduduk, uang tunai, dan sebagainya.

Meninggalkan dompet beserta isinya di rumah ketika mudik bisa menjadi masalah besar, mengingat perjalanan membutuhkan biaya, sekalipun menggunakan angkutan mudik gratis yang disediakan oleh sejumlah pihak. Makanan dan minuman adalah contoh kecil yang kerap dibeli ketika hendak melakukan perjalanan.

Selain itu, bensin untuk kendaraan juga menjadi bagian yang harus dibeli ketika mudik menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat. Kartu tanda penduduk yang berada di dalam dompet juga penting dibawa guna menunjukkan identitas saat melakukan perjalanan. Sejumlah moda transportasi memerlukan bukti kartu identitas selain tiket ketika hendak naik ke dalamnya. 
 

2. Tiket

Barang lain yang tidak boleh tertinggal saat hendak melakukan perjalanan ke kampung halaman adalah tiket bus, kereta api, kapal, atau pesawat dalam bentuk fisik atau digital. Tanpa barang ini, potensi batal mudik bisa terjadi lantaran tiket adalah cara untuk menggunakan jasa transportasi umum.

Jika tiket yang dimiliki dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui surat elektronik, kalian perlu memastikan dapat mengaksesnya melalui gawai pintar atau laptop. 
 

3. Gawai

Selain dompet beserta isinya dan tiket, barang yang tidak boleh tertinggal adalah gawai pintar. Bukan rahasia umum jika segala aktivitas pada saat ini serba digital dan menggunakan gawai. Salah satunya adalah terkait dengan tiket moda transportasi umum yang berbentuk digital.

Tidak hanya itu, gawai pintar juga dapat memudahkan kalian berkomunikasi ketika salah satu di antara anggota keluarga terpisah di tempat keramaian seperti stasiun, terminal, atau bandara.

Gawai pintar juga bermanfaat sebagai petunjuk jalan ketika menggunakan kendaraan pribadi, baik menuju tujuan atau tempat lain seperti stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Berbagai informasi yang mungkin diperlukan dapat diakses melalui berita yang juga bisa dibaca dengan gawai pintar.

Tidak kalah penting, peranti smartphone dapat menjadi alat untuk mengisi perjalanan selama mudik dengan menonton film atau mendengarkan musik, sehingga tidak membosankan.

Baca juga: Mau Mudik Jalur Darat? Yuk Pantau Kemacetan Arus Lalu Lintas dengan 7 Aplikasi Ini
1
2


SEBELUMNYA

Lebaran Tiba! Intip 5 Kiat Tetap Sehat saat Merayakan Idulfitri

BERIKUTNYA

Cara Beli Tiket & Set List Konser D'Masiv Perayaan Dua Dekade

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: