Ilustrasi mudik dengan kereta api. (Sumber foto: Pexels/Veerasak Piyawatanakul)

Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman, Pentingnya Pilih Moda Transportasi yang Tepat

29 March 2023   |   15:54 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Bulan Ramadhan kali ini tentunya beda dari tahun-tahun sebelumnya. Sekarang sudah tidak diberlakukan PPKM, juga berbagai tempat wisata mulai dibuka kembali. Masyarakat pun semakin antusias untuk mudik Lebaran dan bertemu dengan sanak saudara tercinta.

Diperkirakan jelang Hari Raya Lebaran, minat orang-orang untuk mudik ke kampung halaman akan tinggi. Oleh karenanya penting sekali untuk mempersiapkan perjalanan dari jauh-jauh hari agar semuanya berjalan lancar dan aman sampai tujuan.

Baca juga: Moms, Simak 4 Tips Nyaman Mudik Lebaran Bersama Si Kecil

"Sebagai online travel agent [OTA] dengan fokus customer-centric, kami ingin menjadi one stop solution untuk kebutuhan perjalanan dan wisata para sobat tiket termasuk dengan memberikan berbagai inspirasi perjalanan agar dapat menikmati momen Lebaran yang berharga,” kata Maria Risa Puspitasari, SVP of Brand Marketing, tiket.com.

Untuk mendapatkan pengalaman bepergian yang aman dan nyaman, yuk simak tips mudik dan liburan Lebaran sehingga dapat membuat momen di perjalanan dan silaturahmi dengan sanak keluarga semakin berkesan.

1. Pastikan Rumah Aman

Meninggalkan rumah yang kosong saat mudik Lebaran bisa membuat perasaan khawatir dan tak tenang. Oleh karenanya, sebelum berangkat pastikan keadaan rumah agar tetap aman. Mulailah mengunci semua pintu dan jendela, lapor pada RT dan satpam setempat, pasang CCTV dan alarm kebakaran, juga titipkan rumah pada orang yang dipercaya.


2. Periksa Semua Barang Bawaan

Perhatikan untuk mengatur barang-barang yang akan dibawa saat mengunjungi kampung halaman. Jangan sampai kita membawa barang yang tidak perlu. Mulailah berkemas, masukkan keperluan pribadi sehari-hari dan jangan lupa oleh-oleh yang akan diberikan ke sanak saudara.

Sebelum melakukan perjalanan mudik, periksa semua barang bawaan yang diperlukan dengan membuat daftar barang bawaan yang harus dibawa sehingga tidak ada yang tertinggal 


3. Cek Kondisi Kesehatan Diri dan Keluarga

Pandemi yang mulai berakhir memberikan perasaan aman bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik. Namun kesehatan diri dan keluarga tetap perlu diperhatikan. Agar perjalanan lancar sebaiknya lakukan pengecekan kondisi kesehatan diri dan keluarga terlebih dahulu dan siapkan obat-obatan yang dibutuhkan.


4. Pilih Moda Transportasi yang Nyaman

Memilih opsi moda transportasi yang nyaman penting sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran. Jika Genhype memilih naik transportasi darat tapi tidak memiliki kendaraan pribadi, kalian bisa memanfaatkan bus, kereta api, bahkan angkutan mudik gratis yang biasa disediakan pemerintah. Pastikan moda yang dipilih menunjang kebutuhan kalian ya.

Adapun, pesawat juga masih menjadi moda transportasi mudik pilihan sebagian orang. Pastikan kalian memilih waktu keberangkatan dari jauh-jauh hari untuk menghindari harga tiket lebih tinggi atau pilihan maskapai terbatas jika terlambat memesan. Kalian juga disarankan untuk melakukan early check-in untuk memilih bangku sesuai keinginan. Jangan lupa juga untuk mengomunikasikan kebutuhan kalian, jika mudik dengan balita atau penumpang difabel, agar perjalanan jadi lebih nyaman.

5. Manfaatkan Promo Transportasi Mudik

Untuk menikmati mudik Lebaran yang lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan promo DTM (Diskon Tanggal Muda) dari tanggal 24 Maret hingga 2 April 2023. Dapatkan juga diskon hingga 50% + ekstra diskon maksimal Rp325.000 untuk semua produk layanan dari tiket.com. Dengan begitu kamu dan keluarga bisa menikmati mudik lebaran dengan harga yang bersahabat dan ramah di kantong.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Kuliner Seafood Jakarta 2023: Tempat Makan yang Wajib Dicoba

BERIKUTNYA

Review Film Waktu Maghrib: Sajian Horor Mitologi Klasik Orang Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: