ilustrasi rest area (Sumber foto: Kementrian PUPR)

6 Rest Area Instagramable di Jalur Tol Trans Jawa, Ada Bekas Pabrik Gula sampai Konsep Pendopo

07 April 2023   |   20:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Tidak terasa Ramadan telah masuk ke pekan kedua ya Genhype, dan sebentar lagi Lebaran akan tiba. Salah satu kegiatan yang galib dilakukan menjelang akhir bulan puasa adalah mudik untuk berkumpul bersama keluarga dan orang terkdekat di kampung halaman.

Tradisi masyarakat ini memang selalu dinanti-nanti saat momen Idulfitri. Meski erat kaitanya dengan perjalanan panjang dan melelahkan, tapi mudik selalu dijalani masyarakat demi menengok kampung dan seisinya yang ditinggal saat merantau.

Beruntungnya, saat ini sejumlah jalur tol di Indonesia sudah memiliki area peristirahatan (rest area) yang bisa disinggahi saat mudik. Salah satunya Tol Trans Jawa juga yang memiliki sederet rest area Instagramable untuk beristirahat sejenak dan beribadah selama melakukan perjalanan mudik.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa rest area instagramable favorit pemudik yang bisa Genhype singgahi di sepanjang Tol Trans Jawa. 

Baca juga: Jelang Arus Mudik 2023, One Way Hanya Berlaku di Tol Cipali & Contraflow di Tol Cikampek


1. Rest Area KM 260B, Tol Pejagan-Pemalang 

Bagi Genhype yang hendak mudik melalui jalur Tol Trans Jawa, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak di rest area ini. Berlokasi di daerah Bulakamba, Brebes Jawa Tengah. Menariknya, rest area ini dulunya merupakan bekas pabrik gula yang dibangun pada 1908.

Namun, kini pabrik gula tersebut telah dimodifikasi menjadi wilayah peristirahatan bergaya vintage yang instagramable. Tak hanya itu, memiliki luas lahan 10,6 hektare rest area ini juga dilengkapi masjid, puluhan kubikel toilet, area parkir yang luas, hingga pusat jajanan oleh-oleh khas Nusantara. 
 

2. Rest Area KM 429, Tol Semarang-Solo 

Terletak di ruas tol Semarang-Solo, Genhype dapat menikmati panorama Gunung Ungaran yang eksotis, terlebih saat matahari terbenam dari lokasi ini. Selain itu, kamu juga bisa beribadah di masjid yang memiliki kubah unik seperti zupa-zupa.

Adapun, fasilitas lain yang disajikan di rest area ini termasuk SPBU, toilet, restoran, pujasera, pusat oleh-oleh, kedai kopi dan masih banyak lagi. Dengan begitu, saat kamu beristirahat sejenak di rest area ini dipastikan bakal segera melek lagi untuk melanjutkan mudik.
 

3. Rest Area KM 456A-456B, Tol Semarang-Solo 

Masih terletak di ruas tol Semarang-Solo, keunikan dari rest area ini adalah terdapat sky bridge yang bisa menghubungkan antara Rest Area 456A dan Rest Area 456B yang letaknya berseberangan. Oleh karena itu, para pemudik bisa mengunjungi kedua bangunannya sekaligus. 

Karena memiliki arsitektur bangunan menyerupai pendopo, tempat peristirahatan ini juga kerap disebut rest area Pendopo. Selain megah dan luas, desain interior rest area ini juga hampir mirip hotel atau restoran berkelas. Uniknya lagi, kamu bisa menyaksikan hamparan sawah dan kebun yang hijau di belakang rest area ini. 

Baca juga: Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman, Pentingnya Pilih Moda Transportasi yang Tepat 
1
2


SEBELUMNYA

Daftar Lengkap Nominasi Baeksang Arts Awards Ke-59, The Glory Masuk Kategori Best Drama

BERIKUTNYA

Cek 7 Menu Buka Puasa Favorit di Luar Negeri, Ada Shami Kebab hingga Qatayef

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: