Ilustrasi hewan peliharaan kucing di pet hotel (Sumber gambar: Unsplash/Eric Han)

Pencinta Hewan Peliharaan Masuk, Begini Fasilitas & Harga Kamar Pet Hotel

01 December 2022   |   08:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Enggak terasa nih sebentar lagi akan memasuki musim libur Natal dan Tahun Baru. Nah, bagi Genhype yang memiliki hewan peliharaan ingin tapi berlibur atau melalukukan perjalanan ke luar kota, sering kali dibuat bingung memikirkan nasib si anak bulu atau anabul harus dititipkan ke siapa, karena umumnya akan sulit untuk membawa mereka. 

Karena bagaimana pun saat berpergian keluar kota atau keluar negeri menggunakan pesawat, binatang peliharaan tidak bisa ikut dan harus ditinggal. Namun, tidak mungkin juga dibiarkan begitu saja, sebab mereka harus membutuhkan perawatan baik, untuk makan dan minum maupun untuk kebersihan.

Hewan-hewan ini harus dititipkan di tempat yang nyaman dan kepada orang yang benar-benar mengerti kebutuhan dan cara mengurus binatang tersebut. Nah, biasanya ini dititipkan ke pet hotel. Salah satu pelaku usaha yang berkecimpung di bisnis pet hotel ini adalah Wildan Andika, pemilik bisnis Miru Pet Hotel & Store yang dikhususkan untuk penginapan kucing. 

“Latar belakang saya membuat pet hotel ini karena saya memang punya kucing dan dulu kalau saya traveling agak susah mencari tempat penitipan atau hotel kucing yang bisa dipercaya, makanya saya bikin sendiri, karena saya tahu bagaimana kebutuhan owner kucing,” jelasnya. 

Baca jugaManfaat Punya Hewan Peliharaan, Hapus Kebiasaan Mager hingga Pengaruhi Mood
 

Meski memiliki prospek yang menarik tetapi Miru juga sempat menghadapi kendala terutama pada masa awal pandemi. Saat itu, pet hotel miliknya sempat mengalami penurunan permintaan karena adanya pembatasan sosial sehingga banyak masyarakat yang belajar dan bekerja dari rumah.

Namun sejak kuartal ketiga tahun lalu, bisnis ini kembali menggeliat. Bahkan pada waktu-waktu tertentu seperti lebaran maupun tahun baru permintaan sangat padat, para pemilik hewan peliharaan pun harus memesan jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan tempat.

“Ruangan kita terbatas hanya maksimal 25 kucing maka di hari-hari tertentu itu full booked. Kalau sekarang rata-rata okupansi per bulan 70 persen kalau weekend pasti penuh. Rata-rata menginap 3 hari,” ujarnya.

Menurutnya prospek bisnis pet hotel ini terbilang cukup menarik. Miru sendiri tengah merencanakan untuk menambah jumlah ruangan dari yang saat ini hanya 25 room menjadi 40 room. 
 

Harga Pet Hotel 

Adapun untuk jenis ruangan yang disediakan untuk saat ini ada dua tipe yaitu suite room seharga Rp140.000 per malam dan suite room VIP seharga Rp150.000 per malam. Waktu check in mulai dari jam 2 siang hingga setengah lima sore, dan waktu check out mulai pukul 9 pagi hingga 12 siang.

“Perbedaan antara suite room dan VIP hanya dari ukuran luas kandang sama cctv. Kalau suite room cctv nya hanya satu sisi sedangkan VIP cctv 360 derajat. Adanya cctv yang terhubung ke HP pemilik ini memang menjadi salah satu keistimewaan di Miru sehingga pemilik bisa berinteraksi dan melihat langsung kucingnya,” ujarnya.

Wildan mengatakan untuk kucing yang akan menginap di Miru harus memenuhi sejumlah syarat yaitu harus sudah divaksin lengkap sampai rabies, tidak berkutu dan berjamur, dalam keadaan sehat, dan tidak sedang hamil. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan hewan peliharaan lain yang dititipkan di tempat. 
 

Fasilitas Pet Hotel

Selain hotel, Miru juga menyediakan fasilitas grooming untuk kucing yang ingin lebih rapi dan wangi. Adapun biayanya mulai dari Rp125.000 hingga Rp175.000 bergantung dari pelayanan yang dipilih serta bentuk bulunya apakah short hair atau long hair.

Selain Wildan, pelaku usaha lainnya yang juga merasakan prospek menarik dari jasa pet hotel adala Carin, Pemilik Hope Pet Hotel yang memulai usahanya sejak Maret 2020 lalu. Menurutnya niat awal membangun Hope Pet Hotel ini tidak semata-mata untuk bisnis tetapi ingin memberikan tempat bermain yang nyaman dan layak untuk anjing peliharaan yang dia selamatkan tersebut.

Selain anjing, saat ini Hope Pet Hotel juga membuka penitipan untuk kucing, mengingat banyaknya permintaan. Sistem yang diterapkan hampir sama dengan pet hotel untuk anjing yaitu semua kucing diberi kebebasan bermain kecuali pada saat jam makan dan jam tidur harus kembali ke kandang masing-masing.

“Bedanya Hope dengan pet hotel lainnya karena di sini anabul dibebasin main. Untuk tempat anjing di lantai 1 dan kucing di lantai 2,” jelasnya. 
 

Dalam mengoperasikan bisnisnya, Carin selaku owner benar-benar menangani semuanya sendiri hingga merawat anjing dan kucing termasuk berkomunikasi dengan pemilik. Sementara bagian keuangan dipegang oleh suami, dan dibantu dua orang karyawan untuk bagian administrasi.

Adapun biaya per malam di Hope Pet Hotel berbeda-beda tergantung pada luasan kamar yang dipilih mulai dari Rp70.000 hingga Rp130.000. Untuk jumlah kandangnya sendiri yaitu kandang anjing ada 26 dan kandang kucing 18 room.

“Rata-rata menginap 2 hingga 5 hari pada saat weekend tapi ada juga yang sampai sebulan bahkan setahun. Biasanya kalau dinas luar kota atau luar negeri atau jika sedang renovasi rumah. Nah, kami ada bonus jika menginap lebih dari 5 hari akan mendapatkan free grooming,” ucapnya.

Carin mengatakan bahwa prospek bisnis pet hotel ini masih sangat menarik apalagi banyak yang menganggap hewan peliharaan ini, layaknya keluarga yang harus diperlakukan dengan baik dan layak sehingga pemilik pet hotel harus benar-benar memiliki kecintaan pada si anabul.

“Saat ini tingkat okupansi kami rata-rata di weekend ada di kisaran 80 persen, kalau hari biasa sekitar 40 persen hingga 50 persen, tapi kalau long weekend atau libur di hari-hari besar sudah pasti 100 persen. Yang pasti Hope enggak pernah kosong,” terangnya.

Melihat prospek yang masih menarik ini, Carin dan suaminya Mario berencana untuk membuka cabang. Apalagi sudah banyak yang menawarkan untuk membuka di kawasan Bintaro dan Jakarta. Namun hingga saat ini, Carin masih belum menemukan model bisnis yang cocok sehingga semua masih dalam proses. 

Baca juga9 Kiat Membawa Hewan Peliharaan Bepergian Jauh dengan Mobil

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

4 Keuntungan Pelaku Usaha Terima Pembayaran Dengan QRIS

BERIKUTNYA

Suguhan Ide Murni .Feast dalam Video Klip Single Bintang Massa Aksi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: