Michelle Yeoh. (Sumber gambar : Golden Globe/Instagram)

Jadi Aktris Asia Pertama yang Masuk Nominasi Piala Oscar, Michelle Yeoh: Butuh 95 Tahun!

25 January 2023   |   13:59 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Nominasi Academy Awards atau dikenal sebagai Piala Oscar 2023 telah diumumkan pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPA), Selasa (24/1/2023). Salah satu yang menarik yakni kemunculan Michelle Yeoh di antara Cate Blanchett, Ana de Armas, Andrea Riseborough, dan Michelle Williams dalam daftar nominasi Best Actress.

Memang, aktris berkebangsaan Malaysia itu bukan orang baru di dunia perfilman. Dia beberapa kali terlibat dalam sejumlah proyek film Hollywood seperti Avatar 2 dan Avatar 3 yang dirilis baru-baru ini. 

Michelle Yeoh juga beberapa kali menerima penghargaan atas kemampuan aktingnya. Kendati demikian, ini pertama kalinya dia masuk ke dalam nominasi Oscar dan menjadikannya sebagai orang asia pertama yang diakui ajang penghargaan dunia film paling bergengsi itu. 

Perannya sebagai Evelyn Quan Wang di film Everything Everywhere All at Once yang membawanya mendapatkan nominasi aktris terbaik di Piala Oscar itu. Adapun film karya sutradara Daniel Kwan dan Daniel Scheinert itu bercerita tentang seorang wanita China-Amerika yang terkoneksi dengan dunia paralel dari dirinya.

Baca juga: Michelle Yeoh Hadir dalam Multiversenya Sendiri dalam Trailer Film Everything Everywhere All At Once

Tentu Yeoh sangat bahagia mendapat nominasi ini. Namun demikian, dia heran mengapa butuh waktu lama Oscar akhirnya menerima aktris dari Asia. 

"Sembilan puluh lima tahun Oscar. Tentu saja, saya sangat senang, tapi saya merasa sedikit sedih karena saya tahu, kita tahu ada aktris luar biasa dari Asia yang datang sebelum saya, dan saya berdiri di atas bahu mereka,” ujarnya setelah nominasi diumumkan, dikutip dari New York Times, Rabu (25/1/2023). 

Bintang film Crazy Rich Asian ini juga berharap bahwa artis Asia lainnya juga muncul di Piala Oscar berikutnya. “Ini akan terus berlanjut, dan kita akan melihat lebih banyak wajah kita (Asia) di sana,” imbuhnya. 

Berkarir di dunia perfilman sejak 1984, Yeoh cukup terkenal di kalangan peminat film Asia terutama ketika beradu peran dengan aktor Jackie Chen. Namun, dia cukup menjadi sorotan dalam setahun terakhir ketika tampil dalam film  multiverse skipping  Everything Everywhere All at Once, yang rilis pada 25 Maret 2022 lalu.

Yeoh tampil sebagai pemilik binatu keturunan China-Amerika bernama Evelyn Wang yang tiba-tiba terjebak dalam berbagai dunia atau multiverse dari dirinya sendiri dengan berbagai macam kepribadian dan pekerjaan.

Karakter Evelyn akan bertemu dengan berbagai versi lain dari orang terdekatnya seperti suami (Ke Huay Quan) dan anak perempuannya (Stephanie Hsu). Di sini, dia mulai bertemu dengan suami di semesta lain yang mengatakan bahwa dirinya harus menghentikan sosok jahat yang menyebar di setiap semesta yang dimiliki Evelyn.

Beruntungnya, Evelyn memiliki kemampuan lebih untuk mengakses semua versi dirinya di berbagai semesta dan bisa mengingat setiap variasi Evelyn di berbagai semesta tersebut. Karakter versi lain dirinya terdiri dari beberapa orang, yaitu seorang koki, aktris, ahli bela diri, dan berbagai karakterya.

Baca juga: Profil Michelle Yeoh, Aktris Asia Tenggara Pertama Peraih Golden Globes 2023
1
2


SEBELUMNYA

Pimpin Nominasi Oscar, Yuk Simak 5 Fakta Unik Film Everything Everywhere All At Once

BERIKUTNYA

Panic! at the Disco Bubar, Brendon Urie Mau Fokus Urus Keluarga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: