Pastika semua pintu dan jendela terkunci sebelum meninggalkan rumah. (Sumber gambar: Pexels/Charlotte May)

Biar Enggak Waswas, Lakukan 10 Tip Ini Sebelum Meninggalkan Rumah Saat Mudik

18 April 2023   |   11:56 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang dilakukan menjelang atau setelah Hari Raya Idulfitri. Saat mudik, biasanya mereka akan meninggalkan rumah di tanah rantau dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman untuk merayakan Lebaran.

Rumah yang kosong saat ditinggal mudik pastinya akan menimbulkan rasa khawatir. Maka dari itu, sebelum mudik pastikan Genhype meninggalkan rumah dalam kondisi aman. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tak diharapkan, termasuk dibobol maling.

Baca juga: Cek Jadwal Contraflow Arus Mudik-Balik 2023, Biar Enggak Kena Macet! 

Nah, sebagai langkah pencegahan, ada baiknya kamu mengetahui tip meninggalkan rumah saat mudik Lebaran agar keamanannya lebih terjamin. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa tip meninggalkan rumah saat mudik yang perlu diperhatikan.


1. Titipkan Rumah ke Orang Terpercaya

Tip pertama yang wajib kamu lakukan saat hendak meninggalkan rumah adalah titipkan hunian ke orang terpercaya. Kamu bisa menitipkannya pada tetangga atau kerabat yang tidak mudik sehingga tetap merasa aman meski rumah ditinggalkan.

Selain menitipkan kunci rumah atau kunci kendaraan kamu pun bisa berpesan untuk sesekali menengok rumah atau sekedar menyalakan dan mematikan lampu. Sehingga, dengan cara ini rumah tidak akan terlihat kosong dan memancing kejadian yang tak diharapkan.


2. Lapor pada RT dan Pihak Keamanan

Setelah memberi mandat pada orang yang kalian percaya, ada baiknya juga untuk melapor pada RT atau pihak keamanan di komplek rumah kalian. Ini merupakan bentuk penjagaan berlapis, sehingga selain orang tersebut, pihak keamanan dan RT akan terus memantau rumah kalian.

Tak hanya itu, dengan melaporkannya ke RT kamu pun bisa menanyakan keadaan dan keamanan rumah dan lingkungan kalian selama mudik. Sebab, pihak keamanan akan terus berkeliling memantau keadaan rumah yang ditinggal mudik dan melaporkannya pada RT secara berkala.


3. Jangan Biarkan Rumah Terlihat Kosong

Tip aman selanjutnya saat meninggalkan rumah ketika mudik adalah jangan tunjukkan rumah dalam keadaan kosong. Adapun, ciri dari rumah yang terlihat tidak kosong adalah halamannya yang bersih atau lampunya yang menyala setiap hari.

Kondisi semacam inilah yang dapat memancing kejadian tidak diinginkan selama ditinggal mudik. Mengenai hal ini, kamu bisa meminta bantuan kerabat untuk menyalakan lampu dan membersihkan halaman rumah selama mudik. Atau kalian juga bisa menggunakan sistem lampu otomatis yang hanya akan menyala setelah matahari terbenam.


4. Bersihkan Rumah Sebelum Mudik

Sebelum mudik ada baiknya kamu juga membersihkan terlebih dulu rumah yang ditinggalkan. Hal ini tentunya akan membuat rumah tetap bersih dan terhindar dari debu, serangga, dan bau tidak sedap saat ditinggal pulang kampung.

Tak hanya itu, setelah perjalanan jauh dari kampung, kamu pun tidak akan menghabiskan tenaga ekstra karena kamu tingga menyapu lantai dengan ringan. Selain itu tentunya kamu tidak ingin rumah terlihat kotor saat ditinggalkan bukan, terlebih bakal ada tetanggamu yang menengoknya tiap hari.


5. Matikan Aliran Air, Listrik, dan Gas 

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan saat mudik adalah mematikan aliran air, listrik, dan gas. Kamu bisa mencabut kabel dari stop kontak yang tidak dipakai untuk menghindari korsleting listrik. Selain itu, cabut juga regulator selang gas dari tabungnya, dan matikan keran air di bak mandi.

Dengan cara tersebut setidaknya kamu juga lebih menghemat pengeluaran. Sehingga nantinya saat balik ke perantauan tagihan listrik dan air kalian tidak membengkak dan kantong kalian tidak jebol untuk membayar tagihan.
1
2


SEBELUMNYA

Simak 7 Kiat Mudik Untuk Ibu Hamil, Waspada Dehidrasi

BERIKUTNYA

Walau Ada Beragam Kudapan Modern, Kue Kering Tradisional Lebaran Masih Jadi Favorit Masyarakat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: