Stephen King. (Dok. Official Twitter)

5 Film Adaptasi Terbaik dari Novel Stephen King

22 September 2021   |   12:21 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Penulis ternama Amerika dengan spesialisasi genre horor, fiksi supranatural, suspense, kejahatan, fiksi ilmiah, dan novel fantasi baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-74, Selasa (21/9). Dia adalah salah satu penulis paling dihormati di dunia horor.

Di novel dan cerita-ceritanya, langit adalah batasnya. Novel-novelnya dapat memberikan dorongan adrenalin dan ketakutan kepada pembaca yang tidak dapat dicapai oleh penulis lain.

Mengingat King memiliki begitu banyak novel spektakuler, tentu saja Hollywood tidak akan melewatkan kesempatan untuk membuat beberapa film berdasarkan novelnya.

Jadi untuk merayakan ulang tahunnya, yuk kita tengok lima adaptasi film terbaik yang diangkat dari novel Stephen King.

The Shawshank Redemption (1994)
 

Tim Robbins dan Morgan Freeman di The Shawshank Redemption. (Dok. Columbia Pictures)

Tim Robbins dan Morgan Freeman di The Shawshank Redemption. (Dok. Columbia Pictures)

Tidak semua karya Stephen King sarat misteri. Beberapa karya terbaik Stephen King datang dari kisah humanis dan tidak ada hubungannya dengan horor.

The Shawshank Redemption adalah kisah mengharukan tentang tahanan Andy Dufresne yang mencoba untuk membuktikan dirinya tidak bersalah, tetapi terjebak dalam lebih banyak masalah. Film ini menampilkan beberapa penampilan aktor hebat seperti Tim Robbins, Morgan Freeman dan Clancy Brown.

Stand by Me (1986)
 

 Stand by Me. (Dok. Columbia Pictures)

Stand by Me. (Dok. Columbia Pictures)

Adaptasi fenomenal dari novel Stephen King ini juga tidak memiliki kisah horor, melainkan cerita empat anak laki-laki yang pergi hiking lalu bertemu dengan mayat di tengah jalan.

Mereka juga berjuang menghadapi gangguan para perundung. Ini adalah kisah coming-of-age yang luar biasa, menampilkan mendiang River Phoenix.

The Shining (1980/1997)
 

 Adegan legendaris Jack Nicholson di The Shining. (Dok. Warner Bros.)

Adegan legendaris Jack Nicholson di The Shining. (Dok. Warner Bros.)

King menyatakan bahwa dia begitu membenci The Shining versi Stanley Kubrick sehingga dia membuat ulang adaptasi novel dengan judul yang sama ke dalam mini seri, Stephen King's The Shining, pada tahun 1997. Upayanya ini mendapatkan review yang beragam dan hingga hari ini masih dibanding-bandingkan dengan film versi Kubrick.

Meski demikian, The Shining masih tetap jadi salah satu film horor terbaik yang bisa Genhype saksikan.

IT (2017)
 

 Pennywise, diperankan Bill Skarsgard. (Dok. Warner Bros.)

Pennywise, diperankan Bill Skarsgard. (Dok. Warner Bros.)

Adaptasi film yang disutradarai oleh Andy Muschietti mendobrak standar adaptasi novel horor. Meskipun IT melewati banyak rintangan produksi, film ini tetap jadi salah satu bagian dari genre horor yang luar biasa berkat kegilaan dan kengeriannya.

IT bercerita tentang badut pembuduh, Pennywise, yang bisa berubah bentuk dan meneror sekelompok anak-anak. Tidak ada cerita yang lebih baik dari ini. Ada beberapa dua versi Pennywise bisa kalian saksikan, yakni IT Part 1 (1990) dan IT Part II (1990) yang diperankan oleh Tim Curry serta IT (2017) dan IT Chapter Two (2019) yang diperankan oleh Bill Skarsgard.

Doctor Sleep (2019)
 

Ewan McGregor memerankan Danny Torrance dewasa dari The Shining. (Dok. Warner Bros.)

Ewan McGregor memerankan Danny Torrance dewasa dari The Shining. (Dok. Warner Bros.)

Perdebatan di kalangan penggemar film tentang Doctor Sleep seakan tidak ada habisnya, namun adaptasi novel Stephen King satu ini adalah yang terbaik. Bahkan dengan novel yang dikritik tidak menyeramkan dan cenderung membosankan, sutradara Mike Flanagan berhasil melakukan hal yang tidak terpikirkan.

Kisah tentang Danny Torrance yang menghadapi trauma masa kecilnya menjadi film yang hebat dan sekuel yang sangat baik untuk The Shining.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Bakal Ada Penambahan Filter Pencarian di Aplikasi Gmail Android

BERIKUTNYA

141 Proposal Film Pendek Masuk dalam Program Jakarta Film Fund

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: