Gigi Putih dan Bersih (Sumber Foto: Freepik)

5 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami, Pakai Soda Kue dan Kulit Buah

24 September 2024   |   09:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki gigi putih tentunya menjadi impian banyak orang. Namun, sejumlah makanan dan minuman membuat gigi jadi menguning dan terlihat kotor. Rajin sikat gigi saja rasanya tidak cukup untuk mempertahankan warnanya yang putih.

Mengutip Cleveland Clinic, gigi yang menguning dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya kebiasaan konsumsi makanan dan minuman berpigmen kuat, seperti kopi, teh, anggur merah, dan soda. Zat pigmen dalam minuman ini dapat menempel pada enamel gigi dan menyebabkan noda. Selain itu, kebiasaan merokok dan proses penuaan alami juga mempengaruhi warna gigi.

Baca juga: Ternyata Ini Masalah Gigi Paling Umum di Indonesia dan Cara Menjaganya

Untuk mengatasi masalah ini, banyak orang melakukan bleaching atau prosedur memutihkan gigi di klinik oleh dokter gigi. Prosesnya menggunakan bahan kimia, biasanya berbasis hidrogen peroksida atau karbamid peroksida. Cara kerjanya dengan menguraikan noda pada permukaan gigi atau bahkan di dalam lapisan gigi, sehingga warnanya menjadi lebih terang.

Namun, warna putih pada gigi yang di-bleaching tidak permanen, umumnya bertahan beberapa bulan atau 1-2 tahun saja. Oleh karena itu, sebagai alternatifnya, banyak mencari cara utuk memutihkan gigi dengan bahan alami. Berikut adalah beberapa bahan alami untuk memutihkan gigi.
 

1. Baking Soda

Baking soda atau soda kue adalah bahan abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi. Jika digunakan dengan hati-hati, baking soda bisa mengurangi perubahan warna gigi akibat makanan dan minuman.

Cara menggunakannya, campurkan soda kue dengan sedikit air hingga berbentuk pasta, kemudian gunakan untuk menyikat gigi. Namun, hati-hati karena penggunaan berlebihan bisa menyebabkan kerusakan enamel gigi.
 

2. Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat asam yang bisa membantu menghilangkan noda kuning pada gigi akibat makanan dan minuman. Cobalah berkumur dengan cuka apel, lalu sikat gigi dengan lembut. Selanjutnya langsung bilas mulut dengan air setelah menggunakan cuka apel.
 

3. Kulit pisang

Menurut studi IOSR Journal of Dental and Medical Sciences, kulit pisang terbukti bisa dipakai untuk memutihkan gigi, berkat kandungan saponin di dalamnya. Kandungan kalium, magnesium, dan mangan dalam kulit buah ini dapat membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Pilih pisang yang baru matang karena mengandung lebih banyak mineral. Gosokkan bagian dalam kulit pisang ke sisi atas dan bawah gigi, diamkan 10 menit lalu sikat gigi seperti biasa.
 

4. Stroberi dan Lemon

Kandungan asam dalam stroberi dan lemon mampu mengikis bakteri penyebab gigi kuning. Cara menggunakannya haluskan stroberi lalu tambahkan baking soda. Gunakan dengan rutin seperti pasta gigi untuk membersihkan dan memutihkan gigi

Begitupun dengan lemon, campurkan baking soda dengan perasan lemon lalu aduk sampai menjadi pasta. Selanjutnya oleskan pada gigi dengan rutin sampai gigi mulai memutih
 

5. Bubuk kunyit

Kunyit memang meninggalkan noda kuning yang membandel saat terkena kulit atau pakaian. Namun saat diaplikasikan ke gigi, kunyit justru bisa menghilangkan bakteri sekaligus mencerahkan warnanya.

Cara menggunakannya, taburkan bubuk kunyit pada sikat gigi. Kemudian, gosok gigi seperti biasa dan biarkan selama lima menit. Setelah selesai, kumur-kumur sampai bersih. Selanjutnya sikat gigi kembali menggunakan pasta gigi yang biasa dipakai. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Cara Stylish Memadukan Cardigan untuk Gaya Musim Gugur yang Cozy dan Chic

BERIKUTNYA

Jangan Terlewat, Cek Harga dan Link Pembelian Tiket Konser Maroon 5

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: