Ilustrasi kucing yang ikut mudik. (Sumber gambar: Freepik)

7 Tip Bawa Anabul Mudik, Dijamin Nyaman Selama Perjalanan

18 April 2023   |   17:32 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like

4. Bawa Makanan, Minuman, Camilan, dan Mainan Favorit

Kucing juga perlu membawa bekal selama dalam perjalanan jauh. Kebutuhan yang terpenuhi dapat membuat kucing anteng selama perjalanan. 

Bawa makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi kucing, sehingga kucing tidak mengalami masalah pencernaan yang bisa membuat kucing merasa tidak nyaman. Jangan lupakan camilan sebagai selingan agar dia tidak terlalu banyak makan. Jika terlalu banyak makan, kucing akan sering pup atau pipis saat perjalanan.

Persediaan makanan dan camilan sebisa mungkin harus cukup hingga kamu kembali ke rumah ya. Hal ini untuk menghindari sulitnya menemukan makanan atau camilan mereka ketika berada di jalan atau kampung halaman.

Menurut Dr. Earley pada laman Countryliving, kucing merupakan hewan teritori yang mengenali wilayah dan kepemilikan melalui baunya. Oleh karena itu, membawa perlengkapan kucing dengan scent yang telah familiar bagi kucing dapat membuat kucing menjadi lebih rileks. Jadi, mainan kesayangan mereka harus masuk ke dalam list barang yang wajib dibawa ya, Genhype.


5. Siapkan Obat Mabuk & Penenang

Menurut Pet Pintar, penting untuk membawa obat mabuk dan penenang untuk kucing. Pemberian obat ini bertujuan agar kucing menjadi lebih tenang dalam perjalanan, tidak stres, dan juga gelisah. Namun perlu diingat, kamu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan sebelum memberikannya.

Selalu cek kondisi kucing secara berkala. Jangan lupa untuk memberikan dia belaian dan perhatian agar tetap merasa nyaman saat berkendara.


6. Atur Udara Tetap Sejuk

Pastikan kucing kamu merasa nyaman dengan mengatur temperatur kendaraan tetap sejuk. Selain itu, sirkulasi udara dalam carrier juga harus terjaga baik agar kucing dapat bernafas dengan leluasa.

Kucing merupakan hewan yang mudah terkena heat stroke atau serangan panas, apalagi jika dia memiliki bulu yang tebal. Kucing yang mengalami heat stroke akan mulai bernapas cepat, merasa gelisah, berliur, bahkan hingga muntah-muntah dan pingsan.

Mengutip DoCheck, sebab sebagian besar kucing tidak menyukai temperatur yang terlalu panas yang bisa berpengaruh pada kesehatan kucing tersebut. Menyiapkan ice packs yang dibalut dengan handuk dan simpan di sekitar carrier kucing bisa menjadi solusi selanjutnya jika kamu kesulitan mengatur suhu di dalam mobil.


7. Rencanakan Tempat Istirahat

Bukan hanya kamu saja, kucing juga butuh istirahat untuk menghirup udara segar dan peregangan, Oleh karena itu, kamu perlu berhenti sejenak di rest area dengan membawa kucing kamu keluar dari kendaraan. Jangan lupa pakaikan harnes dan tali supaya tidak kabur ya.

Selain melepas lelah, beri waktu anabul untuk buang air kecil atau air besar di luar kendaraan. Tetap pilih tempat yang tepatnya agar tidak mengotori lingkungan. Kendati demikian, tetap sediakan litter box di kendaraan untuk kucing buang air. 

Baca juga: Pencinta Hewan Peliharaan Masuk, Begini Fasilitas & Harga Kamar Pet Hotel

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 
1
2


SEBELUMNYA

Jadi Debut Kim Seon-ho, Cek Sinopsis Film The Childe yang Tayang Juni 2023

BERIKUTNYA

Apakah Tradisi Bukber Masih Relevan dan Urgen?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: