Ilustrasi kucing sehat (dok. pexels)

CDC Tegaskan Belum Ada Transmisi Covid-19 dari Hewan Peliharaan ke Manusia

09 August 2021   |   22:19 WIB

Virus corona telah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia. Namun dalam beberapa kasus, ditemukan pula hewan yang terinfeksi virus ini, termasuk hewan peliharaan. Tak sedikit pemilik kucing yang khawatir terkait hal ini. Sebab pada awal April 2020, muncul bukti bahwa kucing dapat terinfeksi SARS-CoV-2.

Bahkan beberapa studi menunjukkan bahwa kucing akan menularkan infeksi ke kucing lain. Namun buat kamu pecinta kucing, tidak perlu khawatir ya. Sebab Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menegaskan hinnga kini tidak ada bukti penularan virus antara hewan peliharaan ke pemiliknya.

“Berdasarkan informasi yang tersedia hingga saat ini, risiko hewan menyebarkan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19 kepada manusia dianggap rendah,” tulis CDC.

Kendati demikian, CDC mencatat adanya transmisi virus dari manusia yang positif Covid-19 ke hewan dalam beberapa situasi, terutama selama kontak dekat.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merilis daftar hewan dan perkiraan kerentanannya terhadap SARS-CoV2. Selain kucing, hewan lain yang memiliki kerentanan tinggi termasuk anjing, hamster Golden Syria, marmoset, dan kera.

Studi-studi ini sebagian besar didasarkan pada data eksperimen dan tidak mencakup sebagian besar hewan. Karena studi ini masih dalam tahap awal, studi tentang berbagai macam hewan mungkin belum dilakukan.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Yuk Wisata Virtual Ditemani Pemandu Kece dari Jakarta Good Guide

BERIKUTNYA

Begini Cara Mengisi Waktu Senggang Jadi Berkualitas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: