Tiket adalah salah satu barang yang tidak boleh tertinggal saat mudik (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Torsten Dettlaff)

8 Barang yang Tak Boleh Ketinggalan saat Mudik ke Kampung Halaman

19 April 2023   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

4. Obat-obatan & Vitamin

Obat-obatan adalah barang lain yang tidak boleh dilewatkan oleh pemudik. Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi dengan diri dan anggota keluarga saat berada dalam perjalanan. Tidak menutup kemungkinan, mereka yang pada awalnya baik-baik saja secara mendadak mengalami demam.

Obat juga perlu dibawa jika kalian memiliki penyakit yang mengharuskan minum obat secara rutin dan akan berbahaya apabila tidak mengonsumsinya. Tidak hanya itu, pancaroba yang tengah terjadi dapat membuat daya tahan tubuh mengalami penurunan. Selain obat, vitamin juga perlu menjadi bagian yang tidak boleh tertinggal di rumah ketika melakukan perjalanan mudik. 
 

5. Kartu Asuransi Kesehatan

Barang lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah kartu asuransi kesehatan. Kita tidak pernah tahu kondisi tubuh ketika berada di tempat tujuan. Dengan membawa kartu asuransi kesehatan, maka kalian tidak perlu mengeluarkan biaya ketika harus menuju fasilitas kesehatan di daerah setempat.

Kondisi itu juga membuat arus kas tidak terganggu karena sakit saat berada di kampung halaman dan bisa digunakan untuk keperluan lainnya. 
 

6. Pakaian Hangat

Jika daerah mudik yang dituju memiliki cuaca yang dingin, kalian perlu membawa pakaian yang dapat menghangatkan badan. Kebiasaan berada di daerah dengan cuaca panas seperti Jakarta dapat membuat tubuh perlu beradaptasi ketika berada di tempat dingin.

Jangan sampai badan meriang karena tubuh tidak terbiasa dengan cuaca yang dingin ketika baru datang di kampung halaman. Liburan menjadi tidak menyenangkan ketika kalian harus meriang karena suhu udara yang dingin. 
 

7. Botol Minum

Pada saat ini, kondisi alam tidak baik lantaran banyak sampah plastik yang dihasilkan oleh manusia. Sampah tersebut tidak mudah terurai dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Tidak hanya itu, sampah plastik juga menjadi masalah ketika sampai di laut lantaran dapat dikonsumsi oleh ikan.

Sampah plastik botol minum menjadi salah satu pemberi kontribusi besar terhadap total sampah yang ada di bumi. Jadi, daripada menambah jumlahnya di bumi, lebih baik membawa sendiri botol minum yang dapat diisi ketika habis. Selain menjaga lingkungan, membawa botol minum sendiri juga dapat menghemat pengeluaran ketika berada di dalam perjalanan ke kampung halaman. 
 

8. Paspor

Paspor adalah barang lain yang tidak boleh tertinggal ketika hendak melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, khususnya jika berada di luar negeri. Tanpanya, kita tidak akan bisa melewati negara yang ingin kita tuju. Paspor adalah identitas diri ketika seseorang berada di negara lain. Jadi, pastikan kalian membawa dokumen ini agar bisa mudik ke Indonesia saat berada di luar negeri atau pulang ke kampung halaman ke luar negeri dari Indonesia. 

Baca juga: Hypereport: Cerita-Cerita Tak Terungkap tentang Mudik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah
1
2


SEBELUMNYA

Lebaran Tiba! Intip 5 Kiat Tetap Sehat saat Merayakan Idulfitri

BERIKUTNYA

Cara Beli Tiket & Set List Konser D'Masiv Perayaan Dua Dekade

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: