Nicholas Saputra menjadi karakter utama dalam film Melodrama (Sumber gambar: Fabis Pictures)

Melodrama, Surat Cinta Garin Nugroho untuk Perfilman Indonesia

29 March 2023   |   18:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Bertepatan dengan Hari Film Nasional yang dirayakan pada 30 Maret 2023, rumah produksi Fabis Pictures bekerja sama dengan sutradara kenamaan Indonesia, Garin Nugroho, merilis film musikal berjudul Melodrama. Tak hanya sebagai karya sinema, film ini juga merupakan sebuah surat cinta dari Garin untuk film Indonesia.

Seperti judulnya, film yang dibintangi oleh Nicholas Saputra ini mengangkat kisah cinta penuh melodrama dengan latar sejarah film Indonesia dan diiringi musik-musik legendaris lintas zaman. Selain Nicholas Saputra, film ini juga dibintangi oleh Widi Mulia, Monita Tahalea, Dira Sugandi, Morgan Oey, Amanda Rawles, Cindy Nirmala, dan lainnya.

Baca juga: Dian Sastro Hingga Marissa Anita Berbagi Inspirasi Menyambut Hari Film Nasional
 

Cuplikan film Melodrama (Sumber gambar: Fabis Pictures)

Cuplikan film Melodrama (Sumber gambar: Fabis Pictures)

Melodrama berkisah tentang tokoh bernama Layar, seorang bintang film populer yang merasa bosan dengan kariernya dan ingin membuat teater musikal berlatar sejarah keluarga yang senantiasa berkait sejarah film Indonesia.

Berangkat dari keinginannya itu, Layar berproses membuat karya dan menjadikannya berimaginasi dalam sosok karakter beragam mulai dari Buyut, Kakek, hingga Ayah. Seluruh kisah ini dituturkan lewat narasi berbasis buku harian, surat cinta, foto-foto, dokumenter, hingga artefak dan lagu-lagu yang membawa Layar ke berbagai era sejarah film Indonesia dalam atmosfer musikal.

Melodrama merupakan film musikal pertama yang digarap oleh Garin. Untuk menunjang penyajiannya, film ini juga diisi dengan sejumlah lagu yang menggambarkan budaya populer Indonesia, sekaligus juga mencerminkan kualitas karya anak bangsa dari masa ke masa.

Lagu-lagu yang ada merupakan karya-karya yang terbilang tak lekang oleh waktu dan masih familiar untuk generasi, sebab merupakan tembang-tembang legendaris yang berasal dari beragam periode sejarah Indonesia. Adapun, dalam film ini, Ricky Lionardi ditunjuk sebagai produser musik.

Ricky Lionardi adalah seorang komponis, penata musik, dan produser musik lulusan Berklee College of Music sebagai Magna Cum Laude di tahun 2003. Dia menerima penghargaan sebagai Penata Musik Terbaik pada Festival Film Indonesia 2022 dan Penata Musik Terpuji pada Festival Film Bandung 2016.

Selain itu, dia juga pernah mendapatkan nominasi yang sama sebagai Penata Musik Terbaik di Piala Maya 2013, Festival Film Indonesia 2010 dan Festival Film Bandung 2007.

"Yang membuatnya jadi menarik adalah saya membawa tema dengan latar belakang sejarah sinema Indonesia, menceritakan sejarah para seniman melalui koreografi dan lagu atau musik," ujar Garin dalam keterangan resminya.
 

Film ini juga menjadi proyek kolaborasi Garin bersama banyak talenta berbakat dari Tanah Air baik yang terlibat di depan maupun di belakang layar. Untuk koreografi, dia menggandeng Eko Supriyanto, penari dan koreografer yang telah dikenal dunia. Kolaborasi mereka berdua bukan tidak mungkin akan menghasilkan sebuah pertunjukan yang spesial.

Dalam menggarap film Melodrama, Garin juga menggandeng Faizal Lubis selaku executive producer dan music director. Bermusik sejak usai muda, Faizal Lubis memulai karier bermusiknya dengan tampil di beberapa cafe di Jakarta dengan Musisi Ireng Maulana di Ireng Maulana All Star dan Ireng Maulana & Friends. Pada Event Jakjazz 2006, Faizal ikut serta sebagai keyboardist mengiringi penyanyi asal Amerika, 

Kini, dia tengah berkolaborasi bersama Ari Lasso menggarap original soundtrack dari film Melodrama. Sebagai komposer, Faizal Lubis telah menciptakan beberapa buah lagu yang telah dipublikasikan. 

Adapun, film Melodrama dijadwalkan tayang di bioskop Tanah Air pada tahun ini.

Baca juga: Potret Kegigihan Perjuangan Sang Ulama dalam Trailer Film Buya Hamka

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Ternyata Ini Alasan Ahmad Dhani Larang Once Nyanyikan Lagu Dewa 19

BERIKUTNYA

Jangan Asal, Begini Cara Memilih Obat Kumur yang Bikin Gigi Putih & Sehat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: