Ilustrasi Piala Oscar (sumber gambar unsplash/Mirko Fabian)

Sejarah Piala Oscars, Penghargaan Paling Bergengsi Industri Film Amerika Serikat

13 March 2023   |   15:10 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Academy Awards atau piala Oscars baru saja dihelat di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat pada Minggu, (12/3/23) waktu setempat. Malam puncak penganugerahan Oscars 2023 itu berlangsung dengan meriah dan dihadiri sederet artis papan atas global. 

Academy of Motion Picture Arts and Sciences tahun ini menobatkan Duo Daniels sebagai sutradara terbaik Oscars 2023. Tak hanya itu, film besutan mereka, Everything Everywhere All At Once pun berhasil menyabet 11 kategori nominasi tahun ini.

Ajang penghargaan bergengsi dalam industri film ini sudah dimulai sejak 1929 atau 94 tahun silam. Namun, Academy Awards 2023 merupakan gelaran yang ke-95. Pasalnya, pada 1930, Academy Awards sempat dilangsungkan dua kali dalam setahun.

Sejarah agenda tahunan ini pertama kali digagas oleh The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS). Pada Mei 1928, organisasi itu setuju untuk menghadirkan sebuah ajang penghargaan bernama Academy Awards of Merit. 

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Oscars 2023, Everything Everywhere All At Once Kian Bersinar
 

Satu tahun kemudian, Academy Awards digelar perdana pada 16 Mei 1929 di Hollywood Roosevelt Hotel dengan total 270 peserta. Para penerima penghargaan dari insan film pada saat itu, mendapatkan pengumuman 3 bulan sebelum penyelenggaraan dimulai denha 12 kategori yang diperebutkan.

Adapun, beberapa kategori yang dipertandingkan dalam edisi pertama itu termasuk  Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, Tata Artistik Terbaik, dan Sinematografi Terbaik. 

Pemenang kategori Film Terbaik di debut Academy Awards adalah film bisu berjudul Wings, karya William Wellman. Berdurasi 139 menit, film ini menceritakan tentang pilot-pilot pesawat tempur pada era Perang Dunia I dalam memperebutkan seorang wanita. 

Sementara itu, Emil Jannings berhasil menyabet penghargaan sebagai aktor terbaik lewat film The Last Command dan The Way of All Flesh. Aktor asal Jerman itu menang setelah menyingkirkan Richard Barthelmess yang masuk nominasi lewat film The Noose dan The Patent Leather Kid.

Adapun, penghargaan paling prestisius dari ajang ini adalah Academy Award of Merit. Yaitu saat pemenangnya menerima Patung Oscar, atau piala yang dibuat dari perunggu di atas logam hitam dengan lapisan emas. 


Perkembangan Oscars & Kategori yang Bertambah 

Pada awal penyelenggaraannya, di satu dekade pertama Academy Awards AMPAS sempat membagikan daftar pemenang kepada media cetak lebih dulu. Tentu saja dengan catatan tidak mempublikasikannya sebelum alam puncak. 

Namun, pada 1939 Los Angeles Times melanggar perjanjian tersebut yang sontak memunculkan permasalahan besar di industri film Amerika. Sejak saat itu, AMPAS akhirnya merahasiakan nama pemenang sampai diumumkan.

Tak hanya itu, pada 1941 penyelenggara Academy Awards juga mulai menggunakan amplop tertutup untuk mengungkap nama para pemenang saat acara penganugerahan. Tradisi tersebut bahkan masih berlangsung hingga saat ini. 

Dalam sejarah ajang ini, aktris dengan Oscars terbanyak adalah Katharine Hepburn yang memenangkan empat Oscar Aktris Terbaik selama karirnya. Sementara itu, Daniel Day-Lewis menjadi peraih gelar Aktor Terbaik, yakni sebanyak tiga kali. 

Adapun, peraih Piala Oscar tertua adalah Henry Fonda lewat film On Golden Pond (1981) yang berusia 76 tahun saat menerima penghargaan. Sedangkan yang termuda adalah Tatum O'Neal  lewat film Paper Moon (1973) yang berumur 10 tahun saat menerima Piala Oscar.

Tak hanya itu, seiring waktu kategori-kategori di Academy Awards juga terus bertambah dalam perkembangannya. Tahun ini Oscars memperebutkan sebanyak 23 kategori film yang disusun oleh AMPAS.

Adapun kategori yang diperebutkan adalah Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, dan Skenario Asli Terbaik. 

Kemudian, Film Berbahasa Asing Terbaik, Film Animasi Terbaik, Film Dokumenter Pendek Terbaik, Sinematografi Terbaik, Film Dokumenter Terbaik, Desain Produksi Terbaik, Musik Original Score Terbaik, dan Lagu Terbaik. 

Juga Penyuntingan Suara Terbaik, Film Animasi Pendek Terbaik, Film Pendek Terbaik, Tata Rias dan Rambut Terbaik, Sound Mixing Terbaik, Desain Kostum Terbaik, Penyuntingan Film Terbaik, dan Efek Visual Terbaik.

Baca juga: Pernah Bersaing di Ajang Oscars, 5 Film Indonesia Ini Wajib Ditonton

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Oscars 2023 Pakai Karpet Warna Champagne untuk Pertama Kalinya, Ada Apa dengan Red Carpet?

BERIKUTNYA

Menikmati Indahnya Bukittinggi dari Lensa Kamera

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: