Ajang Art Bassel di Hong Kong (Sumber gambar: Art Basel/Discover Hong Kong)

7 Pameran Seni yang Bisa Dinikmati di Hong Kong Periode April-Mei 2023

29 March 2023   |   16:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira nih bagi Genhype yang menyukai pameran seni dan berencana untuk menjalani liburan di Hong Kong. Sepanjang April tahun ini, sejumlah seni acara akan terselenggara di salah satu kawasan yang menjadi pusat seni dunia tersebut.

Hong Kong Tourism Board (HKTB) menyebutkan, mata dunia seni tertuju pada Hong Kong pada musim 2023 lantaran warna, kreativitas, dan kemeriahan menghiasi kota dalam kancah seni dan budaya. Di kawasan ini akan digelar pameran seni dan budaya berskala besar di seluruh penjuru kota.  

“[Pameran seni dan budaya itu] Menampilkan lanskap kreatif Hong Kong yang terus berkembang sekaligus memperkuat posisinya sebagai pusat budaya global,” demikian tertulis pernyataan HKTB dalam rilis yang diterima Hypeabis.id.

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Seni & Budaya di Hong Kong yang Wajib Dikunjungi

Hong Kong memulai musim seni pada akhir pekan lalu dengan Art Basel Hong Kong yang berlangsung dari 23 sampai 25 Maret 2023. Pameran seni internasional yang telah berlangsung sejak 2019 itu menampilkan 177 peserta dari 32 negara dan wilayah.

Selain itu, Art Central juga telah terselenggara pada 22-25 Maret 2023. Pameran ini adalah ajang lokal yang menjadi salah satu platform paling penting di kawasan para seniman baru atau emerging artist.

“Kedua pameran seni kelas dunia ini telah mengantar Hong Kong menjadi salah satu pusat pertukaran seni dan budaya internasional terkemuka di dunia,” klaim HKTB.

HKTB menambahkan, pihaknya juga bekerja sama dengan Art Central untuk meluncurkan Arts in Hong Kong Café. Acara ini membuat pengunjung dapat masuk ke dalam galeri seni kontemporer seperti sebuah kafe untuk melihat karya-karya kolaborasi seniman lokal dan mancanegara.

Selain itu, berikut sejumlah ajang seni yang dapat kalian nikmati ketika mengunjungi Hong Kong sepanjang April sampai Mei 2023:


1. GIANTS: Rising Up

Fiant: Rising Up Hong Kong 2023 (Sumber: jr-art.net)

Fiant: Rising Up Hong Kong 2023 (Sumber: jr-art.net)

Salah satu pameran yang dapat dinikmati oleh para pelancong di kawasan ini adalah GIANTS: Rising Up. Berada di Harbour City, karya ini merupakan seri raksasa pertama di Asia dari seniman Prancis, JR.

GIANTS: Rising Up adalah sebuah seni instalasi berukuran 12 meter x 12 meter yang menggambarkan atlet lompat tinggi berukuran lebih besar dari aslinya. Atlet itu sedang melayang dengan anggun di tengah-tengah lompatannya berlatar belakang Pelabuhan Victoria.

Tidak hanya itu, karya ini juga menampilkan sentuhan keahlian tradisional Hong Kong dengan penggunaan perancah bambu. Karya sang seniman dapat dinikmati sampai 23 April 2023.
 

2. Gravity

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Awol Erizku (@awolerizku)


Wisatawan juga dapat menikmati pameran bertajuk Gravity di Pacific Place. Gravity adalah sebuah karya setinggi 10 meter dari seniman konseptual asal Los Angeles, yakni Awol Erizku. 

Karya ini merupakan penggambaran ceria sosok Raja Tutankhamun yang membuat para pengunjung harus mengambil jalan memutar dari rute biasanya ketika memasuki tempat tersebut. Tidak hanya itu, karya ini juga merupakan aktivasi offsite pertama kalinya untuk sektor Encounters Art Basel Hong Kong. Gravity akan diselenggarakan sampai 2 April 2023. 
 

3. ArtisTree Select: Urban Rocks

(Sumber: Taikoo Place)

(Sumber: Taikoo Place)

ArtisTree Select: Urban Rocks adalah pameran yang juga dapat dinikmati oleh para wisatawan ketika mengunjungi Hong Kong. Ajang ini merupakan pameran tunggal dari seniman Prancis yang tinggal di Hong Kong, yakni Polo Bourieau. Sang seniman akan menampilkan karya hasil pahatan batu yang mencapai 12 karya.

Seni tiga dimensi terbaru itu dibuat di bengkel Tuscan pada 2021. Dia mendapatkan inspirasi dari bebatuan cendekiawan China sebelum membuatnya. Setelah itu, dia juga melakukan penelitian jejak yang tidak terhapuskan di planet untuk membuat 12 pahatan dari batu itu. Pameran ini akan berlangsung sampai 9 April 2023 di ArtisTree.

Baca juga: 18 Seniman Asia Tenggara Tunjukkan Keindahan Hong Kong lewat Karya Seni
1
2


SEBELUMNYA

Genap 8 Tahun, Sociolla Ajak Konsumen Makin Peduli Lingkungan

BERIKUTNYA

Taeyang BIGBANG Siap Comeback April 2023, Bawakan Album Terbaru!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: