Duo Daniels (Sumber: A Frame Oscars/Landon Nordeman)

Profil & Karya-Karya Duo Daniels, Sutradara Terbaik Oscars 2023

13 March 2023   |   19:07 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Daniel Kwan dan Daniel Scheinert, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Duo Daniels jadi perbincangan hangat warganet setelah sukses membawa pulang salah satu piala Oscars 2023 kategori paling bergengsi. Mereka memenangi kategori Best Director untuk karyanya berjudul Everything Everywhere All At Once.

Mereka tak hanya menjadi Sutradara Terbaik, bahkan film terbaru mereka itu pun dinobatkan sebagai Best Picture di ajang Academy Awards ke-95, yang digelar di Dolby Theater, Los Angeles, California, Minggu, (12/3/23) waktu setempat. 

Duo Daniels merupakan sutradara dan penulis skenario film Amerika Serikat. Sebagai pekerja kreatif di industri film, nama keduanya memang telah dikenal sebagai sineas dengan karya-karya yang mumpuni. 

Baca juga: Everything Everywhere All At Once Sabet Gelar Film Terbaik di Oscars 2023
 


Daniel Kwan lahir di Westborough, Massachusetts, Amerika Serikat pada 10 Februari 1988. Sementara, Daniel Scheinert lahir di Birmingham, Alabama, Amerika Serikat pada 7 Juni 1987. Keduanya bertemu saat menempuh pendidikan di Emerson College dengan mengambil jurusan film. 

Adapun, Scheinert sudah lebih dulu terjun sebagai sutradara dengan menggarap beberapa film pendek termasuk I'm Nostalgic (2007) dan Trust (2008). Barulah pada 2011 keduanya mulai berkolaborasi dengan membuat film pendek berjudul My Best Friend's Wedding/My Best Friend's Sweating.  
 

Berangkat dari Video Musik

Kiprah Duo Daniels dalam industri film sebenarnya bisa dilacak saat mereka menyutradarai pembuatan video musik, Simple Math-Manchester Orchestra pada 2011. Video musik tersebut bahkan telah ditonton lebih dari 6 juta kali di kanal YouTube grup band asal AS itu. 

Dari sinilah karier keduanya mulai moncer dan sering diajak beberapa band terkenal untuk menyutradarai berbagai video musik mereka. Beberapa di antaranya termasuk Houdini-Foster the People (2011), Simple Song - The Sins (2012), dan Tongues - Joywave (2014). 

Setelah fasih menggarap video musik, Duo Daniels juga mulai merambah ke berbagai karya serial. Pada 2013 mereka menyutradarai serial komedi  Adult Swim: Children's Hospital dan dan NTSF:SD:SUV. Selain itu, ada juga serial berjudul Childrens Hospital untuk episode Coming and Going.

Setelah itu, pada 2016, Duo Daniels membuat debut film sebagai sutradara dengan naskah yang mereka tulis bersama, yaitu Swiss Army Man yang dibintangi oleh Paul Dano dan Daniel Radcliffe. Film ini makin melambungkan nama mereka di kancah industri film Hollywood. 
 

Karya Terbaik Duo Daniels

Selama berkiprah sebagai sineas di industri film, Duo Daniels telah menghasilkan sederet film-film populer. Tak hanya itu, bahkan karya-karya tersebut banyak yang meraih penghargaan bergengsi. Berikut beberapa di antaranya. 
 

1. Swiss Army Man

Swiss Army Man merupakan debut film panjang pertama yang disutradarai Duo Daniels. Rilis pada 2016, film ini berhasil meraup keuntungan lebih dari US$5,8 juta. Tak hanya itu, film ini bahkan meraih penghargaan sutradara terbaik di Festival Film Sundance.

Dibintangi oleh Paul Dano, Daniel Radcliffe, dan Mary Elizabeth, film ini menceritakan tentang seorang pria yang bersahabat dengan mayat. Menggabungkan fantasi dan komedi tragis, kisah ini bermula saat Hank ingin mengakhiri hidupnya setelah terdampar di pulau terpencil.

Namun, saat dia ingin mengakhiri hidupnya, Hank melihat  sesosok mayat tersapu ombak di pantai. Dia pun tertarik dan ingin menyelidikinya yang ternyata mayat itu memiliki banyak keajaiban. Keduanya pun terlibat dalam petualangan yang baru. 

Baca juga: Sejarah Piala Oscars, Penghargaan Paling Bergengsi Industri Film Amerika Serikat
1
2


SEBELUMNYA

Profil Brendan Fraser, Pemenang Aktor Terbaik Piala Oscars 2023

BERIKUTNYA

Cek Isi Goodie Bag Oscars 2023, Dari Kurma Hingga Liburan Super Mewah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: