Ilustrasi diet sehat. (Sumber foto: Pexels/Gustavo Fring)

Mau Punya Badan Ideal? Intip 3 Jenis Diet yang Sehat & Aman

12 March 2023   |   14:09 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

2. Diet Approach to Stop Hypertension (DASH)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gejala yang timbul akibat dari beberapa faktor, salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat. Jika tidak ditangani dengan benar, hipertensi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung koroner, stroke, hingga gagal ginjal. 

Oleh karena itu, jenis diet DASH (Diet Approach to Stop Hypertension) dirancang untuk penderita hipertensi. Diet ini memfokuskan kamu pada makanan dengan kandungan potasium, kalsium, magnesium, serat, serta protein, dan mengurangi makanan yang tinggi akan kandungan lemak serta garam untuk mengontrol tekanan darah. 

Baca juga: Jangan Ekstrem! Ini Batas Maksimal Turun Berat Badan Saat Diet


3. Diet Rendah Protein

Bagi kamu yang ingin mengurangi asupan protein karena kondisi kesehatan tertentu, diet rendah protein menjadi solusinya. Diet ini memfokuskan kamu untuk mengurangi asupan protein dan beralih ke makanan yang lebih berbasis dari tanaman dan makanan dengan kandungan rendah protein. 

Pada diet rendah protein, kamu akan mengurangi makanan yang rendah akan kadar lemak seperti daging, telur, kacang kedelai, dan susu. Sebagai gantinya, kamu akan lebih fokus pada konsumsi produk nabati seperti sayur, buah, dan makanan sumber karbohidrat seperti nasi dan pasta.

Diet rendah protein biasanya dilakukan atas dasar rekomendasi dari dokter karena masalah kesehatan tertentu. Salah satunya yang paling umum untuk melakukan diet ini adalah penderita penyakit ginjal.

Ketika kamu mengonsumsi protein, ginjal akan memproduksi sebuah zat yang bernama urea yang biasanya akan dikeluarkan pada saat buang air kecil (BAK).

“Namun, bagi pengidap penyakit ginjal, zat urea ini bisa menumpuk pada darah dan menyebabkan gejala seperti kelelahan dan kehilangan nafsu makan,” tutur Oki. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
1
2


SEBELUMNYA

Selain Suzume No Tojimari, Cek 5 Anime Terbaik Karya Makoto Shinkai Lainnya

BERIKUTNYA

Hypereport: Ujung Tombak dan Potensi Domestikasi Hewan di Indonesia

Komentar

Widya NR

Widya NR

14 Mar 2023 - 11:52

Ternyata ada banyak jenis diet ya, selama ini dietku cuma makan makanan sehat <a href="https://modusgaia.com/" rel="dofollow">rekomendasi</a> dari dokterku, makasih infonyaa!


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: