Ilustrasi hewan peliharaan. (Dok. Yerlin Matu dari Unsplash)

7 Tanggung Jawab yang Perlu Diketahui Sebelum Memelihara Anabul

02 August 2021   |   21:30 WIB

Memelihara anabul merupakan kebahagiaan tersendiri. Namun, di balik kebahagiaan itu ada perjuangan serta usaha yang enggak mudah dilakukan. Jadi, sebelum memutuskan untuk memelihara mereka, perhatikan lebih dulu tujuh tanggung jawab ini.

1. Quality Time
Merawat anabul menyita waktu. Bukan hanya untuk memberi makan, melainkan juga untuk memberi perhatian. Sebab, anabul yang tak diperhatikan dapat berpotensi menjadi stres. Jadi, sesibuk apa pun, Genhype perlu buat jadwal quality time bersama dengan anabul kesayangan.

2. Mengajak Jalan-jalan
 

Mengajak jalan-jalan anabul. (Dok. Andriyko Podilnyk dari Unsplash)

Mengajak jalan-jalan anabul. (Dok. Andriyko Podilnyk dari Unsplash)



Mengajak jalan anabul adalah hal yang wajib dilakukan. Hal ini disebabkan karena anabul membutuhkan waktu di luar ruangan untuk bermain dan berolahraga. Selain itu, proses ini juga penting untuk pertumbuhan bagi anabul lho!

3. Latih Bersosialisasi 
Mulai dari usia tiga hingga empat bulan, anabul terutama anjing harus sudah mulai dilatih agar ramah dengan warga di sekitar tempat tinggal. Lalai melakukan ini bisa berdampak pada ketikdaknyamanan bagi tetangga dan perilaku yang kurang baik terhadap anabul.

4. Ciptakan Lingkungan yang Aman
Jauhkan barang-barang yang bisa membahayakan keselamatan anabul. Coba buat tempat yang aman dan nyaman, serta jauhkan anabul dari area yang ditempati oleh barang-barang yang berbahaya dan sulit ditempati olehnya.

5. Perhatikan Kebersihan Lingkungan Sektiar
Genhype sebagai pemilik anabul juga harus tanggung jawab dengan kebersihan lingkungan sekitar lho! Kadang dalam beberapa situasi, ada perumahan atau tempat tinggal yang mewajibkan pemilik untuk bertanggung jawab terhadap anabulnya, terutama ketika dia buang air di luar rumah. Jadi, siap sedia koran bekas dan plastik ya!

6. Terapkan Pola Makan yang Baik
Pemilik anabul wajib mengenal makanan mana saja yang aman bagi anabul beserta dengan takaran maksimal yang bisa dikonsumsi. Untuk mengetahui pola makan yang pas ini, Genhype dapat mengkonsultasikan dengan dokter hewan terdekat.

7. Berikan Kasih Sayang
Kembali ke penjelasan awal, merawat anabul itu memang seperti merawat anak sendiri, sehingga penting untuk memberikan afeksi seperti elusan di telinga, di perut, dan memuji ketika anabul bertindak baik sehingga dia akan merasa spesial dan dicintai.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Bersiap Menikmati Indahnya Suasana Malam di Glow Kebun Raya Bogor

BERIKUTNYA

Deretan Fenomena Astronomi Agustus 2021, Ada Puncak Hujan Meteor Perseid Lho!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: