Brendan Fraser meraih Best Actor atau penghargaan sebagai aktor terbaik di Piala Oscar 2023. (Sumber gambar: A Frame Oscars)

Profil Brendan Fraser, Pemenang Aktor Terbaik Piala Oscars 2023

13 March 2023   |   18:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Malam puncak Academy Awards ke-95 atau Piala Oscar telah berakhir. Berlangsung di di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (12/3/2023) waktu setempat, sejumlah insan perfilman berhasil membawa pulang piala penghargaan di ajang bergengsi tersebut.

Brendan Fraser salah satunya. Dia meraih Best Actor atau penghargaan sebagai aktor terbaik di Piala Oscar 2023 melalui perannya dalam film The Whale. Dalam film tersebut, dia dengan piawai memerankan karakter Charlie, seorang guru bahasa Inggris bertubuh gemuk dan tertutup yang coba berhubungan kembali dengan putrinya.   

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Oscars 2023, Everything Everywhere All At Once Kian Bersinar

Kemenangan tersebut jadi momen epic comeback. Ya, di balik capaiannya itu, Fraser berjuang keras menata kariernya di dunia perfilman. Dia sempat mengalami masalah kehidupan pribadi hingga kesehatan dan sempat vakum untuk mengambil kerja sebagai pemeran. 

Lahir di Indianapolis pada 3 Desember 1968, Fraser bukanlah aktor baru di dunia perfilman. Bintang Hollywood ini pertama kali dikenal luas melalui film komedi George of the Jungle pada awal 90an. Bersama Leslie Mann, film ini menghasilkan hampir US$180 juta di box office

Kariernya semakin meroket ketika dia terlibat dalam film The Mummy pada 1999. Dalam film itu, dia memerankan tokoh Rick O’Connell, arkeolog pemberani yang berpetualang ke Mesir. 

Film ini sukses meraup US$416,4 juta. Pada 2001, sekuelnya pun dirilis dengan judul The Mummy Returns, berlanjut ke Mummy: Tomb of the Dragon Emperor pada 2008. Namun demikian, dalam sekuel ketiga The Mummy itu, Fraser mengalami masalah kesehatan akibat aksi akrobat yang dilakukannya. 

Aktor yang kini berusia 53 tahun itu harus menjalani operasi intrusi selama bertahun-tahun, termasuk dua kali pengangkatan tulang di bagian tulang belakang (laminektomi). Dia juga mengalami penggantian lutut sebagian hingga perbaikan pita suara. 

“Saya membutuhkan laminektomi dan lumbar tidak sembuh, jadi mereka harus melakukannya lagi setahun kemudian. Selama tujuh tahun berikutnya, beberapa operasi diikuti, termasuk penggantian lutut sebagian, menyatukan berbagai bantalan tulang belakang yang dikompresi dan memperbaiki pita suara,” jelasnya dalam wawancara bersama GQ pada 2018. 
 

Diterpa Ragam Masalah

Kariernya yang mulus kala itu tidak sebanding dengan kehidupan pribadinya. Selain mengalami serangkaian operasi, pada Desember 2007, dia bercerai dengan istrinya, Afton Smith setelah 9 tahun menikah. “Saya pindah rumah, saya mengalami perceraian,” tuturnya dalam wawancara serupa, dikutip dari People

Kemalangan berlanjut, pada 2016, ibunya, Carol, meninggal karena kanker. Kematiannya tepat beberapa hari sebelum dia muncul kembali dalam sebuah wawancara untuk perannya di dalam serial televisi The Affair.

Satu yang mengejutkan, pada wawancara bersama GQ, Fraser mengaku telah dilecehkan Philip Berk, mantan presiden Hollywood Foreign Press Association atau HFPA (organisasi nirlaba yang memberikan suara untuk penghargaan Golden Globe). Pelecehan seksual itu terjadi pada musim panas 2003 saat makan siang di Hotel Beverly Hills.

Kejadian ini sempat ditutupi karena dia merasa takut dan malu. Fraser juga khawatir kariernya akan rusak jika mengungkapkan dugaan pelecehan tersebut. Akibatnya, bintang Hollywood ini sempat depresi.  “Saya menjadi depresi. Saya menyalahkan diri saya sendiri dan saya sengsara karena saya berkata ‘Ini bukan apa-apa’, ungkapnya. 

Pasca-kejadian ini, dia merasa seolah-olah HFPA memasukkannya ke dalam daftar hitam. Dia jarang diundang ke Globes dan merasa kariernya mengalami kemunduran. Kendati demikian, perjuangannya terbayar. Fraser kembali bangkit dalam film The Whale yang mengantarkannya meraih penghargaan di Oscars 2023. Selamat Fraser!

Baca juga: Oscars 2023 Pakai Karpet Warna Champange untuk Pertama Kalinya, Ada Apa dengan Red Carpet?
 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

5 Potret Busana Nyentrik di Karpet Champagne Oscars 2023

BERIKUTNYA

Profil & Karya-Karya Duo Daniels, Sutradara Terbaik Oscars 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: