Ilustrasi obat kumur. (Sumber gambar : Freepik)

Jangan Asal, Begini Cara Memilih Obat Kumur yang Bikin Gigi Putih & Sehat

29 March 2023   |   19:09 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki gigi putih natural dan mulut segar pastinya menjadi idaman setiap orang. Kondisi tersebut tentunya membuat kamu tampil lebih percaya diri ketika berhadapan dengan lawan bicara. Senyum pun menjadi berkembang sempurna.

Menurut hasil survei dari DentaVox pada 2019, sebanyak 64 persen orang percaya tampilan gigi putih natural dan napas segar berkontribusi pada kepercayaan diri yang lebih baik. Alhasil dari jumlah tersebut, sebanyak 68,6 persen orang memilih ke dokter gigi untuk memutihkan gigi. Sementara itu, 31,4 persen memilih perawatan di rumah untuk memutihkan gigi. 

Baca juga: 5 Faktor Masyarakat Indonesia Alami Masalah Gigi dan Mulut

Ya, untuk mendapat gigi putih natural dan mempertahankan kesegaran mulut, tidak cukup sekadar menyikat gigi secara teratur. Perawatan memutihkan gigi seperti bleaching atau veneer juga membutuhkan biaya cukup besar dan harus dilakukan secara profesional di klinik. 

“Sikat gigi tidak bisa bersihkan seluruh area mulut karena bagian kecil, di sela-sela gigi, dekat gusi, tidak bisa dijangkau,” ujar Dokter Gigi Spesialis Ortodontis, drg. Adelia Susanto dalam peluncuran Klar Oral Mouthwash di Gedung Cobra Denta, Jakarta, Rabu (29/3/2023).

Sebagai alternatif perawatan gigi dan mulut di rumah, menurut Adelia, bisa ditambahkan dengan penggunaan obat kumur untuk mendapatkan napas segar, sekaligus membersihkan rongga mulut yang sulit dijangkau saat menyikat gigi. Kendati demikian, pemilihan obat kumur tidak bisa asal. 

Baca juga: Cara Sederhana Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Durian

Untuk mendapatkan gigi sehat dan putih tidak boleh menyingkirkan faktor kesehatan. Mouthwash atau obat kumur harus memiliki kualitas dan bahan yang tepat.

Adelia menyarankan untuk memilih obat kumur yang bersifat menghidrasi, jangan sampai obat tersebut justru merusak keseimbangan bakteri di mulut. Perlu juga mempertimbangkan obat kumur yang memiliki bahan antibakterial efektif untuk membersihkan rongga mulut, meredakan keluhan gigi sensitif, mencegah gigi berlubang, dan menghilangkan bau mulut. 

Dia menerangkan di dalam mulut, tidak hanya terdapat gigi, tetapi ada pula bibir, gusi, dan lidah. Oleh karena itu, dia menyarankan untuk memilih formula yang tidak mengiritasi area mulut atau membuat bibir tidak kering.

Adelia mengimbau pilih obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Selain menimbulkan rasa terbakar, terlalu banyak kandungan alkohol di dalam obat kumur dapat membuat mulut kering. 

Alkohol juga dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik dan jahat di dalam mulut. “Pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol supaya keseimbangan mikroorganisme (bakteri baik) di dalam rongga mulut tetap terjaga,” tegasnya.

Baca juga: Begini Cara Memelihara Kesehatan Mulut dan Gigi yang Dianjurkan
 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Melodrama, Surat Cinta Garin Nugroho untuk Perfilman Indonesia

BERIKUTNYA

Soundrenaline Siap Gebrak Jakarta Tahun Ini, Cek Jadwalnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: