Kegiatan membaca penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak (Sumber gambar ilustrasi: pexels/Yaroslav Shuraev)

Rayakan Hari Buku Anak Internasional dengan 5 Buku Cerita Terlaris Sepanjang Masa

02 April 2023   |   11:03 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

4. The Lion, the Witch and the Wardrobe

 

The Lion, the Witch and the Wardrobe. (Sumber foto: Goodreads)

The Lion, the Witch and the Wardrobe. (Sumber foto: Goodreads)


Buku anak terlaris di dunia lainnya adalah The Lion, the Witch and the Wardrobe yang rilis pada 1950. Karya dari C.S. Lewis ini disebut telah terjual sampai 85 juta kopi di seluruh dunia.

The Lion, the Witch and the Wardrobe adalah buku kedua dalam seri fantasi klasik, Narnia, dari sang penulis. Buku ini telah menarik pembaca dari segala usia dengan karakter-karakter yang diciptakannya.

Karya yang berdiri sendiri ini bercerita tentang petualangan empat saudara, yakni Peter, Susan, Edmund, dan Lucy Pevensive. Melalui sebuah pintu lemari, keempatnya masuk ke sebuah negeri bernama Narnia yang mengalami musim dingin abadi.

C.S. Lewis memiliki nama panjang Clive Staples Lewis. Dia adalah salah satu raksasa intelektual abad kedua puluh dan bisa dibilang salah satu penulis paling berpengaruh pada zamannya.

Tidak hanya itu, Lewis juga seorang fellow dan tutor Sastra Inggris di Universitas Oxford sampai 1954, ketika dia dengan suara bulat terpilih menjadi Ketua Sastra Abad Pertengahan dan Renaisans di Universitas Cambridge. Pria kelahiran Belfast, Irlandia, itu telah menulis lebih dari tiga puluh buku dan menjangkau jutaan orang dengan karya-karyanya.

Baca juga: Manfaat Membaca Buku Bersama bagi Ayah & Anak 


5. The Adventures of Pinocchio

 

The Adventures of Pinocchio. (Sumber foto: Goodreads)

The Adventures of Pinocchio. (Sumber foto: Goodreads)

Karya lain dari kategori buku cerita anak yang paling laris di dunia adalah The Adventures of Pinocchio dari penulis Carlo Collodi yang rilis pada 1881. Karya yang bercerita tentang karakter bocah kayu, Pinocchio, ini disebut telah terjual sekitar 80 juta kopi.

Sebelum menjadi buku, karya klasik anak-anak ini pertama kali muncul dalam bentuk serial di Giornale dei bambini. Buku ini memiliki pelajaran moral yang penting untuk anak, seperti tidak boleh berbohong, harus taat, mengasihi, dan merawat orang tua. The Adventures of Pinocchio telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan dirilis dengan beberapa judul.

Tidak hanya itu, karya ini juga telah diadaptasi ke karya lainnya, yakni film, televisi, dan pertunjukan teater. Carlo Collodi, yang bernama asli Carlo Lorenzini, lahir di Florence, Italia pada 1826 dari seorang ayah yang bekerja sebagai juru masak dan ibu sebagai pelayan kamar.

Dia adalah seorang tentara sukarelawan saat perang kemerdekaan Italia pada 1848 dan 1860. Memiliki minat di bidang politik, dia mendirikan surat kabar satir bernama Il Lampione pada 1853. Pada 1876, sang pendongeng menerjemahkan karya Charles Perrault.

Lima tahun berselang, Collodi membuat cerita berseri dengan judul La storia di un burattino yang dibukukan dengan judul Le avventure di Pinocchio.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 
1
2


SEBELUMNYA

Resep Kue Bawang Gunting yang Gurih dan Renyah

BERIKUTNYA

Jeon Doyeon Bertransformasi Jadi Pembunuh Bayaran, Intip Sinopsis Kill Boksoon

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: