Durian (Sumber gambar: Pesce Huang/Unsplash)

Cara Sederhana Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Durian

30 January 2023   |   10:03 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Durian, buah yang sangat populer di kawasan Asia Tenggara ini terasa lezat bagi para penyukanya. Meski tak semua orang menyukai buah berduri ini, nyatanya durian selalu diburu banyak orang saat musim buahnya tiba. Buah tropis ini memiliki daging berwarna putih kekuningan yang lembut. Di bagian dalam buahnya juga terdapat biji.

Saking tenarnya di Indonesia, Malaysia, dan negara tetangganya, buah ini kerap dijuluki rajanya buah. Rasa dagingnya yang lembut dengan tekstur yang sedikit lembek membuat penyukanya rela bersusah payah membuka buah penuh duri ini. Di Asia Tenggara, durian pun memiliki banyak jenis. Durian yang paling populer antara lain durian montong durian musang king, durian petruk, dan durian bokor.

Baca juga: 10 Tip Memilih Durian yang Matang, Manis & Banyak Dagingnya

Namun di balik buahnya yang legit, durian kerap kali dihindari karena sering mengakibatkan aroma mulut tidak sedap. Menurut penelitian Technical University of Munich Jerman yang dikutip Institut Teknologi Bandung, kandungan asam amino etionin yang menyebabkan aroma durian begitu menyengkat. Asam amino ini bahkan disebut-sebut langka di jenis buah-buahan.
 

Durian (Sumber gambar: Jim Teo/Unsplash)

Durian (Sumber gambar: Jim Teo/Unsplash)


Tak heran, saat dikonsumsi, aroma itu menyisakan bau tak sedap di mulut. Hal ini juga yang membuat buah ini sangat dihindari ketika seseorang memiliki aktivitas bertemu dengan orang lain. Untuk mengatasi bau tak sedap karena konsumsi durian, ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Mouthwash yang dijual di pasaran bisa menjadi salah satu cara paling sederhana untuk mengatasi masalah ini.

Mouthwash mampu menghilangkan jejak tak sedap di mulut karena konsumsi makanan beraroma menyengat.  Biasanya, mouthwash yang beredar di pasaran sudah menyertakan alkohol untuk membunuh bakteri di mulut. Cukup berkumur mouthwash sebanyak 3 kali, kamu bisa menghilangkan aroma durian yang menempel dan membuat tidak percaya diri.

Jika tak suka dengan sensasi mouthwash yang keras, cobalah cara tradisional yang masih dikenal ampuh hingga sekarang, yaitu berkumur air garam. Menurut Sutherland Dental, kombinasi air dan garam dapat menguras berbagai macam bakteri yang menempel di mulut dan gigi. Manfaat tambahannya, berkumur air garam bisa melawan aroma sehabis konsumsi jenis makanan yang menyengat.

Satu cara lain yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi buah citrus. Berkumur akan semakin efektif jika setelahnya kamu langsung mengonsumsi buah-buahan citrus.

Buah citrus ini termasuk dalam jenis buah-buahan asak seperti jeruk, lemon, hingga jeruk nipis. Dilansir dari Durians, konsumsi buah citrus setelah makan durian bisa mengeliminasi aroma dan after taste dari durian yang menyengat.

Baca juga: Meski Punya Bau Menyengat, Durian Punya 5 Manfaat Ini Lho!

Alasannya, buah citrus memiliki vitamin C dan antibakteri yang sangat kuat. Sebuah studi yang dilakukan oleh MH Nur dari National Center of Biotechnology Information menyebutkan, perpaduan lemon dengan peppermint bisa menjadi kombinasi terbaik untuk meredam penyebab bau mulut.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cek Daftar Lengkap Rosters MPL ID S11, Tak Ada Zeys di EVOS Legends

BERIKUTNYA

Yura Yunita Merilis Lagu Jalan Pulang, Pesan Mendalam tentang Kematian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: