Contoh gigi yang putih (Sumber gambar: Pexels)

Ternyata Ini 6 Penyebab Gigi Kuning

24 September 2021   |   21:50 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Gigi yang kuning sering kali membuat kita tidak percaya diri, walau warna ini sendiri ditentukan oleh DNA. Kendati demikian, gigi kuning juga bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk seseorang yang dalam jangka panjang bisa berakibat pada kerusakan gigi yang cukup kronis.

Selain karena faktor DNA, Berikut penyebab gigi kuning yang perlu Genhype tahu.
 

1. Gigi yang tidak bersih

Timbunan plak adalah satu dari utama noda kuning pada gigi. Plak bisa muncul karena berbagai hal, mulai dari menumpuknya jaringan ludah sedikit demi sedikit, hingga bekas makanan yang tidak dibersihkan. 

Jika kita tidak menggosok gigi lebih dari 24 jam dan kebiasaan ini terus berulang, plak yang ada di gigi dan gusi semakin tebal. Jadi, jangan lupa gosok gigi setiap hari ya.
 

2. Fluoride dan obat kumur yang berlebihan 

Fluoride yang terkandung dalam pasta gigi memang sangat bermanfaat untuk melindungi gigi dan menjaga kebersihannya. Namun jika berlebihan penggunaannya, justru berisiko menyebabkan gigi menguning. Ini disebut dengan istilah fluorosis. 

Begitu pula dengan penggunaan obat kumur yag digunakan terlalu banyak. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam pada obat kumur.
 

3. Kerusakan enamel

Email gigi atau enamel akan melemah seiring bertambahnya usia dan membuat gigi menguning. Proses pelemahan enamel gigi ini terjadi pada setiap orang dan merupakan hal yang wajar. 

Kendati demikian, kamu bisa mengurangi percepatan pelemahan ini melalui kebiasaan menjaga kesehatan gigi yang baik. Sebagai tips mencegah kerusakan email gigi lebih cepat, seruput minuman yang mengandung asam memakai sedotan agar tidak mengenai gigi.
 

4. Kebiasaan minum kopi dan teh

Kopi dan teh memiliki kandungan zat yang dapat mengubah warna gigi. Pada kopi dan teh, kandungan taninnya ternyata menyebabkan gigi menguning. 

Tanin akan menempel pada lapisan gigi terluar dan perlahan-lahan mengubah warna gigi menjadi kuning. Pada gigi dengan permukaan yang tidak rata, noda kuning ini akan semakin mudah terlihat dan semakin jelas. 
 

5. Kebiasaan merokok

Perokok aktif pasti memiliki gigi yang kuning. Dalang yang menyebabkan proses perubahan warna ini adalah kandungan nikotin dan tar pada rokok. 

Kedua zat tersebut sangat mudah menempel pada gigi dan menumpuk hingga menyebabkan gigi berwarna kekuningan. Bagi perokok berat, efek menguningnya gigi akan terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Apalagi jika tergolong perokok berat, maka gigi akan menghitam setelah bertahun-tahun merokok.
 

6. Obat-obatan dan antibiotik

Ada jenis obat-obatan dan antibiotik tertentu yang bisa menyebabkan gigi menguning, seperti obat jenis tetracycline dan doxycyclie. Beberapa obat alergi dan tekanan darah juga bisa menyebabkan warna gigi berubah kuning. Demikian enam hal yang bikin gigi kuning, dikutip dari ulasan Pepsodent.


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Olahraga Bikin Otak & Mental Sehat, Begini Penjelasannya

BERIKUTNYA

6 Tips untuk Kembangkan & Kuatkan Intuisi, Mudah Lho!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: